de Braga by ARTOTEL Menyelenggarakan Pameran Karya Kertas dan Seni Cetak Grafis

Oleh : Nina | Sabtu, 09 Maret 2019 - 13:28 WIB

de Braga
de Braga

INDUSTRY.co.id - de Braga by ARTOTEL sebagai hotel pertama dalam kategori Curated Collections yang dioperasikan oleh ARTOTEL Group selalu berkomitmen menyelenggarakan pameran seni. Setelah sukses pada tiga pameran seni sebelumnya, kali ini de Braga by ARTOTEL menyelanggarakan pameran karya kertas dan seni cetak grafis berjudul “Printmaking & Paper”, bekerja sama dengan enam seniman yang tergabung dalam International Printmaking & Paper Artshow (IPPAS), antara lain Aditya Diatmika, Dharyagita Rizal, Hardiman Adiwinata, Putra Wali Aco, Sigit Purnomo Adi dan Zusfa Roihan. Pameran seni "Printmaking & Paper" diadakan pada 9 Maret hingga 31 Maret 2019 di ARTSPACE, lantai 2 de Braga by ARTOTEL.

Seni cetak grafis dan printmaking, menjadi koleksi utama pameran kali ini, bekerja sama dengan International Printmaking & Paper Art Show (IPPAS), menampilkan karya dari beberapa seniman kontemporer Indonesia. Penambahan karya di atas kertas untuk disandingkan dengan printmaking adalah untuk menampilkan keragaman karya seni, mengingat perkembangan seni kertas masih perlu terus dipopulerkan keberadaannya, serta untuk merespon perkembangan teknologi dan budaya kekinian yang serba temporal (digital), sehingga karya-karya seni grafis dan kertas bisa lebih akrab dengan kaum milenial.

Pameran ini ingin menghadirkan kesempatan sekaligus memberi platform untuk memperlihatkan karya cetak dan karya di atas kertas yang saat ini masih undervalue untuk disejajarkan dengan karya bermedium lain seperti kanvas. 

Hal ini menjadi menarik dan kritis bagi budaya seni visual kita. Padahal karya-karya grafis dan kertas bisa dibilang dapat dilihat sebagai yang paling mendasar, spontan, dapat dikoleksi, dan memuaskan secara pribadi dari semua bentuk seni. Karya-karya seperti ini sarat dengan proses yang memerlukan kecermatan serta rasa untuk menentukan hasil akhir. Sejarah Seni grafis pertama kali muncul di Indonesia pada era 1950an yang diaplikasikan pada poster perjuangan dengan tehnik woodcut/cukil kayu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…