Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele
Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

INDUSTRY.co.id - Tangerang – Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan budidaya ikan lele.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (18/3/2019) menyebutkan, Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara sukses memanen 1.000 kilogram ikan lele dalam sekali panen.

"Sebelum menerima bantuan dari Indah Kiat Tangerang, panen kami kurang maksimal, bibit lele seringkali hilang karena waring (jaring) yang kami punya tidak bagus. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Indah Kiat Tangerang, hasil panen lebih maksimal, kualitas meningkat hampir 60%," ungkap Pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya.

"Untuk saat ini, sudah ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan," lanjut Usa.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Tangerang. Program ini telah berjalan sejak Desember 2018 lalu.

“Di Pokdakan ini, perusahaan memberikan bantuan 24 ribu bibit lele sangkuriang, pangan, waring (jaring), serta bambu. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian." kata Head of Sustainabilty Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin.

Sebelumnya, Indah Kiat Tangerang juga telah melakukan pengembangan budidaya ikan lele di Kelurahan Pakulonan (Kampung Marga Jaya), Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan sejak Mei 2016. Kini terdapat lima kelompok, empat kelompok pembesaran, serta satu kelompok pembibitan di Kampung Marga Jaya dengan kemampuan panen ikan lele sejumlah satu ton per tiga bulan.

Indah Kiat Tangerang juga telah berhasil membina pokdakan di Kelurahan Pakualam sejak April 2015, hingga kini memiliki kemampuan panen ikan lele sejumlah 500 kg per tiga bulan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Senin, 06 Juli 2020 - 08:48 WIB

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Dalam kerjasama ini, KPBI melakukan pembelian atas Resi Gudang dari komoditas rumput laut yang dimiliki oleh PT Asia Sejahtera Mina Tbk, dengan ketentuan akan dilakukan pembelian kembali dalam…

Ilustrasi Walikota Surabaya Risma dan Gubernur Jatim Khofifah (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:30 WIB

Gawat! Penambahan Pasien Positif 1.607 Orang per Hari, Yurianto: Jatim Tertinggi Cetak 552 Kasus Baru

Mata rantai penularan virus SARS-CoV-2 belum berhenti. Hingga saat ini menurut hasil konfirmasi data gugus tugas nasional ada penambahan kasus positif COVID-19 berjumlah 1.607 orang sehingga…

Presiden Jokowi (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:11 WIB

Tolong Catat! Jokowi: Tatanan Hidup Baru Ini Bukan untuk Mengekang, Tapi untuk Kesehatan Kita Bersama

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Senin, 06 Juli 2020 - 08:10 WIB

Hadapi New Normal, Satgas Yonif 125/Simbisa Himbau Warga Tetap Waspada dan Patuhi Protokol Kesehatan

Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, Satgas Yonif 125/Simbisa tetap berupaya memberikan edukasi dan himbauan kepada warga agar tetap waspada dan…

DKI Jakarta (Ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 07:50 WIB

Hasil Survei: Mayoritas Warga DKI Jakarta 'Pede' Tak Akan Tertular Virus Corona

Pakar sosiolog bencana Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir mengatakan, hasil survei yang dilakukan NTU bersama organisasi Lawan Covid-19 menunjukan mayoritas warga…