Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele
Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

INDUSTRY.co.id - Tangerang – Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan budidaya ikan lele.

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (18/3/2019) menyebutkan, Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara sukses memanen 1.000 kilogram ikan lele dalam sekali panen.

"Sebelum menerima bantuan dari Indah Kiat Tangerang, panen kami kurang maksimal, bibit lele seringkali hilang karena waring (jaring) yang kami punya tidak bagus. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Indah Kiat Tangerang, hasil panen lebih maksimal, kualitas meningkat hampir 60%," ungkap Pengurus Pokdakan Pakujaya Usa Wijaya.

"Untuk saat ini, sudah ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan," lanjut Usa.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indah Kiat Tangerang. Program ini telah berjalan sejak Desember 2018 lalu.

“Di Pokdakan ini, perusahaan memberikan bantuan 24 ribu bibit lele sangkuriang, pangan, waring (jaring), serta bambu. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian." kata Head of Sustainabilty Indah Kiat Tangerang Kholisul Fatikhin.

Sebelumnya, Indah Kiat Tangerang juga telah melakukan pengembangan budidaya ikan lele di Kelurahan Pakulonan (Kampung Marga Jaya), Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan sejak Mei 2016. Kini terdapat lima kelompok, empat kelompok pembesaran, serta satu kelompok pembibitan di Kampung Marga Jaya dengan kemampuan panen ikan lele sejumlah satu ton per tiga bulan.

Indah Kiat Tangerang juga telah berhasil membina pokdakan di Kelurahan Pakualam sejak April 2015, hingga kini memiliki kemampuan panen ikan lele sejumlah 500 kg per tiga bulan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Senin, 20 Mei 2019 - 15:21 WIB

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.

Arc by Crown Group

Senin, 20 Mei 2019 - 14:00 WIB

Crown Group Hadirkan Griya Tawang Berkonsep Manhattan Senilai Rp70 M di Sydney

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group kembali meluncurkan griya tawang megah bergaya Manhattan di proyek hunian vertikal terbarunya, Arc by Vrown Group di jantung kota Sydney.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT Central Data Technology (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 12:30 WIB

CDT Tawarkan Solusi Business Intelligence Bebas Klik Semudah Menggeser Kursor Komputer

Business Intelligence (BI) dan analitik menjadi salah satu teknologi penentu keberhasilan bisnis di era digital, namun kompleksitas penggunaan dan kecepatan solusi BI dalam menghasilkan insight…