Karpet Merah untuk Investor China Garap Proyek Infrastruktur RI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juni 2019 - 06:41 WIB

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman memfasiltasi pertemuan antardelegasi Republik Rakyat China dengan para pelaku usaha Indonesia. (Kemenko Kemaritiman)
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman memfasiltasi pertemuan antardelegasi Republik Rakyat China dengan para pelaku usaha Indonesia. (Kemenko Kemaritiman)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah Indonesia dan China terus mempererat kerja sama ekonomi dan bisnis, di antaranya melalui acara Indonesia Business Visit and China International Contractors Association (CHINCA) yang difasilitasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Kegiatan tersebut dihadiri 31 pelaku usaha dari China dan Indonesia yang bergerak di bidang energi, transportasi, infrastruktur, manufaktur, dan lembaga pembiayaan.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaludin mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia. Pasalnya saat ini pembangunan infrastruktur masih terfokus di Pulau Jawa. Dengan kehadiran CHINCA diharapkan pembangunan infrastruktur bisa merata ke wilayah lain.

”Selama ini 80% kontribusi produk domestik bruto (PDB) kita masih berasal dari Jawa. Kita menyadari bahwa untuk meningkatkan ekonomi diperlukan pemerataan pembangunan. Dan kita ingin melakukan pembangunan di kawasan-kawasan luar Jawa sehingga pemerataan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Perwakilan Ketua CHINCA Xin Xiuming menilai Indonesia mengalami perkembangan ekonomi yang luar biasa dan pihaknya sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

”Kami mendorong semangat anggota kami bergabung dalam pembangunan. Dan sebagai organisasi kontraktor infrastruktur China, kami juga mau menjalin komunikasi yang baik dengan Indonesia. Kami percaya, dengan usaha kita dan dukungan dari berbagai pihak, kerja sama dua negara dalam infrastruktur akan berjalan dengan baik,” ujar Xin.

Kegiatan ini diharapkan mendapatkan informasi kerja sama dalam kerangka Regional Comprehensive Economic Corridor (RCEC) dan Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Initiative antara Indonesia dan China

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…

Tokopedia gandeng Modalku luncurkan Modal Toko

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:41 WIB

Tokopedia Gandeng Modalku Luncurkan Modal Toko

Tokopedia bekerja sama dengan Modalku resmi meluncurkan Modal Toko. Sebagai perkembangan dari layanan sebelumnya, yaitu Tokopedia Pinjaman Modal, Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia…