Kawan Lama Kembangkan Kompetensi Mahasiswa Vokasi Melalui Kompetisi Metrologi

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 April 2019 - 18:55 WIB

Kompetisi Metrologi
Kompetisi Metrologi

INDUSTRY co.id - Jakarta - PT Kawan lama Sejahtera, distributor penyedia peralatan industri teknikdan komersial terdepan nbsp;di Indonesia dengan pengalaman 64 tahun, berkontribusi mendukung pengembangan kompetensi perguruan tinggi vokasi dengan mengadakan Kompetisi Metrologi Mahasiswa Vokasi Tingkat Nasional.

Kompetisi yang merupakan kerja sama Kawan Lama dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemristekdikti) ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam pengembangan kompetensi para mahasiswa vokasi di bidang metrologi atau pengukuran.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Minggu (14/4/2019) menyebutkan, acara yang didukung oleh brand nbsp;alat ukur ternama asal Jepang, Mitutoyo ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa vokasi, khususnya jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

&ldquo PT Kawan Lama Sejahtera ikut membangun bangsa dan mengobarkan api vokasi. Mahasiswa vokasi perlu memahami pengetahuan dasar dan keterampilan metrologi untuk menghadapi revolusi industri 4.0,&rdquo ujar Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera benerapa waktu lalu.

"Melalui kompetisi semacam ini, kami harapkan mahasiswa-mahasiswa punya kompetensi yang sejalan dengan standar dunia industri." kata Edi Mulyono, Kasubdit Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemristekdikti.

Kompetisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia, khususnya dalam menciptakan para penerus bangsa yang cakap dan berkeahlian tinggi di bidang metrologi atau pengukuran.

Kompetisi yang diselenggarakan pada 9 April 2019 bertempat di Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi ilmu ukur dengan metode dan alat yang tepat, guna mendapatkan hasil kerja yang akurat dan presisi serta meningkatkan jiwa kompetitif dalam bidang pendidikan bagi para mahasiswa, serta membantu menciptakan link and match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan pendidikan, juga memfasilitasi pihak-pihak terkait institusi pendidikan untuk saling mengembangkan dan membagi ilmu yang bermanfaat untuk bangsa.

Kegiatan Kompetisi Metrologi Mahasiswa Vokasi Tingkat Nasional dilaksanakan bersamaan dengan lomba Hackathon di ITB. Acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran & Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Ismunandar ini telah berlangsung pada 8 April, dan kompetisi metrologi sendiri diadakan pada 9 April 2019. Diikuti oleh 70 peserta, dari 37 perguruan tinggi se-Indonesia.

Kompetisi Metrologi ini dibagi menjadi dua kategori tes, yaitu tes teori dan tes praktik. Pemenang kompetisi adalah peserta dengan jumlah skor tertinggi dari dua tes tersebut. Untuk 3 orang pemenang, PT Kawan Lama Sejahtera telah menyiapkan hadiah uang sebesar 10 juta rupiah untuk pemenang pertama, 5 juta rupiah untuk pemenang kedua, dan 3 juta rupiah untuk pemenang ketiga. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Metrology Centre Mitutoyo Asia Pacific di Singapura, selama 3 hari 2 malam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:40 WIB

Menurun, PT PP Properti Tbk Hanya Cetak Pendapatan Rp357,91 Miliar Hingga Maret 2020

Emiten infrastruktur PT PP Properti Tbk (PPRO) cetak pendapatan usaha sebesar Rp357,91 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dibandingkan pendapatan usaha Rp428,79 miliar di periode sama…

Kementerian PUPR Bedah 3.000 Rumah di Bali

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:30 WIB

Kementerian PUPR Bedah 3.000 Rumah di Bali

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendorong pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk masyarakat menjelang pelaksanaan kebijakan new normal…

Ilustrasi Pergerakan Saham

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:25 WIB

Kinerja Oke! PT Sat Nusapersada Tbk Meroket Bukukan Laba USD3,11 Juta hingga Maret 2020

PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) mencatat laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar USD3,11 juta hingga periode 31 Maret 2020 naik tajam dari laba USD166,29…

Ilustrasi jamaah masjid

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:19 WIB

MUI Bolehkan Kembali Sholat Jum'at di Masjid

Tempat ibadah akan dibuka termasuk masjid untuk menjalankan sholat lima waktu terutama sekali sholat Jum'at yang wajib dikerjakan di masjid.

Ilustrasi perdagangan pialang saham berjangka

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:06 WIB

Marak Corona, PT Indosterling Technomedia Tbk Melantai di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan emiten baru yakni PT Indosterling Technomedia Tbk yang resmi mencatatkan sahamnya melalui proses penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering…