PT CNI Percayakan PT PP Bangun Konstruksi Smelter di Sulteng

Oleh : Ridwan | Sabtu, 06 April 2019 - 17:15 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) semakin memantapkan komitmennya membangun pabrik ferronickel atau smelter. Pembangunan konstruksi smelter akan dipercayakan kepada perusahaan BUMN berbendera PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero. 

Kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian kerja sama jasa kontruksi sebagai tanda dimulainya pembangunan infrastruktur utama dan pendukung ferronickel smelter di Jakarta (5/4) kemarin.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT CNI Derian Sakmiwata dan Senior Vice  President, Head of EPC Division PT PP Nurlistyo.

Pada kesempatan tersebut, Derian mengatakan sengaja menggandeng PT PP sebagai semangat untuk memaksimalkan muatan lokal (local content). Hal ini seperti tertuang dalam Pasal 61 Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri. 

Selanjutnya, PT PP akan segera memobilisasi dan mempersiapkan lokasi pekerjaan di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

"Groundbreaking di lokasi smelter akan dilakukan pada Mei 2019. Ditargetkan pembangunan infrastruktur smelter ini selesai pada akhir 2021," kata Derian. 

PT PP akan bekerja di lokasi rencana pabrik yang telah disiapkan oleh PT CNI dengan luasan total 400 hektare. 

Ditambahkan Derian, pembangunan ini juga merupakan bagian dari komitmen rencana pengembangan fasilitas pengolahan bijih nikel PT CNI yang mengadopsi teknologi rotary kiln electric furnace (RKEF). 

Total kapasitas pabrik smelter yang direncanakan sebesar 4x72 mega volt ampere (MVA) dengan umpan 5 juta ton bijih nikel dan akan menghasilkan 230 ribu ton ferronickel dengan kadar nickel antara 22 hingga 24 persen. 

Pembangunan smelter PT CNI akan dilakukan melalui tiga fase pembangunan, yakni fase pertam 1x72MVA,  fase kedua 1x72 MVA, dan fase ketiga 2x72MVA. Total investasi direncanakan sebesar USD705 juta di luar pembangunan fasilitas pelabuhan serta infrastruktur pendukung lainnya.

Untuk penyediaan teknologi Smelter, kata Derian, PT CNI telah menunjuk ENFI China, salah satu perusahaan BUMN penyedia jasa engineering terbesar milik Pemerintah China. 

Perusahaan ini punya pengalaman lebih dari 60 tahun di bidang pengolahan dan pemurnian non-ferrous metal, terutama nikel. ENFI China akan menyelesaikan porsi engineering (E) dan procurement (P), sementara PT PP akan menyelesaikan porsi konstruksi (C).

Smelter RKEF, kata Derian, direncanakan akan menggunakan tipe rectangular furnace yang dilengkapi dengan copper cooling system. Penggunaan sistem ini akan memberikan kapasitas pengolahan yang lebih besar dari RKEF circular pada umumnya. Sebaliknya, interval maintenance akan lebih panjang dan memberikan biaya operasional yang lebih kompetitif.  

Kebutuhan listrik proyek ini akan dipasok dari jaringan listrik PLN dengan total kapasitas 350 MVA. PT CNI dan PLN telah menandatangi Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL). 

Saat ini, PT CNI merupakan pelanggan premium/platinum yang diberikan keutamaan dan jaminan pasokan listrik. "PLN juga telah menyiapkan dukungan tenaga listrik bagi PT CNI untuk kebutuhan selama masa konstruksi," katanya.

Senior Vice President, Head of EPC Division PT PP, Nurlistyo, menyambut baik kepercayaan yang diberikan PT CNI. 

"Kami sangat mengapresiasi langkah PT CNI dalam mewujudkan komitmennya dalam membangun smelter. Kami akan segera bekerja untuk memulai pembangunan konstruksi smelter di lokasi PT CNI," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (kanan) saat menerima penghargaan Frost & Sullivan Asia-Pacific Best Practices Awards 2019

Sabtu, 16 November 2019 - 07:13 WIB

TelkomGroup Borong Empat Penghargaan Internasional pada Frost & Sullivan 2019

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan tingkat internasional. Frost & Sullivan Asia-Pasifik menobatkan Telkom sebagai “2019 Indonesia IoT Services…

PT Waskita Karya Realty gelar ttopping off Tower Alder, Vasaka Nines

Sabtu, 16 November 2019 - 07:00 WIB

Hunian Eksklusif Karya Waskita, Apartemen Vasaka Nines di BSD

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) pada hari Jumat, 8 November 2019 melalui Anak Perusahaannya PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty) melakukan topping off Tower Alder Vasaka…

Direktur Human Capital Manajemen Telkom Indonesia Edi Witjara (kedua dari kiri) bersama Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) Miranda Goeltom (kedua dari kanan), Ketua Badan Pembina GABSI Michael Bambang Hartono (paling kiri), serta Ketua TelkomGroup Bridge Club Rakhmad Tunggal Afifuddin

Sabtu, 16 November 2019 - 06:58 WIB

TelkomGroup Gelar Turnamen Bridge Telkom Indonesia Open 2019

Jakarta – Direktur Human Capital Manajemen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara bersama Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) Miranda Goeltom…

Direksi Bank Bukopin memainkan angklung

Sabtu, 16 November 2019 - 06:52 WIB

Empat Kredit Ini Dibidik Bukopin Capai Rp3 Triliun

Bandung - Bank Bukopin Tbk mulai memanfaatkan kredit yang berisiko kredit macet seminim mungkin bahkan harapannya nol persen. Inovasi kredit tersebut adalah Flexy Bill, Flexy Gas, Flexy Health,…

Budi Hartanto.Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO

Sabtu, 16 November 2019 - 06:00 WIB

SUCOFINDO Raih Penghargaan Annual Report Award

PT SUCOFINDO (Persero), meraih penghargaan di ajang Annual Report Award 2018 untuk kategori BUMN Non Keuangan Non Listed Peringkat ke-3 yang diserahkan oleh Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga…