Menko Luhut Resmikan Jembatan Gantung Situgunung, Terpanjang di Asia Tenggara

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 Maret 2019 - 20:36 WIB

Jembatan Gantung Setugunung
Jembatan Gantung Setugunung

INDUSTRY.co.id - Sukabumi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Jembatan Gantung di kawasan wisata alam Suspension Bridge, Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/3).

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan kekagumannya terhadap pemandangan di kawasan pariwisata yang juga merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Gede, Pangrango.

"Saya senang sekali bisa datang ke daerah Sukabumi ini khususnya di kawasan wisata alam Situgunung ini," ungkapnya.

Menurutnya, pariwisata saat ini memang menjadi salah satu industri yang sedang dikembangkan pemerintah. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen akan membangun infrastruktur termasuk juga di Sukabumi ini. Terutama untuk mendukung destinasi wisata di Situgung ini.

"Presiden Jokowi sangat perhatikan di Pulau Jawa bagian selatan ini, khususnya di Sukabumi ini karena potensinya yang hebat tapi infrastrukturnya tidak memadai. Seperti Bapak Bupati tadi bilang bahwa trayek ke sukabumi ini lebih lama ketimbang ke Jeddah," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Menko Luhut, Presiden Jokowi menargetkan jalan ke Sukabumi akan rampung pada 2021 mendatang. Kemudian akan diteruskan ke Pelabuhan Ratu sehingga Pelabuhan Ratu akan terbuka juga.

"Jadi infrastruktur ini akan dibutuhkan. Nah jalan Sukabumi ke Cianjur itu juga bisa bagus sehingga puncak itu tidak sepadat sekarang. Nanti bisa melewati jalan tol. Tidak melalui puncak lagi tapi melalui Jonggol," terang Menko Luhut.

Lebih lanjut, Menko Maritim juga mendorong pembangunan Bandara yang ada di Sukabumi. Menurut Luhut, dengan adanya bandara tersebut bisa menjadi moda transportasi alternatif untuk para wisatawan berkunjung ke Sukabumi, terutama di kawasan wisata alam Situgunung ini.

"Koordinasi seperti ini tidak lagi langsung ke Presiden. Sudah jalan baru kita lapor ke presiden. Karena proses pengambilan keputusan di kabinet sekarang jauh lebih singkat daripada waktu-waktu sebelumnya," ujarnya.

Sebagai informasi, Jembatan Gantung Situgunung merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jemabatan tersebut mencapai 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter dari atas permukaan tanah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…