APP Sinar Mas Dukung Pemprov DKI Bebaskan Jakarta dari Praktik BAB Sembarangan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 Januari 2019 - 10:47 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dan sejumlah organisasi terus berupaya mempercepat pencapaian target Jakarta 100% bebas dari praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS) melalui program Simaskota.

Sebagai langkah awal, Pemprov DKI Jakarta akan mengaktifkan Forum Air dan Sanitasi sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan pengalaman antar pemangku kepentingan.

Dalam panel diskusi bertajuk Berkolaborasi Menuju Sanitasi Jakarta Sehat yang digelar di Jakarta, Rabu (16/1/2019) kemarin, Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan bahwa jumlah penduduk ibu kota yang tidak mempunyai tangki septik mencapai setidaknya 475 ribu jiwa, atau 117 ribu KK.

Hal tersebut turut berdampak pada tercemarnya sungai di Jakarta, sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai sumber air bersih. Selain itu, dari jamban yang ada, persentase jamban yang layak hanya mencapai 63,55%.

“Program Simaskota adalah upaya kami untuk meningkatkan akses sanitasi layak, dengan mengedepankan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, LSM, dan pihak swasta. Kami percaya kolaborasi multipihak adalah kunci untuk mewujudkan target Jakarta 100% bebas praktik BABS,” kata Oswar.

Program Simaskota juga menggandeng konsorsium SPEAK Indonesia, Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) serta Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII) sebagai pelaksana lapangan. Wilayah intervensi program ini mencakup Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan dan Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

“Meningkatkan akses sanitasi adalah salah satu program yang kami jalankan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di sekitar lokasi usaha kami. Kami antusias menyambut kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan seluruh mitra lainnya untuk memperluas dampak positif kegiatan CSR APP Sinar Mas di bidang sanitasi,” kata Sustainability and Stakeholder Engagement Manager APP Sinar Mas Sera Noviany.

Partisipasi APP Sinar Mas pada program tersebut juga menjadi bentuk dukungan perusahaan terhadap program Pemerintah Indonesia untuk mencapai 100% akses sanitasi layak dan akses aman air minum yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr Lukmanul Hakim

Sabtu, 04 April 2020 - 00:02 WIB

IHSG Ditutup naik 0,02 persen, Anak Buah Wapres: Kepercayaan Pasar Mulai Tumbuh Kembali Karena Kebijakan Penanganan Covid-19

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi & Keuangan, Dr. Lukmanul Hakim mengatakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang sedang fokus diatasi pemerintah, kabar baik muncul dari…

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).