Peringati Hari Air Sedunia, APP Sinar Mas dan IGCN Gencarkan Hak Atas Air

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 April 2019 - 18:33 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY co.idDepok – Memperingati Hari Air Sedunia, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerja sama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN), jaringan lokal dari United Nations Global Compact (UN Global Compact) terus menggalakkan berbagai program dan inisiatif agar penduduk Indonesia dapat sepenuhnya memperoleh hak atas air bersih.

“Tema Hari Air Sedunia 2019 ini, yaitu Leaving No One Behind, menegaskan bahwa setiap warga berhak atas akses terhadap air bersih. Ketersediaan air adalah vital; baik untuk pemenuhan air bersih dan sanitasi sehat bagi masyarakat maupun pelestarian lingkungan. Di samping itu, IGCN juga berupaya untuk mensosialisasikan inisiatif pembuatan biopori untuk meningkatkan kapasitas serapan tanah, sehingga dapat mengurangi defisit air tanah yang dapat berakibat pada turunnya kontur tanah di Jakarta.” ujar Presiden IGCN Y.W. Junardy pada Seminar, Senin (22/4/2019).

Seminar ini juga bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), digelar di Aula Sinar Mas, Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. “Sejalan dengan misi FMIPA UI untuk menjadi fakultas sains unggulan, kami berupaya turut berperan untuk menemukan solusi dan melahirkan inovasi dalam menangani pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan,” ujar Dekan FMIPA UI Dr. Rer. Nat Abdul Haris.

Melibatkan lebih dari 100 peserta dari kalangan akademisi, korporasi, NGO, dan asosiasi, seminar ini menyoroti akses air bersih yang masih menjadi permasalahan global, termasuk di Indonesia. Selain keterbatasan akses air minum dan polusi air, isu sanitasi juga menjadi tantangan utama.

IGCN memiliki kelompok kerja khusus, yakni Indonesia Water Mandate Working Group (IWMWG), yang dipimpin oleh APP Sinar Mas. Beranggotakan komunitas peduli air, lembaga non-profit, maupun korporasi, kelompok kerja ini terus mengupayakan langkah nyata yang langsung melibatkan masyarakat.  

Selain itu IWMWG juga aktif melakukan edukasi kepada masyarakat terkait akses terhadap air bersih dan kualitas air. Salah satu yang telah terlibat dan menerima manfaat program edukasi ini  adalah masyarakat Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. 

Seminar ini juga menjadi momentum peluncuran hasil penelitian World Water Development Report (WWDR), yang berisi contoh-contoh kasus tantangan pengelolaan air dan solusinya. Laporan tahunan tematis ini diterbitkan oleh UNESCO dan dikembangkan bersama oleh lembaga-lembaga PBB.

APP Sinar Mas dan IGCN berharap peringatan Hari Air Sedunia dapat menjadi panggilan bagi seluruh elemen masyarakat, untuk bekerja sama mencapai target ketersediaan dan manajemen air yang berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia pada tahun 2030.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…