Kementan Sampaikan Selamat Pada DG FAO Terpilih

Oleh : Wiyanto | Senin, 24 Juni 2019 - 08:46 WIB

Sawah foto Doc Kementan
Sawah foto Doc Kementan

INDUSTRY.co.id

Roma – Terpilihnya Qu Dongyu, Wakil Menteri Pertanian Republik Rakyat Tiongkok (RTT), sebagai Direktur Jenderal (DG) Food and Agriculture Organisation (FAO) periode 2019 - 2023, memberikan semangat tersendiri bagi Indonesia untuk lebih berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan dunia. Qu Dongyu merupakan orang Asia kedua yang berhasil menempati posisi tinggi di FAO atau Badan PBB yang bertanggungjawab atas pangan dan pertanian dunia.

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, Mengucapkan selamat kepada DG FAO terpilih selain mengatakan DG FAO ini mewakili region Asia. RRT sebagai negara Qu Dongyu berasal, memiliki kesamaan karakteristik dengan Indonesia sebagai negara berkembang dan berbasis pertanian. Kesamaan tersebut diharapkan dapat berimplikasi pada peningkatan kerjasama dan dukungan terhadap pembangunan pertanian Indonesia.

“Pemilihan DG FAO yang baru, diharapkan dapat memperkuat dukungan dan harmonisasi program FAO melalui Kantor Regional dalam mengatasi isu ketahanan pangan nasional negara anggota, serta fasilitasi upaya global dalam mengatasi tantangan akses pasar untuk komoditas pertanian negara berkembang” ungkap Momon dalam pertemuan Kelompok Negara Asia sebelum pemilihan Dirjen FAO berlangsung di Kantor Pusat FAO, Roma.

Dalam pertemuan empat tahunan tersebut, Qo Dongyu resmi menggantikan Graziano da Silva (Dirjen FAO Periode 2012-2019), setelah ia berhasil mengalahkan kandidat dari Perancis dan Georgia dengan mendapatkan 108 suara dari 192 Negara Anggota FAO yang hadir.

Pria yang menjadi Wakil Menteri sejak Tahun 2015 ini, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam proses pemilihan. Dalam sambutan kemenangannya, Ia menyatakan akan selalu berkomitmen untuk menjalankan mandat organisasi, dan membantu negara anggota dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan pembangunan sektor pertanian.

Komitmen tersebut, ungkap Momon diharapkan dapat menambah dukungan FAO dalam membantu Indonesia mencapai agenda Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs merupakan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati dan disahkan oleh para pemimpin dunia di Tahun 2015 sebagai rencana aksi global hingga Tahun 2030, guna mengakhiri kemiskinan, megurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Sabtu, 06 Juni 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Kabar gembira datang dari penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando. Kamis (4/6/2020) malam, istri tercinta Ofan melahirkan anak pertama mereka. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut…

Dato Sri Taher Pemilik Bank Mayapada bersama Kuasa Hukum Yusril Ihza Mahendra

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:51 WIB

Bank Mayapada Perusahaan Dato Sri Tahir Disebut Tengah Hadapi Permasalahan, Yusril: Itu Hoax, Kami Akan Ambil Langkah Tegas!

Kuasa Hukum Bank Mayapada International Tbk, Yusril Ihza Mahendra dari IHZA & IHZA Law Firm, membantah berbagai rumors yang menyebutkan Bank Mayapada menghadapi masalah sehingga tidak mampu…

 Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:30 WIB

Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan soliditas, Perwira Brigif 2 Marinir yaitu melaksanakan gowes bersama dari Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, menuju Markas Yonif 5 Marinir Ujung, Semampir,…

Ilustrasi Ahli Kesehatan Peneliti Obat Covid-19 (ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:08 WIB

Kabar Gembira...Peneliti Ungkap Obat Asam Lambung Ampuh Sembuhkan Pasien Positif Covid-19 Tanpa Efek Samping

Sebuah studi baru menemukan obat asam lambung bisa membantu mengatasi dan mempercepat pasien virus corona Covid-19 pulih. Bahkan efek obat asam lambung ini terasa dalam 24 hingga 48 jam.

Pemuda Katolik Siap Salurkan Bantuan Sosial Presiden kepada Masyarakat

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:00 WIB

Soal Bantuan Sosial Presiden, Ini Pernyataan Pemuda Katolik Jelang New Normal

Jakarta-Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa mengucapkan terimakasih dan apresiasi sebesar - besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo…