Mengenang Aktor Robby Sugara

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Juni 2019 - 11:48 WIB

Ilham Bintang dan alm Robby Sugara (Foto Dok Industry.co.id)
Ilham Bintang dan alm Robby Sugara (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Aktor kawakan  film Indonesia Robby Sugara, Kamis (13/6/2019) meninggal dunia dalam perjalanan ke RS UKI. Jenasah mendiang disemayamkan di Rumah Duka, RS UKI Jakarta.

Dimasa keemasannya tahun 70 -80 an Robby Sugara salah satu dari lima artis film yang mendapat julukan “ The Big Fives”. Maknanya : lima artis yang mendapat bayaran termahal. Empat artis lainnya Roy Marten, Yenny Rachman, Yatie Octavia dan Tanty Yoshepa.

Aktris Lydia Kandouw mengunggah kabar duka itu di WAG “ C’Nior” beranggotakan insan  film senior, Kamis (13/6/2019) pagi. “ Robby  meninggal dalam perjalanan ke RS. Sore masih beraktifitas, malam sesak nafas, lalu dilarikan ke RS. Namun, dalam perjalanan ia mengembuskan nafas penghabisan,” tambah Lidya.

Menurut rencana mendiang akan di kebumikan hari Jumat. “Kabar awal akan di kebumikan hari Sabtu, ternyata berubah jadi hari Jumat, jam nya mrk lagi berunding,” info Lidya Kandouw.

Robert Kaihena Sugara (lahir di Malang, 1951) adalah seorang aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda. Pada tahun 1975, aktor ini terkenal karena iklan pria Brisk yang dibintanginya. Ia merupakan salah seorang aktor kawakan pada periode 1970 hingga 1980-an. Namanya dapat disejajarkan dengan Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten. Ia menikah dengan Bertha Suwages dan memiliki tujuh anak.

Robby mengawali debutnya di film tahun 1975. Tahun itu ia membintangi lima film, antaranya: Rahasia Perawan, Sentuhan Cinta, Wajah Tiga Perempuan, Ranjang Siang Ranjang Malam.

Praktis sejak itu hingga tahun 1983 rata-rata tiap tahun  membintangi lima judul film. Setelah itu ia menghilang hingga 2014. Ia muncul kembali tahun 2015 dan membintangi beberapa judul film dan sinetro, antaranya “ Tersanjung” dan “ D’ Hijabers”.

Belasan tahun tahun “ talak tiga” dengan dunia film karena ternyata tengah menekuni bisnis air liur burung walet di Anyer, Banten.

Sekitar enam bulan lalu, tgl 17-19 Desember ia hadir dalam acara Reuni Artis yang digagas aktor Harry Capri di villanya, daerah Bogor, Jawa Barat. Momen itulah pertemuan terakhir kami bertemu Robby. Dalam acara reuni itu Robby tampak sehat, bahkan sempat menyumbangkan lagu pada malam puncak acara reuni yang dihadiri puluhan artis kenamaan yang pernah mencapai kejayaan di masanya. Seperti Rina Hassim, Ahmad Albar, Camelia Malik, Dana Christina, El Manik, Deddy Mizwar, Henky Tornado- Baby Zelvia, Harry Capri. Reuni itu dihadiri juga produser film Zairin Zain dan Firman Bintang.

Catatan : Ilham Bintang

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:45 WIB

Lindungi Industri Tekstil Nasional, API Segera Ajukan Safeguard

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat akan mengajukan tarif safeguard untuk produk tekstil impor sebesar 2,5%-18%. Pengajuan ini untuk melindungi produk tekstil dalam negeri…

Para finalis Miss Grand Indonesia dari 34 wilayah di Indonesia mengikuti pembekalan materi oleh Bupati Kabupaten Bogor di RM Bumi Aki Cibinong, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:27 WIB

Miss Grand Indonesia 2019 Dukung Program Pariwisata Kabupaten Bogor

Selain pembekalan materi seputar wanita dan karier dari Bupati Bogor, para finalis juga dibekali materi kepribadian yang di sampaikan oleh Ahmad Zulfikar Priyatna. S.E.

Agus Mulyana, Direktur Kepatuhan Bank bjb saat menerima penghargaan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:14 WIB

Bank bjb Raih Penghargaan TOP GRC 2019

Jakarta – Pengelolaan risiko yang baik menjadi salah satu kiat kunci yang harus dipraktikkan dalam setiap usaha bisnis. Peran manajemen risiko yang lebih banyak berada di balik layar ini tak…