Pemerintah Kaji Penyaluran KUR untuk Pensiunan

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 05 April 2019 - 06:50 WIB

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Yuana Setyowati dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Terobosan Baru KUR", di Jakarta, Kamis (4/4/2019).
Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Yuana Setyowati dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Terobosan Baru KUR", di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah terus memperluas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kali ini, pemerintah tengah menyiapkan skema KUR untuk pensiunan pegawai pada masa persiapan pensiun (MPP), baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta yang memiliki usaha produktif.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, pemerintah saat ini tengah menyusun Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) yang menjadi payung hukum penyaluran KUR Pensiunan.

"KUR Pensiunan ini sudah diputuskan oleh Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM sejak Januari lalu, tapi skemanya sedang dalam proses harmonisasi, yaitu legal drafting untuk memastikan tidak ada aturan yang bertentangan, jadi butuh waktu," ujar Iskandar, Kamis (4/4/2019).

Jika tak ada aral melintang, beleid tersebut mestinya bisa kelar dalam bulan April ini dan mulai efektif disalurkan pada Mei mendatang. Skema KUR Pensiunan ini, kata Iskandar, untuk mengakomodasi besarnya potensi usaha mikro, kecil, dan menengah yang dibesut oleh para calon maupun pensiunan di Indonesia.

"Kami melihat ini animonya besar karena data PNS maupun pegawai swasta yang menjelang usia pensiunan pun banyak sekali. Makanya kami ciptakan KUR Pensiunan ini," lanjut Iskandar.

Adanya KUR Pensiunan diharapkan dapat turut mendongkrak penyaluran KUR sektor produksi yang ditarget pemerintah sebanyak 60% dari total penyaluran keseluruhan tahun ini yang sebesar Rp 140 triliun.

Meski tak menetapkan target khusus untuk penyaluran KUR jenis baru ini, Iskandar yakin KUR Pensiun bisa turut mendorong naik porsi penyaluran ke sektor produksi.

Selain itu, untuk mendorong penyaluran KUR sektor produksi, pemerintah juga akan mendorong penyaluran KUR Pariwisata yang ditujukan untuk pengembangan usaha pariwisata di 10 lokasi Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Sebab, sektor pariwisata merupakan penyumbang devisa kedua terbesar ke Indonesia setelah sektor kelapa sawit.

"Prinsipnya sama, lewat KUR Mikro atau KUR Kecil dengan suku bunga 7%. Kami tidak tetapkan target plafon untuk masing-masing KUR, pokoknya sesuai potensinya saja," pungkas Iskandar.

Adapun tahun lalu, pemerintah mematok target penyaluran KUR sektor produksi sebesar 50% dari target keseluruhan penyaluran Rp 123,8 triliun. Namun, capaiannya ternyata meleset dari target yaitu hanya 46,8%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Astra International Tbk (ASII)

Senin, 24 Februari 2020 - 07:23 WIB

Astra Auto Fest Raih Lebih dari 3.500 SPK

Antusiasme masyarakat terhadap beragam produk otomotif dan layanan keuangan terbaik dari Astra dalam acara Astra Auto Fest 2020 masih tinggi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 24 Februari 2020 - 06:00 WIB

Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Hadiri Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…