APP Sinar Mas Sosialisasikan Pengelolaan Lahan di IndoGreen Environment & Forestry Expo 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 05 April 2019 - 15:57 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY co.idMakassar – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas kembali berpartisipasi dalam IndoGreen Environment & Forestry Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Dalam penyelenggaraan ke-11 ini APP Sinar Mas mensosialisasikan keberhasilan pengelolaan lahan berkelanjutan melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dengan tujuan dapat memberi motivasi kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor kehutanan.

“Sejak 2015 lalu APP Sinar Mas melaksanakan program DMPA. Hingga Desember 2018 program ini telah berhasil memberikan dampak positif bagi 16.807 keluarga petani dari 284 desa yang tersebar di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat,” kata Direktur Social and Security APP Sinar Mas Agung Wiyono yang juga menjadi pembicara dalam IndoGreen Environment & Forestry Expo 2019, Kamis (4/4/2019).

Dalam melaksanakan program DMPA, APP Sinar Mas bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya Komunitas Gagego Organik (3G O). Komunitas 3G O merupakan sebuah komunitas yang berpengalaman dalam mengaplikasikan bahan organik di bidang pertanian, mulai dari pengelolaan lahan, pemakaian pupuk, hingga pestisida organik atau nabati.

Kerja sama DMPA dengan Komunitas 3G O dilaksanakan di Distrik Air Sugihan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Di wilayah tersebut, Komunitas 3G O membimbing para petani dari 6 desa di sekitar konsesi PT Bumi Andalas Permai, mitra pemasok APP Sinar Mas.

Program DMPA di Distrik Air Sugihan berhasil mengubah pola pikir dan cara petani mengelola lahan secara lebih berkelanjutan. Sebelumnya, para petani di Distrik Air Sugihan terbiasa membuka lahan dengan cara membakar, namun kini pembukaan lahan dilakukan dengan cara tebas manual. Jerami padi dan jagung yang sebelumnya digunakan untuk membakar lahan pun kini berolah fungsi sebagai bahan membuat pupuk kompos. 

Selain itu, program DMPA bersama Komunitas 3G O juga berhasil menurunkan penggunaan bahan kimia hingga 50% yang berdampak positif pada penurunan biaya produksi, peningkatan kualitas lahan, serta hasil panen jagung dan padi yang lebih berkualitas.

“Kami sangat senang program DMPA mendapat sambutan baik dari para petani di Distrik Air Sugihan dan kami berharap semakin banyak petani yang dapat mengikuti serta menikmati manfaat dari program DMPA,” ungkap Agung.

Program DMPA yang dilaksanakan oleh APP Sinar Mas sejalan dengan tujuan acara IndoGreen Environment & Forestry Expo 2019, yakni untuk meningkatkan kualitas dan kontribusi sektor kehutanan. Oleh sebab itu, APP Sinar Mas aktif berpartisipasi dalam acara tahunan tersebut sejak awal pelaksanaannya.

“Kami sadar peningkatan kualitas sektor kehutanan harus dimulai dengan membimbing petani terlebih dahulu. Hal ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun juga seluruh elemen masyarakat, termasuk perusahaan swasta seperti kami,” pungkas Agung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:29 WIB

Triwulan I, BSDE Telah Realisasikan 25% dari Target Marketing Sales

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), telah merealisasikan marketing sales Rp1,79 triliun atau 25% dari target tahun 2020 pada triwulan satu…