Dongkrak Ekspor Produk UKM, Kadin Indonesia-Arab Saudi Jejaki Kerja Sama

Oleh : Ridwan | Rabu, 27 Maret 2019 - 14:45 WIB

Ketua Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Konfrensi Islam (KT3OKI) Kadin Indonesia Fachry Thaib (Foto: Ridwan)
Ketua Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Konfrensi Islam (KT3OKI) Kadin Indonesia Fachry Thaib (Foto: Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam (KT3OKI) Kadin Indonesia dan Saudi Chambers (Kadin Arab Saudi) jajaki peluang kerja sama UKM diantara kedua negara.

"Di sini kami saling mengenalkan masing-masing produk unggulan UKM yang berdaya saing, yang siap ekspor. Karena kapasitas perdagangan dan akses pasar UKM nasional perlu kita tingkatkan, tanpa terkecuali ke negara-negara Arab," ungkap Ketua KT3OKI Fachry Thaib di sela-sela temu bisnis UKM Indonesia-Arab Saudi di Plaza Timor, Jakarta (27/3/2019).

Menurutnya, negara-negara di dunia telah mengenal baik produk-produk minyak sawit Indonesia, padahal produk UKM nasional juga memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi komoditas ekspor.

"Produksi UKM kita berkualitas bagus dan murah. Produk kita unggul terutama di produk fashion, handycraft, alas kaki, furnitur juga kuliner," kata Fachry.

Selain itu, dia juga mengatakan Arab Saudi banyak mengimpor peralatan rumah tangga, farmasi, kertas, ban, produk kelapa sawit dan lainnya.

Dia mengatakan, ekspor kelapa sawit ke Arab Saudi tidak mengalami masalah seperti halnya ekspor ke Eropa. Lebih jauh dia menjelaskan bila Arab Saudi mencanangkan Vision 2030, dengan merubah dari negara minyak ke non minyak. Artinya, negara tersebut akan lebih terbuka dengan bentuk kerjasama komoditas lainnya.

"Pengusaha kita harus bersiap dengan adanya visi itu. Artinya peluang bisnis ke sana akan semakin besar. Jiwa kewirausahaan UKM kita perlu dimatangkan lagi agar bisa memenangkan pasar," tegas Fachry.

Menurutnya, kapasitas UKM nasional perlu ditingkatkan didukung dengan strategi pemasaran yang optimal mulai dari layanan informasi pasar, sarana dan prasarana hingga pendampingan konsultasi pasar, serta pemanfaatan e-commerce yang bisa diakses secara global. Sedikitnya telah ada lebih dari 1800 jenis produk UKM yang sudah dipasarkan melalui online.

Acara temu usaha Bussiness to Bussiness (B2B) itu difokuskan pada 6 (enam) sektor, yakni ritel/makanan dan minuman, produk konsumsi/furnitur, teknologi informasi, plastik/kimia, energi dan perhotelan.

Ada sembilan UKM Arab Saudi yang terlibat, diantaranya Amal Al Kheir, Siafa Dates, AlDress, Near Motion, Sure, Aqwas, Taazur, Smart Home Solutions, Barari Hotels and Resorts.

Sementara dari Indonesia mencapai 18 badan usaha, antara lain Cipta Graha Group, Mamaberry Chips Gourmet, Tampung Rejeki Bersama, Diana Furniture, Tradecorp Indonesia, Fajar Mas Murni, Aladin Teknologi Solusi, IMLCI, I Tutor, Orbit Cipta Solusi, Prima Mas Agung, Gaya Sukses Mandiri Kaseindo, Reksa Madani, Indrillco Group, Linggajati, Sofyan Hotel, Jas Hotel and Resort, dan Tedco Group.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…