Pegadaian Raih Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2019

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 15 Juni 2019 - 15:24 WIB

Pegadaian Raih Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2019
Pegadaian Raih Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - PT Pegadaian (Persero) meraih penghargaan  bergengsi dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2019. Penghargaan tersebut diberikan dalam kategori The Best Work Place.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap keberhasilan Pegadaian sebagai BUMN dalam melakukan transformasi digital, dari mulai membenahi Sumber Daya Manusia (SDM), produk, layanan, proses kerja dan budaya kerja yang berbasis pada tata kelola perusahaan (GCG/good corporate governance) dan kinerja PT Pegadaian (Persero) yang berbasis teknologi informasi.

“Kami sangat mengapresiasi penghargaan dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2019 ini. Penghargaan ini akan terus mendorong kami untuk konsisten dalam mengimplementasikan GCG secara berkelanjutan, dengan membangun sistem transparansi berbasis digital dan pengembangan big data serta SDM yang kami miliki,” ungkap Direktur SDM dan Hukum, Edi Isdiwarto, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Sistem penilaian yang dilakukan melalui tiga proses, yaitu company description, sample survey ke 30 karyawan terkait aspek-aspek lingkungan kerja, dan presentasi mengenai company practices.

Edi menyatakan penghargaan tersebut akan memberikan sebuah motivasi dalam mencapai visi dan misi Pegadaian. Sehingga akan menciptakan perkembangan dalam peningkatan kapabilitas yang meliputi knowledge, skill, dan attitude.

"Untuk peningkatan produktivitas tenaga kerja di Pegadaian. Maka perusahaan memiliki strategi - strategi yang disusun, diantaranya melalui peningkatan kompetensi, peningkatan kesejahteraan, benefit, kompensasi yang kompetitif dan berbasis kinerja."

Seperti yang diketahui, Pegadaian semakin fokus menjalankan prinsip-prinsip pengembangan talent management dan sumber daya manusia yang mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik. Oleh sebab itu Pegadaian memiliki program Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendorong penerapan GCG di dalam dan di sekitar Pegadaian.

Pegadaian juga sedang fokus terhadap program Groom Talent (G-Talent) yang  bertujuan untuk mengembangkan talen internal. Oleh karenanya perusahaan  pada penyiapan SDM dilakukan secara serius untuk menyongsong era baru.

Tidak hanya itu, Pegadaian juga memiliki Program The Gade Goes to Campus. Program tersebut menunjukkan perseroan kini menjadi tempat bekerja yang dibanggakan, sekaligus mencari talenta-talenta muda di kampus-kampus terbaik di Indonesia. Selain itu juga dalam upaya memberikan literasi keuangan untuk generasi minenial, ditengah makin pesatnya industri teknologi digital dan banyaknya produk-produk keuangan.

Berdasarkan data perusahaan, jumlah pegawai organik Pegadaian mencapai 13.400 orang, sedangkan outsourcing 12.700 orang dengan jumlah outlet 4.319. Adapun dua strategi untuk memperluas jaringan yang dulu telah diubah menjadi agen Pegadaian yang berstatus sebagai mitra.

Adapun metode perusahaan dalam melakukan rekrutmen SDM dilakukan secara terbuka melalui media massa atau sarana lain agar informasi diterima oleh masyarakat secara luas.

Penerimaan SDM yang kompeten sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan selaras dengan perkembangan perusahaan, PT Pegadaian (Persero) melakukan pengadaan pegawai yang berazaskan kepada prinsip transparansi, akuntabilitas, independen, dan keadilan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme XT

Minggu, 17 November 2019 - 18:49 WIB

Duduki Posisi 4 di Pasar Smartphone Indonesia, realme Siapkan Produk Flaghsip

realme merupakan brand yang penuh kejutan, dari strategi-strategi yang telah dilakukan membuatnya tercatat ke daftar 5 besar vendor ponsel di Indonesia, tepatnya berada di posisi empat.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 17 November 2019 - 18:10 WIB

Manufaktur Masih Jadi Kontributor Terbesar Ekspor Nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, industri manufaktur masih menjadi kontributor paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 17 November 2019 - 17:10 WIB

Pemerintah Terus Pacu Investasi Sektor Manufaktur

Pemerintah memberikan perhatian yang serius terhadap upaya memacu nilai investasi khususnya dari sektor manufaktur. Sebab, aktivitas industrialisasi dinilai dapat membawa efek berganda yang…

Batik Air Luncurkan Wifi Entertainment di Pesawat

Minggu, 17 November 2019 - 11:00 WIB

Batik Air Luncurkan Wifi Entertainment di Pesawat

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group meluncurkan fasilitas terbaru Wireless Fidelity (WiFi) Entertainment On-board atau sistem hiburan di pesawat yang diakses melalui wireless.…

Ilustrasi rumah subsidi

Minggu, 17 November 2019 - 10:10 WIB

Kementerian PUPR Turunkan Syarat DP Rumah Subsidi Jadi Satu Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengubah persyaratan uang muka dari minimal lima persen menjadi satu persen untuk memudahkan persyaratan kepemilikan rumah bersubsidi bagi masyarakat…