Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Beras (Foto/Rizki Meirino)
Beras (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi Borneo khususnya di wilayah Krayan.

Pelepasan Export dilakukan oleh Ka.BB Biogen mewakili Kementerian Pertanian. Juga acara yg dihadiri Wakil bupati nunukan, Dinas Pertanian Propinsi dan Kabupaten, Camat Krayen dan ketua adat besar Krayen serta BPTP Kaltim. Dilakukan pelepasan secara simbolis untuk ekapor je malaysia hari ini, namun setiap kali panen sekitar 10 ton beras adan secara periodik di export ke Malaysia dan Brunei. Peserta hadir pada pelepasan beras adan tersebut sekitar 300 orang.

Pagi, kamis tanggal 17 januari 2019 dilaksanakan Eksport beras Adan ke negara tujuan Malaysia.

Ka. Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian sangat mengapresiasi masyarakat Krayan, pemerintah kabupaten Nunukan serta pemerintah provinsi Kaltara, karena mampu melestarikan sumber daya genetik, sumber daya hayati dan juga memanfaatkannya untuk membangun ketahanan pangan bahkan sampai mengembangkannya untuk ekspor.

"Luas sawah diseluruh wilayah Krayan sendiri sebesar 3.466 hektar dan rarata2 produksi setiap panen sebanyak 14.000 ton GKP setara beras 8.568 ton. Harapannya kedepan wilayah perbatasan Krayen bisa menjadi lumbung pangan berorientasi export di Prov. Kaltara," katanya di Kaltara, Kamis (17/1/2019).

Peluncuran ekspor padi adan secara tradisional merupakan bentuk dukungan pemerintah khususnya didaerah terhadap aktivitas perdagangan lintas batas yang telah berlangsung selama ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stok beras

Senin, 23 Mei 2022 - 11:20 WIB

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

Pemerhati Pangan, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah dan arahan Presiden Joko Widodo.

Orang Utan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WIB

Program Konservasi Orangutan TPA Turunkan Potensi Konflik Antara Orangutan-Manusia Hingga 98,5%

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Sebagai negara yang dikaruniai alam subur dan memiliki keanekaragaman…

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Kementerian Kesehatan Arab Saudi membuka kembali kesempatan untuk perawat Indonesia untuk bisa bekerja di Arab Saudi. Tahun ini Binawan dipercaya kembali untuk menjadi mitra kerja MOH dalam…

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senin, 23 Mei 2022 - 10:41 WIB

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran…

Tarak Mehta, Presiden ABB Motion

Senin, 23 Mei 2022 - 10:30 WIB

ABB Global Survei Ungkap Upaya Percepatan Efisiensi Energi Oleh Industri Global

Industri global menunjukkan intensifikasi percepatan investasi efisiensi energi di lima tahun ke depan dalam rangka mewujudkan target Nol Emisi, menurut sebuat survei terbaru, The Energy Efficiency…