Pindad Luncurkan Eksavator Terbaru Kelas 5 Ton

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Maret 2019 - 14:23 WIB

Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad Persero, Heru Puryanto
Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad Persero, Heru Puryanto

INDUSTRY.co.id, Tangerang- PT Pindad Persero memperkenalkan secara resmi eskavator varian terbarunya yakni Pindad Excava 50, Mini Excavator kelas 50 ton pada pameran IndoBuildtech Expo di ICE BSD City Kamis, (21/3/2019).

"Kami menargetkan produksi Excava mencapai 300 unit per tahun, dengqn harga jual Rp 600 juta," kata Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heru Puryanto. 

Pindad Excava 50 tergolong Mini Excavator, yaitu jenis alat berat yang fungsinya untuk menyelesaikan beragam pekerjaan ringan seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, dan pekerjaan ringan lainnya yang berkaitan dengan konstruksi. Selain itu, Excava ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perkebunan dan kehutanan. 

Dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan Ekskavator 20 ton, Pindad Excava 50 memiliki keunggulan kemudahan mobilisasi, ringan dan mudah dioperasikan. Excava ini memiliki bobot 5 Ton, power 35 kW/2.300 rpm, max. torque 16S Nm/1.650 rpm, traveling speed 3,5 km/h, swing speed 11 rpm dan kapasitas bahan bakar sebanyak 75 liter. 

Kapasitas produksi Excava 50 yakni 1 unit/hari. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% saat memasuki tahap produksi massal. Excava ini mempunyai basic desain yang serupa dengan Excava 200 kelas 20 ton, tetapi dengan dimensi yang disesuaikan dengan kapasitas yang lebih kecil. Komponen diproduksi didalam negeri sama dengan Excava 200 yang telah beroperasi di berbagai daerah di Indonesia. 

Kehadiran Mini Excavator ini melengkapi Varian lainnya yang sudah dihasilkan oleh Pindad yakni Excava 200, Excava Breaker dan Excava Amphibious. 

Harga jual Pindad Excava 50 sangat kompetitif dibandingkan dengan produk lain. Ke depan, kebutuhan Mini Excavator semakin meningkat untuk memenuhi permintaan berbagai industry, kebutuhan pembangunan infrastruktur yang saat ini gencar dilakukan, perkebunan serta kehutanan. 

PT Pindad (Persero): 

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang akar sejarahnya telah berdiri sejak masa kolonial Belanda itu, aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi, senjata dan kendaraan tempur ke pasar global. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki Direktorat yang menghasilkan mesin industri dan alat berat seperti ekskavator, pengait rel kereta api, motor traksi, generator, traktor hingga crane kapal laut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…