Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele
Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

INDUSTRY.co.id - Tangerang – Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan budidaya ikan lele.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (18/3/2019) menyebutkan, Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara sukses memanen 1.000 kilogram ikan lele dalam sekali panen.

"Sebelum menerima bantuan dari Indah Kiat Tangerang, panen kami kurang maksimal, bibit lele seringkali hilang karena waring (jaring) yang kami punya tidak bagus. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Indah Kiat Tangerang, hasil panen lebih maksimal, kualitas meningkat hampir 60%," ungkap Pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya.

"Untuk saat ini, sudah ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan," lanjut Usa.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Tangerang. Program ini telah berjalan sejak Desember 2018 lalu.

“Di Pokdakan ini, perusahaan memberikan bantuan 24 ribu bibit lele sangkuriang, pangan, waring (jaring), serta bambu. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian." kata Head of Sustainabilty Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin.

Sebelumnya, Indah Kiat Tangerang juga telah melakukan pengembangan budidaya ikan lele di Kelurahan Pakulonan (Kampung Marga Jaya), Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan sejak Mei 2016. Kini terdapat lima kelompok, empat kelompok pembesaran, serta satu kelompok pembibitan di Kampung Marga Jaya dengan kemampuan panen ikan lele sejumlah satu ton per tiga bulan.

Indah Kiat Tangerang juga telah berhasil membina pokdakan di Kelurahan Pakualam sejak April 2015, hingga kini memiliki kemampuan panen ikan lele sejumlah 500 kg per tiga bulan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:13 WIB

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Bagi Anda pecinta seni musik, alat musik, pengetahuan penggunaan alat musik dan sound system ada baiknya untuk menghadiri pameran PRO AVL & Music Indonesia 2019 yang berlangsung pada hari ini…

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:04 WIB

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

– Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima tambahan khaSanah arsip statis tentang Presiden Soeharto yang diserahkan oleh pihak keluarga Presiden Soeharto. Arsip tersebut diserahkan…

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:45 WIB

42 Emiten Meraih CSA Awards 2019

Jakarta-Sebanyak 42 emiten di Bursa Efek Indonesia meraih CSA Awards, penghargaan emiten dengan kinerja terbaik hasil kerjasama antara Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dengan CSA Research.…

Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:42 WIB

Ramaikan Pasar Laptop Gaming, Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Dell Indonesia menghadirkan inovasi gaming untuk memenuhi pertumbuhan pasar gaming PC di Indonesia dengan menghadirkan laptop G-Series terbaru – Dell G7 15 (7590) yang dibanderol dengan harga…

Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:28 WIB

Ragam Industri Mainan Teknologi China Mejeng di JIExpo

Jakarta-Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.