Alex Sinaga Bakal Jadi Kandidat Terkuat Dirut PLN

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 Juni 2019 - 10:13 WIB

Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk
Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari pengganti untuk direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Beberapa nama diisukan menjadi dirut PLN. Salah satunya adalah Alex Janangkih Sinaga. Alex sebelumnya adalah direktur utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk.

Mengenai kabar ini, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bisa saja Alex Sinaga menjadi dirut PLN. Namun, hal itu tergantung Alex Sinaga apakah setuju mengambil peran menjadi dirut PLN.

"Saya enggak tahu ya, tapi memang kalau ditanya ya mungkin saja. Karena pak Alex adalah salah satu CEO berpengalaman dari Telkom. Dan dia salah satu CEO yang memang secara teknis dan kepemimpinannya paling terlihat. Kalau minjam istilahnya bu Menteri BUMN, salah satu talenta terbaik di BUMN, pak Alex. Cuma apakah dia bersedia atau tidak, kita enggak tau," ujar Edwin Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Edwin menambahkan, ada beberapa tugas penting jika dirut baru PLN telah terpilih. Salah satunya meningkatkan investasi yang merupakan program utama dari PLN.

"Memang PLN itu banyak sekali tugasnya dan ukurannya besar sekali. Karyawannya saja ada 120 ribu dan setiap tahun harus mengejar program pemerintah. Investasi PLN itu, setahun mendekati Rp100 triliun. Jadi enggak gampang mencari orang yang mempunyai kapasitas memimpin PLN," jelasnya.

Saat ini,Kementerian sedang menyeleksi 3-5 calon untuk dirut baru PLN. Kandidat dirut PLN ini berasal dari dalam dan luar PLN. Namun keputusan tetap bergantung dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham di PLN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jumat, 22 November 2019 - 09:00 WIB

Empat Anak Usaha Pupuk Indonesia Boyong Prestasi dalam Ajang SNI Award 2019

Empat anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil memboyong prestasi dalam ajang SNI Award 2019. Ajang apreasiasi tersebut digelar oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Balai Kartini,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 22 November 2019 - 08:43 WIB

Akhir Pekan IHSG Terkonsolidasi

Jakarta - Secara teknikal IHSG kembali bergerak dibawah moveing average 5 hari dan dikisaran lower bollinger bands. Indikator Stochastic terkonsolidasi negatif dengan RSI yang kehilangan momentum…

U. Saefudin Noer, Direktur Utama PJT II (kiri), Ferry Andrianto, Kepala Bagian Humas Kementerian BUMN dan Dwiki Dharmawan

Jumat, 22 November 2019 - 08:41 WIB

Via Vallen Dan Zaskia Gotik Bakal Tampil Di Jatiluhur Jazz Festival 2019

Dua penyanyi dangdut papan atas, Via Vallen dan Zaskia Gotik bersama puluhan artis bakal menggoyang kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Waduk yang memiliki nama asli Bendungan Ir.…

Industri Tekstil

Jumat, 22 November 2019 - 08:15 WIB

Pemerintah Bakal Bangun Kawasan Industri Tekstil Terintegrasi Seluas 42 Hektare di Tegal, Jawa Tengah

Pemerintah sedang menyiapkan kawasan industri tekstil di Tegal, Jawa Tengah seluas 42 hektare (ha) untuk menunjang daya saing industri tekstil nasional.

CEO PT Organik Inti Indonesia (OII), Wema Augustia Ermalasari (kanan), bersama Direktur Pemasaran OII, Wagiman (tengah); serta konsultan OII dari Pusat Penelitian Karet Indonesia, Adi Chifriadi (ketiga kanan), memberikan penjelasan mengenai produk OII yang siap bersaing dengan produk impor di arena pameran Plastics & Rubber Indonesia ke-32 di Jakarta International Expo Kemayoran (JIExpo Kemayoran), Kamis (21/11/2019).

Jumat, 22 November 2019 - 08:08 WIB

Inovasi Industri Lokal Ini Sukses Memproduksi Rubber Antioxidants Kelas Dunia

Jakarta-Industri lokal yang memproduksi bahan tambah organik untuk industri karet, PT Organik Inti Indonesia (OII), suskes melakukan inovasi dengan menghasilkan produk rubber antioxidants dan…