Kementerian PUPR Segera Tangani Pembersihan Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 11:05 WIB

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura
Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

INDUSTRY.co.id - Jayapura – Setelah banjir bandang menerjang 9 Kelurahan di Kabupaten Jayapura dan sejumlah wilayah di Kota Jayapura pada Sabtu (16/3/2019), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut membantu proses evakuasi warga ke tempat yang lebih aman, serta melakukan mobilisasi alat untuk evakuasi korban yang tertimbun material dan pembersihan jalan sepanjang 2 Km yang tertutup lumpur agar dapat dilalui kembali. 

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 18 Jayapura, Ditjen Bina Marga membersihkan ruas Jalan Nasional Jayapura-Sentani-Kemiri sepanjang 2 Km yang tertutupi lumpur dan pohon tumbang dengan mengerahkan 3 unit excavator 2 unit loader. 

“Proses pembersihan Jalan Nasional dilakukan untuk memudahkan mobilitas kendaraan-kendaraan emergency untuk keluar masuk dari wilayah yang terdampak bencana, serta memperlancar aktivitas masyarakat setempat,” kata Kepala BBPJN 18 Jayapura Osman Marbun. 

Selain itu juga dilakukan mobilisasi 4 unit excavator, 4 wheel loader dan 10 dump truck dari lokasi pekerjaan jalan di Arso yang berada sekitar 70 Km dari Jayapura untuk mendukung penanganan dampak banjir bandang. 

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya akan melakukan distribusi prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi ke lokasi terdampak. 

Sebagai informasi, banjir bandang setinggi 3 – 3,5 meter menerjang 9 Kelurahan di Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura dan Sungai Siborgonyi, Sungai Kali Acai, Pasar Youtefa di Kelurahan Wayhoroch Kota Jayapura sekitar pukul 21.30 WIT. Akibat kejadian itu, hingga sore data sementara jumlah korban sebanyak 63 orang meninggal dunia dan ratusan orang mengalami luka-luka. 

Selain itu banjir bandang juga merusak sejumlah bangunan fasilitas umum, pertokoan, jembatan, jalan penghubung, lahan pertanian dan rumah warga di Kabupaten Jayapura, salah satunya Rumah Sakit Yowari Sentani dan satu jembatan di depan Hotel Tahara. 

Bencana banjir juga merusak permukiman warga dan fasilitas umum di Kota Jayapura. Salah satunya Perumahan CV Tomas, SMK Negeri 4, dan perkantoran otonom.

Saat ini proses penanganan bencana banjir masih terus dilakukan Kementerian PUPR bekerja sama dengan tim gabungan dari TNI, Polri, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, relawan dan warga setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…