BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:04 WIB

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe
BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

INDUSTRY.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendirikan layanan Dapur Umum untuk melayani pengungsi banjir bandang di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dapur umum didirikan di lokasi pengungsian SMAN 1 Pondidaha, Konawe serta di Desa Ahuawatu, Konawe, salah satu desa terisolir akibat banjir.

"Layanan Dapur Umum BAZNAS ini dibuka memberikan pelayanan makanan siap santap bagi para pengungsi, untuk saat ini salah satu yang mendesak adalah kebutuhan makanan. Dapur Umum BAZNAS menyediakan makanan siap santap sebanyak 1.500 porsi," kata Komandan Lapangan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Sukamto.

Ia mengatakan, Desa Ahuawatu merupakan desa terisolir yang terdampak dari banjir bandang. Selain membuka layanan dapur umum, di desa ini BAZNAS juga menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang menjadi korban.

"Untuk bisa ke desa ini, perlu menggunakan perahu kecil karena jalan menuju Desa Ahuawatu terhalang banjir yang dalamnya kurang lebih sekitar dada hingga kepala orang dewasa," katanya.

BAZNAS juga telah mendirikan Posko Utama di Kantor BAZNAS Provinsi Sultra yang berada di komplek perkantoran gubernur. Posko ini menjadi pusat koordinasi pelayanan oleh tim dari BAZNAS Pusat, BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), BAZNAS Provinsi Sultra, dan BAZNAS Kota Kendari. 

Bantuan logistik sejumlah Rp 115 juta juga disalurkan, bantuan tersebut berupa, paket perlengkapan bayi, hygiene kit, alat perlengkapan tidur, dan pakaian di sejumlah titik di daerah terdampak di Konawe, dan Konawe Utara.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta mengatakan, BAZNAS merespon cepat bencana banjir di kawasan tersebut dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat terdampak.

"BAZNAS terus memberikan layanan kepada masyarakat yang terdampak. Bantuan dan bentuk layanan lanjutan juga BAZNAS persiapkan," kata Arifin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Jumat, 06 Desember 2019 - 02:50 WIB

Panglima TNI Tingkatkan Semangat Juang Timnas Karate Indonesia SEA Games 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P selaku Ketua Umum PB FORKI menekankan kepada para atlit karateka bahwa karateka-karateka Indonesia sangat siap dan memiliki semangat…

Dirut RRI, Sandiaga Uno dan Bram Suryo Putro Founder And CEO Theiconomics

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:55 WIB

Penetrasi Jasa Keuangan Dongkrak Kesadaran Milenial

Jakarta - Milenial di era kini didorong untuk melek keuangan sehingga bisa melirik penempatan dana atau transaksi keuangan di perusahaan jasa keuangan. Diperkirakan dari jumlah penduduk Indonesia,…

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:09 WIB

WanaArtha Life Luncurkan WanaArtha DPLK Sebagai Solusi Perencanaan Hari Tua Bagi Individu dan Perusahaan

Jakarta-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun…

Truck logistik Ritase

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:48 WIB

Perkembangan Mobilitas Barang Membutuhkan Solusi Multimoda Digital

Jakarta - Dinamika ekonomi yang makin cepat dan terintegrasi membutuhkan solusi logistik yang mampu mengikuti akselerasi itu. Pada saat yang sama, penyedia jasa logistik harus memutar otak agar…

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, “Indonesia Derivative Reach International Market” Summit 2019 Diselenggarakan

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:41 WIB

Jurus Mentari Mulia Berjangka, Gairahkan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia

Jakarta-Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), sebagai salah satu bentuk investasi di antara beragam pilihan, kian menarik perhatian para pengelola dana.