Karpet Merah untuk Investor China Garap Proyek Infrastruktur RI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juni 2019 - 06:41 WIB

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman memfasiltasi pertemuan antardelegasi Republik Rakyat China dengan para pelaku usaha Indonesia. (Kemenko Kemaritiman)
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman memfasiltasi pertemuan antardelegasi Republik Rakyat China dengan para pelaku usaha Indonesia. (Kemenko Kemaritiman)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah Indonesia dan China terus mempererat kerja sama ekonomi dan bisnis, di antaranya melalui acara Indonesia Business Visit and China International Contractors Association (CHINCA) yang difasilitasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Kegiatan tersebut dihadiri 31 pelaku usaha dari China dan Indonesia yang bergerak di bidang energi, transportasi, infrastruktur, manufaktur, dan lembaga pembiayaan.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaludin mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia. Pasalnya saat ini pembangunan infrastruktur masih terfokus di Pulau Jawa. Dengan kehadiran CHINCA diharapkan pembangunan infrastruktur bisa merata ke wilayah lain.

”Selama ini 80% kontribusi produk domestik bruto (PDB) kita masih berasal dari Jawa. Kita menyadari bahwa untuk meningkatkan ekonomi diperlukan pemerataan pembangunan. Dan kita ingin melakukan pembangunan di kawasan-kawasan luar Jawa sehingga pemerataan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Perwakilan Ketua CHINCA Xin Xiuming menilai Indonesia mengalami perkembangan ekonomi yang luar biasa dan pihaknya sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

”Kami mendorong semangat anggota kami bergabung dalam pembangunan. Dan sebagai organisasi kontraktor infrastruktur China, kami juga mau menjalin komunikasi yang baik dengan Indonesia. Kami percaya, dengan usaha kita dan dukungan dari berbagai pihak, kerja sama dua negara dalam infrastruktur akan berjalan dengan baik,” ujar Xin.

Kegiatan ini diharapkan mendapatkan informasi kerja sama dalam kerangka Regional Comprehensive Economic Corridor (RCEC) dan Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Initiative antara Indonesia dan China

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aice

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:30 WIB

Respon Kunjungan UPTDK Kemnaker Terkait PHK Sejumlah Karyawan, Aice Group Rampungkan Empat Poin Perbaikan Nota Pengawasan Ketenagakerjaan

“Per hari ini kami menyatakan Aice Group telah merampungkan semua poin dalam nota pengawasan ketenagakerjaan. Berbagai perbaikan yang perusahaan jalankan membuktikan bahwa perusahaan selalu…

Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:26 WIB

Dukung Konservasi Satwa, Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

HERO Group membantu meringankan beban operasional Taman Safari Indonesia akibat dampak COVID-19 sebagai perwujudan tanggung jawab sosial perusahaannya (CSR)

Pengusaha Basuki

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:13 WIB

Gelontorkan Ratusan Juta, Bos Airmas Group Ingin Anak Muda Kuasai Industri Digital

Basuki Surodjo Pengusaha Airmas Group membagikan hadiah mencapai ratusan juta rupiah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo

Sabtu, 06 Juni 2020 - 18:01 WIB

LPDB-KUMKM Restrukturisasi 40 Koperasi Terdampak Covid-19

Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membuat kebijakan relaksasi dan kelonggaran pembiayaan berupa program restrukturisasi pinjaman/pembiayaan…

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Sabtu, 06 Juni 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Kabar gembira datang dari penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando. Kamis (4/6/2020) malam, istri tercinta Ofan melahirkan anak pertama mereka. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut…