Menpar: Mahalnya Harga Tiket Pesawat Hancurkan Ekosistem Pariwisata

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 Mei 2019 - 15:30 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Ridwan)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, mahalnya harga tiket pesawat sangat menghancurkan ekosistem sektor pariwisata. 

"Impact nya 30%, jadi ekosistem pariwisata terpengaruh sangat besar, karena harga tiketnya naik lebih dari 100%. Ini bukan naik, tetapi ganti harga," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta, Rabu (22/5).

Ia menegaskan bahwa, dirinya tidak punya wewenang untuk memaksa pihak airlines untuk tidak boleh menaikkan harga tiket pesawat. "Naik boleh, yang tidak boleh itu naiknya tinggi dan mendadak," tegasnya.

Menpar juga menjelaskan soal aturan harga batas atas dan batas bawah untuk beberapa kelas penerbangan. Batas atas adalah harga tertinggi yang boleh digunakan oleh pihak maskapai. Sedangkan batas bawah adalah harga paling rendah.

Untuk penerbangan dengan kelas pelayanan full bisa menggunakan tarif harga batas atas 100 persen. Sedangkan kelas ekonomi dan Low Cost Carrier (LCC) seharusnya tidak mendekati harga batas atas.

"Kalo kelas pelayanan full seperti Garuda Indonesia bisa menggunakan harga batas atas full, tapi kalo penerbangan ekonomi dan LCC harus diturunkan lagi 30 persen. Semoga Menhub bisa turunkan harga batas atas," tutur Menpar. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.

Said meminta pemerintah agar mengurungkan niatnya membuat kebijakan tax amnesty jilid II ini

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:53 WIB

Wakil Banggar DPR RI Meminta Pemerintah Menyiapkan Grand Strategi Mengantisipasi Dampak Perang Dagang AS dan China

Jakarta-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih belum mereda sebagai dampak dari kondisi ekonomi global yang belum membaik.

Keyboard Gaming G813 LIGHTSYNC RGB 

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Logitech G Hadirkan Keyboard Gaming Dimensi Baru di Dunia Game G813 LIGHTSYNC RGB 

Logitech G sebuah brand dari Logitech, inovator terkemuka dari produk dan teknologi gaming mengumumkan keyboard gaming dengan performa tinggi, Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Mechanical Gaming Keyboard.…

Pameran Foto Rekam Jakarta

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:52 WIB

OPPO Kolaborasi Dengan Pewarta Foto Gelar Pameran Foto Rekam Jakarta

OPPO, vendor smartphone yang dikenal melalui inovasi teknologi dan desain, mendukung Pewarta Foto Indonesia Jakarta untuk menyelenggarakan “Rekam Jakarta”, sebuah pameran foto tahunan…