Kiat Sukses Indra Sjafri Membawa Timnas U-22 Juara Piala AFF 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 01 Maret 2019 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Padang- Pengamat sepak bola Sumatera Barat Yosrizal mengatakan tangan dingin pelatih Indra Sjafri berperan penting membawa timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara di ajang Piala AFF yang digelar di Kamboja.

“Keberhasilan tim ini tentu tidak lepas dari pelatih yang berhasil menentukan pemain yang memperkuat timnas dan meracik strategi tim dalam turnamen ini,” kata dia di Padang, Kamis (28/2/2019)

Menurut dia Indra merupakan seorang pelatih yang tegas dalam menentukan pemain yang dipilihnya, ia tidak memperdulikan ocehan pihak lain yang mengatakan ada pemain muda berstatus bintang yang tidak dibawanya bergabung dengan timnas.

“Indra memiliki karakter, kalau pemain itu memang pantas membela timnas maka dia akan memberikan kesempatan tanpa memandang status namun lebih pada kompetensi dan kemampuan pemain itu,” katanya.

Selain itu pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris AFP Sumbar ini menilai Indra Sjafri berhasil membawa permainan timnas seperti tim eropa dan hal ini yang belum mampu dilakukan pelatih sebelumnya yakni Luis Milla.

“Di tangan Luis Milla, gaya bermain timnas tidak memiliki cita rasa Spanyol namun tetap dengan pola permainan Indonesia yang mengandalkan pemain lincah dengan kecepatan di dua sisi sayap lalu memberikan umpan lambung ke depan gawang. Ini gaya yang cukup monoton dan di tangan Indra secara perlahan permainan mereka berubah,” katanya seperti dilansirAntara.

Ia mengapresiasi prestasi yang diukir Timnas U-22 dalam Piala AFF 2019 di Kamboja. Menurut dia hal ini membuktikan sepak bola Indonesia masih ada dan bisa berbuat banyak. Di tengah persoalan dugaan pengaturan skor dan PSSI yang tidak memiliki ketua umum, mereka mampu memberikan secercah harapan.

Namun seluruh pemain dan jajaran harus konsisten menjaga kondisi untuk menghadapi iven selanjutnya yakni Sea Games yang akan digelar akhir tahun nanti. Ia memandang tim yang dihadapi Indonesia di final AFF yakni Thailand, namun tim itu bukanlah mereka yang sesungguhnya karena target mereka adalah emas Asean Games.

Dirinya yakin dengan tangan dingin Indra Sjafri tim ini akan berkembang karena mereka memiliki pelatih yang memiliki ilmu yang lengkap dan terkenal rajin membaca buku tentang kepelatihan.

“Indra selalu berprinsip dengan banyak memegang bola maka kesempatan untuk menang akan lebih besar dan itu dipraktikkan dalam permainan timnya. Saya yakin jika mereka konsisten dan tidak ada tekanan baik seecara politik maupun yang lainnya tim ini akan mampu menorehkan prestasi,” katanya.

Sjafri juga mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Dalam Inpres yang diterbitkan pada 25 Januari lalu itu, Jokowi menginstruksikan 12 kementerian, Kapolri, dan seluruh Gubernur dan Bupat atau Walikota untuk mengambil langkah peningkatan prestasi sepakbola. Baik di level nasional ataupun internasional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Senin, 20 Mei 2019 - 15:21 WIB

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.

Arc by Crown Group

Senin, 20 Mei 2019 - 14:00 WIB

Crown Group Hadirkan Griya Tawang Berkonsep Manhattan Senilai Rp70 M di Sydney

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group kembali meluncurkan griya tawang megah bergaya Manhattan di proyek hunian vertikal terbarunya, Arc by Vrown Group di jantung kota Sydney.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT Central Data Technology (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 12:30 WIB

CDT Tawarkan Solusi Business Intelligence Bebas Klik Semudah Menggeser Kursor Komputer

Business Intelligence (BI) dan analitik menjadi salah satu teknologi penentu keberhasilan bisnis di era digital, namun kompleksitas penggunaan dan kecepatan solusi BI dalam menghasilkan insight…