Japfa Comfeed Raup Laba Bersih Rp 2,25 Triliun di 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 03 April 2019 - 10:19 WIB

 PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) mencatatkan kinerja yang baik di tahun 2018. Dikutip dari laporan keuangan Japfa, laba bersih di tahun 2018 sebesar Rp 2,25 triliun. Angka ini naik sebesar Rp 1,16% dari tahun sebelumnya, Rp 1,04 triliun.

Selain laba bersih, penjualan bersih Japfa juga meningkat dari Rp 29,6 triliun, menjadi Rp Rp 34,01 triliun. EBITDA yang diperoleh Japfa sebesar Rp 4,5 miliar di tahun 2018.

Usaha divisi perunggasan masih berkontribusi paling besar terhadap Japfa, yakni sebesar 87%. Dari divisi perunggasan, pakan ternak menyumbangkan 43% dari total penjualan. Sementara, peternakan dan produk konsumen menyumbangkan 30%.

Meski paling kecil di antara lini usaha divisi perunggasan, usaha pembibitan ayam naik paling signifikan. “Pembibitan ayam naik dari 11% menjadi 13%,” jelas Head of Corporate Finance PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Putut Djagiri, dalam Paparan Publik PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Selasa (2/4/2019).

Meski tidak besar, divisi budidaya perairan dan divisi peternakan juga berkontribusi terhadap penjualan, yakni masing-masing sebesar 4% dan 6%.

Japfa berharap penjualan di tahun 2019 akan tumbuh di atas 10%. Mereka optimistis akan tercapai karena mereka melihat peluang yang masih besar ke depannya.

Langkah strategis dilakukan Japfa seperti efisiensi dari sejumlah inovasi baik dalam proses produksi, operasional internal maupun SDM.

Japfa juga tengah berupaya melakukan integrasi baik dari hulu ke hilir dari masing-masing divisi seperti perunggasan, budi daya perairan, peternakan sapi, serta perdagangan dan lain-lain. Integrasi tersebut didukung dengan pabrik dan laboratorium.

Adapun segmen produksi Japfa dimulai dari pakan ternak, pembibitan, budidaya, hingga pengolahan baik ikan, ayam, dan sapi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Direksi Mandiri Syariah bersama anak Yatim

Minggu, 26 Mei 2019 - 22:58 WIB

Mandiri Syariah Ajak 1000 Anak Yatim Belanja

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyelenggarakan program Sahabat Belanja Yatim dengan mengajak 1000 anak yatim berbelanja pakaian lebaran untuk menyambut Idul Fitri 1440…