BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:04 WIB

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe
BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

INDUSTRY.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendirikan layanan Dapur Umum untuk melayani pengungsi banjir bandang di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dapur umum didirikan di lokasi pengungsian SMAN 1 Pondidaha, Konawe serta di Desa Ahuawatu, Konawe, salah satu desa terisolir akibat banjir.

"Layanan Dapur Umum BAZNAS ini dibuka memberikan pelayanan makanan siap santap bagi para pengungsi, untuk saat ini salah satu yang mendesak adalah kebutuhan makanan. Dapur Umum BAZNAS menyediakan makanan siap santap sebanyak 1.500 porsi," kata Komandan Lapangan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Sukamto.

Ia mengatakan, Desa Ahuawatu merupakan desa terisolir yang terdampak dari banjir bandang. Selain membuka layanan dapur umum, di desa ini BAZNAS juga menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang menjadi korban.

"Untuk bisa ke desa ini, perlu menggunakan perahu kecil karena jalan menuju Desa Ahuawatu terhalang banjir yang dalamnya kurang lebih sekitar dada hingga kepala orang dewasa," katanya.

BAZNAS juga telah mendirikan Posko Utama di Kantor BAZNAS Provinsi Sultra yang berada di komplek perkantoran gubernur. Posko ini menjadi pusat koordinasi pelayanan oleh tim dari BAZNAS Pusat, BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), BAZNAS Provinsi Sultra, dan BAZNAS Kota Kendari. 

Bantuan logistik sejumlah Rp 115 juta juga disalurkan, bantuan tersebut berupa, paket perlengkapan bayi, hygiene kit, alat perlengkapan tidur, dan pakaian di sejumlah titik di daerah terdampak di Konawe, dan Konawe Utara.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta mengatakan, BAZNAS merespon cepat bencana banjir di kawasan tersebut dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat terdampak.

"BAZNAS terus memberikan layanan kepada masyarakat yang terdampak. Bantuan dan bentuk layanan lanjutan juga BAZNAS persiapkan," kata Arifin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.