Menteri BUMN Rini Hadiri Pasar Rakyat dan Padat Karya Tunai

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Maret 2019 - 14:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Menteri Rini juga mengunjungi pasar rakyat bertajuk BUMN Berbagi yang digelar PT Pertamina (Persero) dalam rangka memperingati HUT ke-21 Kementerian BUMN.

Pada pasar rakyat tersebut, Pertamina menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, dll serta BBM jenis Pertamina Dex dan Dexlite yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau. Selasa (9/3/2019).

Untuk pangan murah itu, PT Pertamina (Persero) menyiapkan 1.000 paket. Selain menjual bahan pokok dan solar non subsidi, Pertamina juga menampilkan produk unggulan dari  sejumlah Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan mitra binaan perusahaan khususnya yang berada di wilayah Marketing Operation Region I.

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pertamina, RNI dan PTPN III menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerjasama penyediaan bahan baku crude palm oil (CPO), Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO) dan Bio Ethanol dalam rangka pengembangan energi baru dan terbarukan.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo dan Direktur Utama PTPN III Dolly P Pulungan di Pekanbaru dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno di Riau pada Selasa (9/3/2019).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat terutama dalam memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari.

Tak hanya Pertamina, PT Hutama Karya (Persero) turut memeriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN dengan melakukan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) berkolaborasi dengan anak perusahaannya yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan PT Hakaaston (HKA).

Program yang melibatkan 500 warga tersebut dipusatkan di dua lokasi yaitu di Kelurahan Bukit Raya, Pekanbaru dan Kelurahan Nanas, Kabupaten Dumai. Selain itu, sebanyak 40 millennials dari HKI dan HKA juga turut dilibatkan dalam kegiatan PKT ini. Untuk kegiatan Padat Karya Tunai di Pekanbaru, bersih-bersih dan perbaikan jalan dilakukan.

Kegiatan Padat Karya Tunai ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa serta memanfaatkan sumber daya, tenaga kerja dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya di Provinsi Riau.

 Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo menjelaskan pihaknya mendapatkan kesempatan dari Kementerian BUMN untuk melibatkan warga dalam pemberdayaan ekonomi rakyat kecil. "Hari ini ada sekitar lima ratus warga kami libatkan, baik di Pekanbaru maupun Dumai, untuk membersihkan dan melakukan pengecoran serta perbaikan jalan di kampung mereka sendiri," terangnya.

Lebih lanjut Bintang menjelaskan, khusus di Dumai jalan yang diperbaiki tidak hanya terbatas pada jalan kampung saja namun sampai ke akses SMPN 5 dan SMAN 3. “Dalam melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai ini, kami juga melibatkan anak perusahaan dan divisi di Hutama Karya. Seperti penyediaan alat-alat, selain dibantu oleh warga kita juga dibantu dari Divisi Pengembangan Bisnis Jalan Tol, PT HK Infrastruktur melalui Proyek Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 5, 6A, dan 6B, serta PT Hakaaston,” ujar Bintang menambahkan.

Kelas Kreatif Pelindo I

Masih dalam rangkaian HUT ke-21 Kementerian BUMN, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif Pelindo I yang diadakan di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau. Kelas kreatif ini melibatkan 1.000 peserta.

Kegiatan ini bertujuan sebagai program meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian sejumlah kegiatan “Kerja Nyata BUMN” termasuk di bidang sosial dan edukasi yang menarik sepanjang Maret - April 2019. Pelaksanaan kelas kreatif ini didahului dengan Seminar Motivasi yang diikuti oleh 1.000 pesera serta menghadirkan motivator nasional yang inspiratif, James Gwee Thian Hoe.

Kemudian dirangkai dengan pelaksanaan Kelas Kreatif BUMN yang dibagi menjadi empat kelas, yakni kelas digital marketing sebanyak 81 orang, kelas kuliner 81 orang, kelas make up 81 orang, dan kelas barista 80 orang.

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini sempat memperkenalkan para direktur utama perusahaan BUMN yang hadir dalam kunjungan kerja ke Riau.

Dijelaskan oleh Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi sekolah kejuruan, mahasiswa, para pelaku UMKM dan masyarakat umum. “Kami berharap selain mendapatkan suntikan motivasi, peserta juga dapat menyerap tambahan ilmu dari para pembicara yang ahli di bidangnya secara gratis,” kata Bambang Eka Cahyan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Waga di Bivak Papua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Warga di Bivak Papua

Tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keutuhan NKRI, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada…

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…