Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 09:55 WIB

Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang
Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang

INDUSTRY.co.id - Serang - Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (Indah Kiat) - Serang Mill telah menanam dan merawat 110 ribu batang bakau (mangrove) di pesisir pantai Serang Utara, Banten, sejak tahun 2010. Hal ini merupakan dukungan Indah Kiat Serang dalam merestorasi area tersebut.

Tahun ini, Indah Kiat Serang menanam 10 ribu bibit bakau di lahan seluas satu hectare di Pulau Tinil, Desa Tengkurak, KecamatanTirtayasa, Serang, Banten. Pulau Tinil merupakan daratan baru yang terbentuk dari endapan Sungai Ciujung.

"Penanaman bakau diperlukan bagi Pulau Tinil untuk menjaga agar daratan pulau tidak tergerus oleh abrasi air laut," ungkap Head of Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Serang Dani Kusumah, Rabu (27/3/2019).

Dani menambahkan bahwa penanaman bakau di Pulau Tinil ini bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tengkurak.

"Pulau Tinil yang luasnya mencapai 180 hektare ini merupakan aset desa yang harus kami selamatkan. Oleh karena itu, kami bersama Indah Kiat Serang melakukan reboisasi agar pulau ini terus terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang," ungkap Ketua LPM Desa Tengkurak Fahrudin.

Program penanaman bakau di Pulau Tinil merupakan lokasi keenam sejak program ini diinisiasi oleh Indah Kiat Serang. Sebelumnya,penanaman telah dilakukan di Desa Lontar, Desa Pedalaman, Kampung Kali Nyapah Desa Domas, dan Desa Brambang dengan total bakau yang ditanam mencapai 110 ribu batang.

Dani menambahkan bahwa bakau yang telah ditaman secara bertahap sejak tahun 2010 perlahan-lahan menunjukkan hasilnya. Pulihnya ekosistem pantai ditandai dengan keberadaan biota laut yang sebelumnya tidak ditemui. Selain itu, keberadaan bakau telah mampu menahan abrasi air laut dan menyerap racun yang berasal dari aliran sungai menuju laut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.