Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 09:55 WIB

Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang
Indah Kiat Tanam 110 Ribu Bakau Dukung Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang

INDUSTRY.co.id - Serang - Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (Indah Kiat) - Serang Mill telah menanam dan merawat 110 ribu batang bakau (mangrove) di pesisir pantai Serang Utara, Banten, sejak tahun 2010. Hal ini merupakan dukungan Indah Kiat Serang dalam merestorasi area tersebut.

Tahun ini, Indah Kiat Serang menanam 10 ribu bibit bakau di lahan seluas satu hectare di Pulau Tinil, Desa Tengkurak, KecamatanTirtayasa, Serang, Banten. Pulau Tinil merupakan daratan baru yang terbentuk dari endapan Sungai Ciujung.

"Penanaman bakau diperlukan bagi Pulau Tinil untuk menjaga agar daratan pulau tidak tergerus oleh abrasi air laut," ungkap Head of Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Serang Dani Kusumah, Rabu (27/3/2019).

Dani menambahkan bahwa penanaman bakau di Pulau Tinil ini bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tengkurak.

"Pulau Tinil yang luasnya mencapai 180 hektare ini merupakan aset desa yang harus kami selamatkan. Oleh karena itu, kami bersama Indah Kiat Serang melakukan reboisasi agar pulau ini terus terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang," ungkap Ketua LPM Desa Tengkurak Fahrudin.

Program penanaman bakau di Pulau Tinil merupakan lokasi keenam sejak program ini diinisiasi oleh Indah Kiat Serang. Sebelumnya,penanaman telah dilakukan di Desa Lontar, Desa Pedalaman, Kampung Kali Nyapah Desa Domas, dan Desa Brambang dengan total bakau yang ditanam mencapai 110 ribu batang.

Dani menambahkan bahwa bakau yang telah ditaman secara bertahap sejak tahun 2010 perlahan-lahan menunjukkan hasilnya. Pulihnya ekosistem pantai ditandai dengan keberadaan biota laut yang sebelumnya tidak ditemui. Selain itu, keberadaan bakau telah mampu menahan abrasi air laut dan menyerap racun yang berasal dari aliran sungai menuju laut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Joko Intarto

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:10 WIB

Ketika Si Miskin Jadi Tersangka

Juru bicara tim penanggulangan Covid-19 Achmad Jurianto bikin blunder. Lewat pernyataannya, Achmad Jurianto menyebut orang miskinlah biang kerok penyebaran virus mematikan itu.

Cashlez gandeng artajasa dan sopheepay

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:00 WIB

Caslez Tingkatkan Transaksi Non Tunai Cegah Penularan Virus Corona

PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal…

Corona Virus (Ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:50 WIB

Wali Kota Bekasi Benarkan Seorang Kepala Dinas Positif Corona

Wabah virus Corona (COVID-19) telah menjamah hingga ke lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Salah satu pejabat Pemkot Bekasi terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona.

Berbisnis Online Lebih Mudah dengan Beragam Aplikasi Baru di AppGallery

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:30 WIB

Berbisnis Online Lebih Mudah dengan Beragam Aplikasi Baru di AppGallery

Selalu terhubung dengan koneksi internet, kini sudah menjadi sebuah keharusan bagi Anda yang memiliki perangkat mobile. Baik itu smartphone, tablet, atau laptop. Bagi kita yang dituntut dapat…

Guru Besar IPB University, Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara

Minggu, 29 Maret 2020 - 08:15 WIB

Tangkal COVID-19, Guru Besar IPB: Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University…