Kiat Sukses Indra Sjafri Membawa Timnas U-22 Juara Piala AFF 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 01 Maret 2019 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Padang- Pengamat sepak bola Sumatera Barat Yosrizal mengatakan tangan dingin pelatih Indra Sjafri berperan penting membawa timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara di ajang Piala AFF yang digelar di Kamboja.

“Keberhasilan tim ini tentu tidak lepas dari pelatih yang berhasil menentukan pemain yang memperkuat timnas dan meracik strategi tim dalam turnamen ini,” kata dia di Padang, Kamis (28/2/2019)

Menurut dia Indra merupakan seorang pelatih yang tegas dalam menentukan pemain yang dipilihnya, ia tidak memperdulikan ocehan pihak lain yang mengatakan ada pemain muda berstatus bintang yang tidak dibawanya bergabung dengan timnas.

“Indra memiliki karakter, kalau pemain itu memang pantas membela timnas maka dia akan memberikan kesempatan tanpa memandang status namun lebih pada kompetensi dan kemampuan pemain itu,” katanya.

Selain itu pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris AFP Sumbar ini menilai Indra Sjafri berhasil membawa permainan timnas seperti tim eropa dan hal ini yang belum mampu dilakukan pelatih sebelumnya yakni Luis Milla.

“Di tangan Luis Milla, gaya bermain timnas tidak memiliki cita rasa Spanyol namun tetap dengan pola permainan Indonesia yang mengandalkan pemain lincah dengan kecepatan di dua sisi sayap lalu memberikan umpan lambung ke depan gawang. Ini gaya yang cukup monoton dan di tangan Indra secara perlahan permainan mereka berubah,” katanya seperti dilansirAntara.

Ia mengapresiasi prestasi yang diukir Timnas U-22 dalam Piala AFF 2019 di Kamboja. Menurut dia hal ini membuktikan sepak bola Indonesia masih ada dan bisa berbuat banyak. Di tengah persoalan dugaan pengaturan skor dan PSSI yang tidak memiliki ketua umum, mereka mampu memberikan secercah harapan.

Namun seluruh pemain dan jajaran harus konsisten menjaga kondisi untuk menghadapi iven selanjutnya yakni Sea Games yang akan digelar akhir tahun nanti. Ia memandang tim yang dihadapi Indonesia di final AFF yakni Thailand, namun tim itu bukanlah mereka yang sesungguhnya karena target mereka adalah emas Asean Games.

Dirinya yakin dengan tangan dingin Indra Sjafri tim ini akan berkembang karena mereka memiliki pelatih yang memiliki ilmu yang lengkap dan terkenal rajin membaca buku tentang kepelatihan.

“Indra selalu berprinsip dengan banyak memegang bola maka kesempatan untuk menang akan lebih besar dan itu dipraktikkan dalam permainan timnya. Saya yakin jika mereka konsisten dan tidak ada tekanan baik seecara politik maupun yang lainnya tim ini akan mampu menorehkan prestasi,” katanya.

Sjafri juga mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Dalam Inpres yang diterbitkan pada 25 Januari lalu itu, Jokowi menginstruksikan 12 kementerian, Kapolri, dan seluruh Gubernur dan Bupat atau Walikota untuk mengambil langkah peningkatan prestasi sepakbola. Baik di level nasional ataupun internasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karya Citra Nusantara (KCN) ikut serta dalam Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Selasa, 17 September 2019 - 16:05 WIB

KCN Dukung Program Gerakan Bersih Laut dan Pantai Milik Pemerintah

Karya Citra Nusantara (KCN) kembali menunjukan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat.

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.