TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)
Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

INDUSTRY.co.id - Palu- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), di Sulawesi Tengah, yang memperkejakan sekitar 30.000 tenaga kerja, dimana hampir 3.000-an orang adalah tenaga kerja asing.

"Panglima TNI, Kapolri dan Menaker sempat berdialog dengan para karyawan, tidak saja pekerja Indonesia tetapi juga pekerja asing," kata Koordinator Humas PT.IMIP Dedy Kurniawan yang dihubungi Antara di Morowali, Rabu (13/2/2019)

Selama sekitar lima jam berada di kawasan PT.IMIP, para pejabat tersebut juga meninjau aktivitas pabrik, dapur umum karyawan (central kitchen), lalu berdialog dengan jajaran manajemen PT.IMIP serta Komandan KRI Fatahilah yang sedang merapat di Dermaga PT.IMIP Morowali.

Kepada awak media di Bandara Morowali sebelum meninggalkan daerah itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengemukakan bahwa pihaknya akan menempatkan tiga matra TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang dalam waktu dekat akan naik status menjadi objek vital nasional (Obvitnas).

Panglima yang didampingi Menaker dan Kapolri mengatakan pertumbuhan yang terjadi di Morowali, khususnya perekonomian dan penduduk, akan semakin besar sehingga dibutuhkan aspek pertahanan dan keamanan yang semakin kuat untuk menunjang pertumbuhan itu.

"Saat ini yang eksis hanya Kodim 1311 Morowali. Cakupannya sangat sempit. Olehnya itu, kita segera akan menggelar kekuatan permanen, yaitu kita akan bentuk satu batalion di sini yakni Batalion 716 yang langsung di bawah Kodam XIII/Merdeka," katanya.

Secara geografis, kata Panglima, Kabupaten Morowali berbatasan langsung dengan lalu lintas perdagangan internasional. Atas dasar itu, kata Marsekal Hadi Tjahjanto, pihaknya akan menempatkan satu Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal).

"Saat ini, Lanal itu hanya ada di Palu. Di sini rencananya akan kita tempatkan Lanal dan bangun Dermaga untuk KRI. Baik kapal atas permukaan ataupun kapal bawah permukaan. Demikian juga dengan kekuatan marinir akan kita include-kan di Lanal yang rencana kita bangun di sini," urainya.

Untuk wilayah udaranya, saat ini Morowali masih di kontrol dari Gorontalo dimana cakupannya masih terkadang 'up and down' sehingga TNI juga akan membangun Detasemen Pertahanan Udara.
 
"Jadi itulah kepentingan TNI untuk mengamankan wilayah yang sudah dimasukkan sebagai objek vital nasional ini sehingga seluruh perjalanan perekonomian di wilayah Morowali yang nantinya akan menjadi besar, juga di-'backup' dengan konsep pertahanan negara dengan baik," kata Marsekal Hadi Tjahjanto. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…