Segera Beroperasi, 18 Kawasan Industri Ini Mampu Serap Investasi Rp 250 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 09 April 2019 - 17:38 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kementerian Perindustrian menyatakan pada 2019 ini sebanyak 18 kawasan industri akan beroperasi pada 2019 ini. Ke-18 kawasan industri luar Jawa itu berlokasi di, Lhoukseumawe, Ladong, Medan, Tanjung Buton, Landak, Maloy, Tanah Kuning, dan Bitung. 

Selanjutnya di Kuala Tanjung, Kemingking, Tanjung Api-api, Gandus, Tanjung Jabung, Tanggamus, Batulicin, Jorong, Buli, dan Teluk Bintuni. 

"Kami targetkan 18 kawasan industri itu mulai beroperasi kuartal III-2019," kata Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Ignatius Warsito seperti dikutip dari website Kementerian Perindustrian, Selasa (9/4/2019).

Warsito memperkirakan kalau target tersebut terwujud, 18 kawasan industri yang beroperasi tersebut nantinya bisa menyerap investasi sampai dengan Rp250 triliun. Dari investasi tersebut, diperkirakan 900 ribu lapangan kerja baru akan tercipta. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah saat ini memang semakin serius dan fokus terus mendorong penumbuhan sektor industri manufaktur di luar Jawa, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Fokus dibuat untuk melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo.

"Ini sesuai amanat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan pembangunan yang Indonesia sentris," tuturnya.

Fokus tersebut kata Airlangga, sedikit demi sedikit sudah mulai berhasil diwujudkan. Khusus wilayah Indonesia Timur, pada periode 2015-2017, sejumlah kawasan industri mulai beroperasi.

Kawasan industri tersebut antara lain, Morowali, Palu, Bantaeng dan Konawe di Sulawesi Tenggara. Kementerian Perindustrian mencatat investasi di kawasan tersebut cukup menggembirakan. 

Untuk kawasan industri Morowali misalnya, pihaknya mencatat investasi meningkat dari 2017 sebesar USD3,4 miliar menjadi USD5 miliar di 2018. "Jumlah penyerapan tenaga kerja di sana terbilang sangat besar hingga 30 ribu orang," kata Airlangga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.