Peringati Hari Air Sedunia, APP Sinar Mas dan IGCN Gencarkan Hak Atas Air

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 April 2019 - 18:33 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY co.idDepok – Memperingati Hari Air Sedunia, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerja sama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN), jaringan lokal dari United Nations Global Compact (UN Global Compact) terus menggalakkan berbagai program dan inisiatif agar penduduk Indonesia dapat sepenuhnya memperoleh hak atas air bersih.

“Tema Hari Air Sedunia 2019 ini, yaitu Leaving No One Behind, menegaskan bahwa setiap warga berhak atas akses terhadap air bersih. Ketersediaan air adalah vital; baik untuk pemenuhan air bersih dan sanitasi sehat bagi masyarakat maupun pelestarian lingkungan. Di samping itu, IGCN juga berupaya untuk mensosialisasikan inisiatif pembuatan biopori untuk meningkatkan kapasitas serapan tanah, sehingga dapat mengurangi defisit air tanah yang dapat berakibat pada turunnya kontur tanah di Jakarta.” ujar Presiden IGCN Y.W. Junardy pada Seminar, Senin (22/4/2019).

Seminar ini juga bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), digelar di Aula Sinar Mas, Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. “Sejalan dengan misi FMIPA UI untuk menjadi fakultas sains unggulan, kami berupaya turut berperan untuk menemukan solusi dan melahirkan inovasi dalam menangani pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan,” ujar Dekan FMIPA UI Dr. Rer. Nat Abdul Haris.

Melibatkan lebih dari 100 peserta dari kalangan akademisi, korporasi, NGO, dan asosiasi, seminar ini menyoroti akses air bersih yang masih menjadi permasalahan global, termasuk di Indonesia. Selain keterbatasan akses air minum dan polusi air, isu sanitasi juga menjadi tantangan utama.

IGCN memiliki kelompok kerja khusus, yakni Indonesia Water Mandate Working Group (IWMWG), yang dipimpin oleh APP Sinar Mas. Beranggotakan komunitas peduli air, lembaga non-profit, maupun korporasi, kelompok kerja ini terus mengupayakan langkah nyata yang langsung melibatkan masyarakat.  

Selain itu IWMWG juga aktif melakukan edukasi kepada masyarakat terkait akses terhadap air bersih dan kualitas air. Salah satu yang telah terlibat dan menerima manfaat program edukasi ini  adalah masyarakat Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. 

Seminar ini juga menjadi momentum peluncuran hasil penelitian World Water Development Report (WWDR), yang berisi contoh-contoh kasus tantangan pengelolaan air dan solusinya. Laporan tahunan tematis ini diterbitkan oleh UNESCO dan dikembangkan bersama oleh lembaga-lembaga PBB.

APP Sinar Mas dan IGCN berharap peringatan Hari Air Sedunia dapat menjadi panggilan bagi seluruh elemen masyarakat, untuk bekerja sama mencapai target ketersediaan dan manajemen air yang berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia pada tahun 2030.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Sabtu, 19 September 2020 - 14:00 WIB

Menteri Erick Thohir: Bangga Buatan Indonesia

Erick Thohir, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN mengatakan, “Nusantara Fashion Festival 2020 merupakan kolaborasi dari 300…

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) M. Lutfi menemui Presiden Donald Trump

Sabtu, 19 September 2020 - 13:33 WIB

Jadi Dubes Indonesia di AS, M. Lutfi Akan Pastikan Persetujuan GSP Diperpanjang

Selain itu, Lutfi juga akan memulai pembicaraan untuk negosiasi terkait perjanjian dagang bebas terbatas atau limited trade deal  dengan AS.

Presiden Joko Widodo

Sabtu, 19 September 2020 - 13:32 WIB

Cetak Sejarah! Presiden Jokowi Bakal Berikan Pidato pada Sidang Umum PBB 23 September Nanti

Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan menghadiri Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. Bahkan, Jokowi akan memberikan pidato di 23 September nanti.

Jembatan Gantung

Sabtu, 19 September 2020 - 13:09 WIB

Jaga Produktivitas Pertanian, Kementerian PUPR Bangun Sejumlah Infrastruktur Kerakyatan di Jawa Barat

Beberapa infrastruktur kerakyatan yang telah selesai dikerjakan di Jawa Barat adalah pembangunan saluran irigasi tersier melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi pabrik Mayora di Banten

Sabtu, 19 September 2020 - 12:45 WIB

Kejar Target Tumbuh 4% di Akhir Tahun 2020, Meperin Pantau Industri Mamin di Banten

Kementerian Perindustrian terus memantau dan menjaga aktivitas sejumlah sektor manufaktur strategis di tengah masa pandemi Covid-19, seperti industri makanan dan minuman yang diharapkan dapat…