Dukung Industri 4.0, Inspira Academy Akan Bangun Pabrik 3D Printer Pertamanya di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Februari 2019 - 11:13 WIB

3D Printer
3D Printer

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini pemerintah Indonesia sedang menggenjot arus industri baru yang dinamakan industri 4.0. Untuk mencapai hal tersebut, Menteri Perindustrian  Airlangga Hartarto mengungkapkan, ada lima teknologi utama yang menopang industri ini, yakni Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.  

Merespon gagasan besar pemerintah tersebut, Inspira Academy sebagai satu satunya lembaga edukasi terkemuka dan pertama di Indonesia yang memiliki konsentrasi pada bidang design dan cetak 3D (3D creation), robotik dan IoT, di tahun 2019 ini akan membangun pabrik 3D printer pertamanya di Indonesia.

Founder  Inspira Academy, Sugianto Kolim mengatakan, keunggulan 3D printer salah satunya adalah bisa memproduksi sebuah karya desain dalam bentuk 3 dimensi. Jika sementara ini kita mendesain sesuatu  barang atau produk, seperti mobil, Monas (Monumen nasional) atau bentuk lainnya, kita hanya bisa melakukan print  dalam bentuk kertas. Dengan 3D printer ini, seseorang bisa mencetak print hasil desainnya dalam  bentuk 3 dimensi dengan skala tertentu.

“Salah satu keunggulan teknologi 3D printer adalah mempermudah dan mempercepat proses produksi industri di segala bidang. Sayangnya, harga 3D printer masih sangat mahal, baik untuk konsumsi bisnis atau perorangan,” ungkap Sugianto melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (7/2/2019).

Untuk itu, pihaknya tergerak agar percepatan industri 4.0 segera terealisir di Indonesia dengan membangun pabrik 3D printer yang direncanakan akan dibangun di salah satu kawasan industri di Jakarta dan diperkirakan menelan investasi Rp. 100 milliar yang akan mulai di pertengahan tahun 2019 ini.

Diharapkan dengan pembangunan pabrik tersebut,  harga 3D printer akan lebih terjangkau. Sehingga Indonesia akan menjadi  kiblat  pertumbuhan industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.

“Namun, untuk mendukung Making Indonesia 4.0 tidak cukup dengan hanya peralatan saja tetapi bagaimana mengolah Sumber Daya Manusia, maka InspiraAcademy melalui program #100inovatorIndonesia mencari 100 inovator Indonesia untuk dibekali pendidikan desain dan cetak 3D secara gratis. Kedepannya ilmu cetak 3D ini akan diaplikasikan ke dunia robotik dan STEAM,” tegas Sugianto.

 

Lebihnya lagi Inspira Academy akan menseleksi inovator yang berkeinginan untuk mengembangkan hasil cetak 3D untuk riset, aplikasi yang dapat menbantu kehidupan sehari-hari dan pendidikan untuk mendapatkan 3D printer dengan harga sangat murah maupun gratis. Untuk pendaftaran #100inovatorIndonesia dapat dilihat di website resmi inspira melalui www.inspira.academy/100inovatorIndonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).