PB Percasi: Turnamen Catur "3 M" Adalah yang Terbesar di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Minggu, 27 Januari 2019 - 17:49 WIB

M Hatta Taliwang sponsor turnamen catur
M Hatta Taliwang sponsor turnamen catur

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengapresiasi digelarnya Turnamen Catur Master dan Non Master yang memperebutkan Piala 3 M yang digelar di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 26 Januari 2019. Piala 3 M yang dimaksud di sini adalah tiga politisi yang menjadi sponsor, yaitu dua politikus Senayan, yakni M. Misbakhun dan Maruarar Sirait, serta mantan anggota DPR RI M Hatta Taliwang.

Turnamen ini diikuti 862 peserta. Mereka dibagi ke dalam lima kategori, yakni kategori master diikuti 150 orang, dengan perincian satu Grand Master, 13 Master Internasional, 24 Fide Master, dan 82 Master Nasional. Sedangkan peserta Non Master sebanyak 560 orang.

Kategori lainnya dalam turnamen ini adalah pecatur kelompok usia (KU) 12 tahun sebanyak 70 dan KU 16 tahun sebanyak 46 orang. Turnamen ini juga diikuti wasit dari 20 provinsi, yakni sebanyak 24 orang. Sedangkan satu pemain yang cukup menyita perhatian berasal dari luar negeri, yakni dari Filipina dan Uzbekistan.

"Dengan peserta sampai 850 lebih, ini berarti menjadi turnamen dengan jumlah peserta terbesar di Indonesia," kata Hendry Jamal, Ketua Komisi Catur Sekolah PB Percasi saat menjadi Insprktur Pertandingan dalam turnamen tersebut.

Selain jumlah, Hendry juga mengapresiasi karena turnamen ini tidak hanya memfasilitasi satu kategori saja seperti selama ini. Turnamen kali ini melibatkan berbagai kategori dan elemen, mulai dari master, non master, hingga pecatur cilik.

"Saya sangat kagum, karena kedisiplinan pendaftaran yang tertib, luar biasa. Hanya 3 hari bisa menyertakan 850 orang. Ini juga luar biasa, karena turnamen ini makin berkembang, pesertanya bukan hanya non master dan master yang dimainkan, tapi juga regenerasi junior. Ini mencakup semua elemen," kata Hendry.

"Dan hebatnya lagi, baru kali ini turnamen dibagi ke berbagai kategori, selama ini banyak yang komplain, karena banyak tidak seimbang. Kalau ini kan bisa memilih sesuai kategorinya."

Menurutnya, ini bisa menjadi contoh bagi penyelenggaraan kompetisi catur lainnya ke depan.

"Dengan adanya kompetisi yang baik ini, di tempat lain, saya harapkan juga bukan hanya non master, tapi juga master. Sebab, dengan begitu, para pecatur kita akan lebih meningkatkan jam terbang, sehingga otak semakin terlatih," jelasnya.

Hendry juga mengungkapkan ahwa kompetisi catur di Tanah Air masih sangat minim. Sehingga belum banyak melahirkan pecatur-pecatur kelas dunia, seperti Rusia, India, dan Cina.

"Di sini sekolah catur sudah banyak, tapi kompetisinya yang sedikit. Padahal kompetisi ini catur ada jam terbang, itu sangat penting. Jam terbang sangat dibutuhkan, seperti lari kalau enggak kuat, otakx enggak terlatih," jelas Hendry, yang juga Ketua Harian Percasi DKI Jakarta ini.

Sementara itu, M Hatta Taliwang, salah satu penyelenggara mengaku cukup kaget dengan jumlah yang luar biasa ini. Apalagi kata dia, turnamen kali ini diikuti oleh para pecatur master internasional.

"Saya kira ini rekor, kita bisa mengumpulkan 150 master," kata Hatta di arena sela-sela pertandingan catur.

Hatta memaklumi dengan gairah yang sangat besar dari para pecatur di Tanah Air. Menurutnya, hal ini terjadi karena catur merupakan olahraga otak yang tidak memerlukan biaya mahal.

"Gairah masyarakat di sini terasa, peminat catur setiap tahun bertumbuh di seluruh Tanah Air, karena ini olahraga otak dan murah. Dengan makin meningkatnya peminat catur di seluruh Indonesia, kita berharap perhatian pemerintah di seluruh daerah untuk ikut setiap PON atau Porda," kata Hatta.

Oleh karenanya, Hatta berharap agar pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat meningkatkan anggaran untuk olahraga catur.

"Kita berharap pemerintah daerah dapat menaikkan anggarannya untuk catur. Juga pemerintah pusat, termasuk juga BUMN atau perusahaan-perusahaan swasta lebih banyak berpartisipasi mensponsori acara-acara yang semakin tahun semakin banyak ini, karena olahraga ini relatif murah. Bayangkan mereka dari luar daerah berlomba-lomba, padahal kalau mengejar hadiah, mereka belum tentu dapat. Ini artinya motivasi mereka semakin meningkat," jelasnya.

"Ya, target kegiatan ini ujungnya adalah peningkatan prestasi, bagaimana Indonesia bisa lebih baik di dalam pertandingan catur internasional."

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…