Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele
Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

INDUSTRY.co.id - Tangerang – Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan budidaya ikan lele.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (18/3/2019) menyebutkan, Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara sukses memanen 1.000 kilogram ikan lele dalam sekali panen.

"Sebelum menerima bantuan dari Indah Kiat Tangerang, panen kami kurang maksimal, bibit lele seringkali hilang karena waring (jaring) yang kami punya tidak bagus. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Indah Kiat Tangerang, hasil panen lebih maksimal, kualitas meningkat hampir 60%," ungkap Pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya.

"Untuk saat ini, sudah ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan," lanjut Usa.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Tangerang. Program ini telah berjalan sejak Desember 2018 lalu.

“Di Pokdakan ini, perusahaan memberikan bantuan 24 ribu bibit lele sangkuriang, pangan, waring (jaring), serta bambu. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian." kata Head of Sustainabilty Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin.

Sebelumnya, Indah Kiat Tangerang juga telah melakukan pengembangan budidaya ikan lele di Kelurahan Pakulonan (Kampung Marga Jaya), Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan sejak Mei 2016. Kini terdapat lima kelompok, empat kelompok pembesaran, serta satu kelompok pembibitan di Kampung Marga Jaya dengan kemampuan panen ikan lele sejumlah satu ton per tiga bulan.

Indah Kiat Tangerang juga telah berhasil membina pokdakan di Kelurahan Pakualam sejak April 2015, hingga kini memiliki kemampuan panen ikan lele sejumlah 500 kg per tiga bulan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:32 WIB

Mendambakan Keadilan Sosial

Berdasar dukungan dari para sahabat seperti Prof. Frans Magnis Suseno, Prof. Mahfud MD, Prof. Salim Said, Dr. Yasonna Laoly, aktivis senior Haryono Kartohadiprojo S.H, pejuang kemanusiaan Ignatius…

Kota baru Maja

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:30 WIB

Bakal Disulap jadi Kota Baru, Presiden Jokowi Rela Kucurkan Rp100 Triliun untuk Maja

Dari 41 proyek besar yang direncanakan 2020-2024, Kabupaten Maja, Lebak, Banten masuk ke dalam RPJMN untuk dua proyek besar. Dalam daftar proyek prioritas strategis, Maja masuk ke proyek Be…

Mangga Arummanis

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:22 WIB

Lewat Market Place Digital Petani Muda Bali Omset Ekspor 100 Miliar

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menggenjot nilai ekspor pertanian. Salah satunya dengan mengembangkan market place berbasis aplikasi yang dikelola oleh para petani milenial.

Debit air di Kota Jababeka

Rabu, 26 Februari 2020 - 12:59 WIB

Cegah Banjir, Jababeka Siapkan Team Water Management Siap Tanggap 24 Jam Non-Stop

Adapun tindakan yang dilakukan oleh Jababeka sendiri yakni mengaktifkan sistem pompa air berkapasitas besar (dengan daya sampai dengan 1000 liter / detik ) selama 24 jam non-stop, memberikan…

Ilustrasi Pabrik Kaca Lembaran

Rabu, 26 Februari 2020 - 12:35 WIB

Dua Tahun Stagnan, Industri Kaca Lembaran dan Pengaman Tunggu Keajaiban

Industri kaca lembaran dan pengaman dalam negeri terus mengalami penurunan. Terlebih dalam dua tahun belakangan, pertumbuhan industri ini jalan ditempat (stagnan).