Alex Sinaga Bakal Jadi Kandidat Terkuat Dirut PLN

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 Juni 2019 - 10:13 WIB

Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk
Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari pengganti untuk direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Beberapa nama diisukan menjadi dirut PLN. Salah satunya adalah Alex Janangkih Sinaga. Alex sebelumnya adalah direktur utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk.

Mengenai kabar ini, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bisa saja Alex Sinaga menjadi dirut PLN. Namun, hal itu tergantung Alex Sinaga apakah setuju mengambil peran menjadi dirut PLN.

"Saya enggak tahu ya, tapi memang kalau ditanya ya mungkin saja. Karena pak Alex adalah salah satu CEO berpengalaman dari Telkom. Dan dia salah satu CEO yang memang secara teknis dan kepemimpinannya paling terlihat. Kalau minjam istilahnya bu Menteri BUMN, salah satu talenta terbaik di BUMN, pak Alex. Cuma apakah dia bersedia atau tidak, kita enggak tau," ujar Edwin Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Edwin menambahkan, ada beberapa tugas penting jika dirut baru PLN telah terpilih. Salah satunya meningkatkan investasi yang merupakan program utama dari PLN.

"Memang PLN itu banyak sekali tugasnya dan ukurannya besar sekali. Karyawannya saja ada 120 ribu dan setiap tahun harus mengejar program pemerintah. Investasi PLN itu, setahun mendekati Rp100 triliun. Jadi enggak gampang mencari orang yang mempunyai kapasitas memimpin PLN," jelasnya.

Saat ini,Kementerian sedang menyeleksi 3-5 calon untuk dirut baru PLN. Kandidat dirut PLN ini berasal dari dalam dan luar PLN. Namun keputusan tetap bergantung dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham di PLN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemain Belakang Persebaya Hansamu Hobi Bersepeda Off Road

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pemain Belakang Persebaya Hansamu Hobi Bersepeda Off Road

Pemain yang identik dengan nomor punggung 23 tersebut mengaku merasakan sensasi yang berbeda saat meniti jalur off road. Selain mendapatkan pemandangan alam selama bersepeda Hansamu juga dapat…

Pembangunan Perumahan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:49 WIB

Kementerian PUPR Alokasikan Dana Sebesar Rp 102 Miliar Untuk Bantuan PSU Sebanyak 11.514 Rumah Subsidi

Bantuan PSU mencakup pekerjaan seperti jalan lingkungan, penyediaan jaringan air bersih dan tempat pembuangan sampah terpadu kepada pengembang perumahan yang membangun perumahan MBR.

Pelindo IV Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:46 WIB

Pelindo IV Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Lembaga Sertifikasi PT Mutu Hijau Indonesia, Vysca Ariani dan diterima oleh Direktur Keuangan PT Pelindo IV, Choirul Anwar, di Kantor Perwakilan…

Ilustrasi Mall

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:31 WIB

Meski Telah Dibuka Kembali, Pengelola Mal: Bukannya Untung, Malah Babak Belur

Jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan di DKI Jakarta masih mengkhawatirkan. Meski sudah dibuka hampir dua bulan atau sejak pertengahan Juni lalu, kedatangan pengunjung masih jauh dari kata…

Komisaris Utama PT TASPEN (Persero), Suhardi Alius

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:28 WIB

Komisaris TASPEN Raih Bintang Tanda Jasa dan Kehormatan Dari Presiden Joko Widodo

Pemberian Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada 7 orang penerima yang salah satunya ialah Suhardi Alius (Kepala BNPT tahun 2016-2020) yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama…