104.000 Orang Pelamar Sudah Mendaftar di Kementerian BUMN

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 Maret 2019 - 07:00 WIB

Pertamina (Foto: Ist)
Pertamina (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam rangka merayakan HUT ke-21, Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama BUMN.  Program yang dibuka hingga 17 Maret 2019 ini menyediakan 11.000 posisi lowongan kerja BUMN di 110 perusahaan BUMN.

Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdy Rosadi menjelaskan program ini diluncurkan didasari pada program prioritas Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu  meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional sehingga Bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

"Arahan Presiden Jokowi bahwa infrastruktur yang sudah dibangun besar-besaran sudah cukup bagi Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara lain. Jadi tahun 2019 ini pemerintah lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Untuk itu kita membuka 11 ribu lowongan pekerjaan di 110 perusahaan BUMN,"  kata Herdy di Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

Program Perekrutan Bersama BUMN dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur).

Dalam perekrutan ini ada tiga jalur yang bisa diikuti. Ketiga jalur itu adalah jalur reguler, disabilitas, dan kawasan timur Indonesia.

Untuk rekruitmen reguler adalah program rekrutasi bagi putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1 s.d D4), dan Sarjana (S1 s.d S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga besar BUMN sebagai “agent of development” untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Sementara rekruitmen disabilitas adalah rekrutasi dengan resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Kemudian untuk rekruitmen KTI adalah rekrutasi dengan resource penduduk asli atau keturunan dari Kawasan Timur Indonesia, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.

Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

"Perekrutan ini juga sebagai wujud pemerataan pembanguman yang berkeadilan. Ada 4 tujuan dalam perekrutan ini yaitu BUMN Employer Branding, standarisasi, efisiensi, dan diversity atau keberagaman," bebernya.

Cara Mendaftar

Saat ini pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN  sudah dapat dilakukan melalui http://rekrutbersama.fhcibumn.com. Herdy menyebutkan, minat masyarakat terhadap Program Perekrutan Bersama BUMN cukup tinggi. Hingga saat ini, tercatat sudah ada 104.000 orang pelamar.

"Cara mendaftarnya gampang. Buka http://rekrutbersama.fhcibumn.com lalu ikuti saja langkah-langkahnya di situ. Isi hal-hal yang diminta di situ. Alamat, identitas. Nah begitu lengkap. Nanti di email akan diberi tahu kapan tesnya ," ungkap Herdy yang juga menjabat sebagai Direktur Human Capital Management  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Tak hanya pendaftaran yang dilakukan terpusat, lanjut dia, FHCI juga menggelar seleksi bersama yang dilakukan serentak untuk pelamar yg me daftar disaat yg sama dengan sistem online.

Berbeda dengan ASN yg testnya  datang ke satu lokasi, ini bisa dikerjai di rumahnya masing-masing, lewat online test di situ," jelas dia.

Herdy juga mengungkapkan kisi-kisi soal pada seleksi awal tersebut yaitu seputar BUMN values meliputi integritas, profesionalisme, wawasan kebangsaan, inovasi hingga sinergi BUMN.

"Nah itu dibuat dalam soal-soal. Kemudian ada tes kemampuan dasar. Mirip psikotes bagi yg telah lulus tes BUMN values tsb.  Setelah mereka lulus dua tahap tersebut baru dikabari kapan tes selanjutnya. Nah tes selanjutnya itu dikabari BUMN masing-masing," jelas dia.

Herdy berharap melalui rekrutmen ini BUMN bisa menjaring anak-anak muda yang inovatif, kreatif, profesional dan dapat menjadi agent of change.

"Kriteria umumnya itu mencari anak-anak yang berkarakter dan inovatif. BUMn ini kita coba deskripsikan secara nilai - nilai : berintegritas, berwawasan kebangsaan, inovatif dan profesionalisme, dia sinergi, kolaborasinya bagus. Nah anak-anak yang punya dimensi itu yang kita sasar," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.