Pegadian Gandeng 11 Perguruan Tinggi Tandatangani Perjanjian Program Magang Bersertifikat

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 Februari 2019 - 10:29 WIB

Program Magang Bersertifikat
Program Magang Bersertifikat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian (persero) melakukan Penandatanganan  perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang Bersertifikat bagi mahasiswa dari 11 Perguruan Tinggi di Indonesia yang merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara Perguruan tinggi dan Pegadaian.

"Para mahasiswa magang nantinya akan bekerja secara langsung dibawah bimbingan staf yang telah ditunjuk oleh Perusahaan dan menguasai keterampilan atau keahlian tertentu, serta dikoordinasikan melalui Forum Human Capital Indonesia," ungkap Direktur Sumber Daya Manusia dan Hukum Pegadaian, Edi Isdwiarto melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (12/2/2019).
 
Perguruan tinggi yang terlibat dalam program tersebut diantaranya Institut Sepuluh November (ITS), Universitas Gajah Mada (sekolah vokasi) Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Satya Negara Indonesia, Poltek Negeri Malang, Universitas LP3I Medan, Politeknik Pos Indonesia, Universitas Alma Ata, dan Universitas Darma Persada. 
 
Adapun jumlah peserta magang  untuk tahao awal 43 mahasiswa dari 11 Universitas yang mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat.
 
Edi menjelaskan kriteria peserta yang mengikuti program tersebut terdiri dari usia paling rendah 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan jurusan pendidikan yang diterima disesuaikan dengan bidang kerja yang tersedia di perusahaan. 
 
Pada program tersebut peserta akan dibimbing oleh seorang yang ahli pada bidangnya dengan memiliki kriteria seperti, memiliki kompetensi teknis dalam jabatan yang sesuai dengan program Pemagangan, memiliki kompetensi metodologi pelatihan, Ditunjuk melalui Surat Tugas (SK), dan memahami regulasi pemagangan.
 
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggalakkan  program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan 25 universitas terdiri dari universitas swasta dan universitas negeri. Ribuan mahasiswa akan magang pada posisi tertentu di 63 BUMN yang membutuhkan. Nantinya, Sebanyak 2.732 mahasiswa dari 25 universitas tersebut terdaftar pada tahap pertama program magang tersebut.
 
Beberapa BUMN yang melakukan program magang bersertifikat bagi mahasiswa antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum Bulog, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Perkebunan Nusantara III, DAMRI dan Krakatau Steel.
 
Sebelumnya Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, keterlibatan BUMN dalam Program Pendidikan Vokasi merupakan bentuk komitmen BUMN sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa.
 
Adanya keterlibatan BUMN merupakan sinergi saling menguntungkan dalam membangun SDM unggul yang lahir dari program ini akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…