Kawan Lama Kembangkan Kompetensi Mahasiswa Vokasi Melalui Kompetisi Metrologi

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 April 2019 - 18:55 WIB

Kompetisi Metrologi
Kompetisi Metrologi

INDUSTRY co.id - Jakarta - PT Kawan lama Sejahtera, distributor penyedia peralatan industri teknikdan komersial terdepan nbsp;di Indonesia dengan pengalaman 64 tahun, berkontribusi mendukung pengembangan kompetensi perguruan tinggi vokasi dengan mengadakan Kompetisi Metrologi Mahasiswa Vokasi Tingkat Nasional.

Kompetisi yang merupakan kerja sama Kawan Lama dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemristekdikti) ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam pengembangan kompetensi para mahasiswa vokasi di bidang metrologi atau pengukuran.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Minggu (14/4/2019) menyebutkan, acara yang didukung oleh brand nbsp;alat ukur ternama asal Jepang, Mitutoyo ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa vokasi, khususnya jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

&ldquo PT Kawan Lama Sejahtera ikut membangun bangsa dan mengobarkan api vokasi. Mahasiswa vokasi perlu memahami pengetahuan dasar dan keterampilan metrologi untuk menghadapi revolusi industri 4.0,&rdquo ujar Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera benerapa waktu lalu.

"Melalui kompetisi semacam ini, kami harapkan mahasiswa-mahasiswa punya kompetensi yang sejalan dengan standar dunia industri." kata Edi Mulyono, Kasubdit Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemristekdikti.

Kompetisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia, khususnya dalam menciptakan para penerus bangsa yang cakap dan berkeahlian tinggi di bidang metrologi atau pengukuran.

Kompetisi yang diselenggarakan pada 9 April 2019 bertempat di Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi ilmu ukur dengan metode dan alat yang tepat, guna mendapatkan hasil kerja yang akurat dan presisi serta meningkatkan jiwa kompetitif dalam bidang pendidikan bagi para mahasiswa, serta membantu menciptakan link and match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan pendidikan, juga memfasilitasi pihak-pihak terkait institusi pendidikan untuk saling mengembangkan dan membagi ilmu yang bermanfaat untuk bangsa.

Kegiatan Kompetisi Metrologi Mahasiswa Vokasi Tingkat Nasional dilaksanakan bersamaan dengan lomba Hackathon di ITB. Acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran & Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Ismunandar ini telah berlangsung pada 8 April, dan kompetisi metrologi sendiri diadakan pada 9 April 2019. Diikuti oleh 70 peserta, dari 37 perguruan tinggi se-Indonesia.

Kompetisi Metrologi ini dibagi menjadi dua kategori tes, yaitu tes teori dan tes praktik. Pemenang kompetisi adalah peserta dengan jumlah skor tertinggi dari dua tes tersebut. Untuk 3 orang pemenang, PT Kawan Lama Sejahtera telah menyiapkan hadiah uang sebesar 10 juta rupiah untuk pemenang pertama, 5 juta rupiah untuk pemenang kedua, dan 3 juta rupiah untuk pemenang ketiga. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Metrology Centre Mitutoyo Asia Pacific di Singapura, selama 3 hari 2 malam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…