"Good France" Tawarkan Pengalaman Cita Rasa Prancis

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 15:08 WIB

Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)
Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - "Good France 2017", rangkaian festival internasional cita rasa Prancis, kembali diselenggarakan secara serentak pada 21 Maret mendatang, untuk menawarkan masyarakat pengalaman menjalani tradisi gastronomi Prancis.

Setelah suksesnya gelaran festival tersebut dengan partisipasi 1.700 restoran di 150 negara pada 2016, tahun ini "Good France" akan diikuti lebih banyak peserta yakni 2.000 restoran.

"Acara ini mempromosikan bukan hanya pengalaman dan kreativitas dalam memasak hidangan khas Prancis, tetapi juga nilai yang terkandung di dalamnya seperti saling berbagi, kebersamaan, kebahagiaan makan bersama, serta budaya mengonsumsi makanan yang sehat," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual "makan-makan" khas Prancis yang memiliki beberapa pakem tertentu yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran sebagai makanan utama, keju, lalu diakhiri dengan makanan penutup.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan mencicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap tradisi tersebut.

Sebagai warisan budaya dan identitas, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting dan praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

"Makanan gastronomi adalah ekspresi tulus dari kesejahteraan dan budaya masyarakat Prancis. Tradisi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2010," ujar Dubes Jean-Charles.

Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Institut Prancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) ini akan hadir di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebanyak 36 restoran di kota-kota tersebut, mulai dari bistro yang menawarkan hidangan rumahan hingga "haute gastronomie" yang menyajikan menu beragam, siap berpartisipasi dalam "Good France 2017".

Di Ibu Kota sendiri 19 restoran akan ikut memeriahkan malam perayaan cita rasa Prancis yaitu Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty's, Orient 8, dan Porto Bistreau Jakarta.

Selanjutnya, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…