Istano Basa Pagaruyung Sumbar Ramai Dikunjungi Wisatawan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Juni 2019 - 15:00 WIB

Istano Basa Pagaruyung (Foto Dok GPS Wisata)
Istano Basa Pagaruyung (Foto Dok GPS Wisata)

INDUSTRY.co.id - Batusangkar- Istano Basa Pagaruyung menjadi tujuan utama wisatawan ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Sama dengan tahun sebelumnya, Istano Basa Pagaruyung kembali menjadi tujuan wisatawan dalam menghabiskan libur lebaran," kata Kabid Pariwisata Pemuda, dan Olahraga Dinas Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar, Sabtu (9/6/2019)

Ia mengatakan objek wisata Istano Basa Pagaruyung memang menjadi objek andalan Pemkab Tanah Datar pada setiap Lebaran, dan sebelumnya telah dilakukan beberapa perbaikan menjelang lebaran.

Selain Istano Basa, pemkab juga menyiapkan sembilan destinasi untuk menyambut libur Lebaran tahun ini, di antaranya, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, Air Terjun Lembah Anai, Aua Serumpun dan Nagari Tuo Pariangan.

"Itu semua telah kita siapkan untuk wisatawan, terutama perantau yang berkunjung ke Tanah Datar agar bisa menikmati liburan mereka," ujarnya.

Sementara Tina, salah seorang pengunjung asal Kabupaten Sijunjung, sengaja datang bersama keluarga hanya untuk menghabiskan libur Lebaran sebelum balik ke rantau.

Ia mengaku, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya tidak ada yang berubah dengan objek wisata Istano Basa Pagaruyung.

Ia mengatakan pembenahan dan penataan parkir perlu dilakukan, karena lahan parkir yang sempit serta kurang memadai membuat pengunjung jadi terganggu.

"Sebab akses untuk keluar masuk parkiran sempit dan susah, jalan masuknya juga berlumpur mungkin disebabkan hujan tadi malam, tadi mobil kami slip saat ke parkiran," ujarnya.

Sementara Bachtiar, pengunjung asal Jambi mengaku nyaman saat berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung. Ia menilai sebagai objek wisata sejarah, Pagaruyung tentunya dapat memberikan pengetahuan kepada pengunjung yang datang.

"Kalau melihat kearifan lokalnya dan sejarahnya, Pagaruyung dapat menyatukan negara negara dari sepihan kerajaan ini, bahkan sampai ke Negara Malaysia," ujarnya.

Ia berharap pemerintah setempat terus melakukan pembenahan dalam pengembangan objek wisata Istano Basa Pagaruyung, baik infrastrukturnya maupun sumber daya manusia untuk kemajuan pariwisata Tanah Datar.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…

HUAWEI Mate 30 Series

Sabtu, 21 September 2019 - 16:45 WIB

HUAWEI Luncurkan Smartphone 5G Generasi Kedua, HUAWEI Mate 30 Series

Terinspirasi dari prinsip desain minimalis, HUAWEI Mate 30 Series menampilkan display OLED HUAWEI Horizon yang ikonik, sementara Kirim 990 5G SoC yang pertama kali mengintegrasikan unit pemrosesan…

Castrol Oil Edisi Spesial Foto Pemenang Castrol Super Mechanic Contest 2018

Sabtu, 21 September 2019 - 16:30 WIB

Oli Edisi Spesial Foto Pemenang Castrol Super Mechanic Contest 2018 Resmi Diluncurkan

Castrol meluncurkan kemasan edisi spesial dengan foto anggota tim pemenang Castrol Super Mechanic Contest 2018.