Alex Sinaga Bakal Jadi Kandidat Terkuat Dirut PLN

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 Juni 2019 - 10:13 WIB

Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk
Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari pengganti untuk direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Beberapa nama diisukan menjadi dirut PLN. Salah satunya adalah Alex Janangkih Sinaga. Alex sebelumnya adalah direktur utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk.

Mengenai kabar ini, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bisa saja Alex Sinaga menjadi dirut PLN. Namun, hal itu tergantung Alex Sinaga apakah setuju mengambil peran menjadi dirut PLN.

"Saya enggak tahu ya, tapi memang kalau ditanya ya mungkin saja. Karena pak Alex adalah salah satu CEO berpengalaman dari Telkom. Dan dia salah satu CEO yang memang secara teknis dan kepemimpinannya paling terlihat. Kalau minjam istilahnya bu Menteri BUMN, salah satu talenta terbaik di BUMN, pak Alex. Cuma apakah dia bersedia atau tidak, kita enggak tau," ujar Edwin Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Edwin menambahkan, ada beberapa tugas penting jika dirut baru PLN telah terpilih. Salah satunya meningkatkan investasi yang merupakan program utama dari PLN.

"Memang PLN itu banyak sekali tugasnya dan ukurannya besar sekali. Karyawannya saja ada 120 ribu dan setiap tahun harus mengejar program pemerintah. Investasi PLN itu, setahun mendekati Rp100 triliun. Jadi enggak gampang mencari orang yang mempunyai kapasitas memimpin PLN," jelasnya.

Saat ini,Kementerian sedang menyeleksi 3-5 calon untuk dirut baru PLN. Kandidat dirut PLN ini berasal dari dalam dan luar PLN. Namun keputusan tetap bergantung dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham di PLN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.