Program Pengembangan Desa Semen Indonesia Rp7,25 Miliar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 02 Desember 2018 - 17:41 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Program pengembangan desa yang dijalankan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada tahun 2018 di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur mencapai Rp7,25 miliar.

"Program pemberdayaan ini merupakan hasil masukan dari masyarakat. Pada tahap awal, masing-masing desa dan kecamatan menyusun proposal program melalui musyawarah dan Focus Group Discussion (FGD), kemudian kami bina sampai pelaksanaan," kata Pjs Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono dalam keterangan persnya di Surabaya, Kamis (29/11/2018)

Ia mengatakan, total di Kabupaten Tuban, Semen Indonesia telah melakukan program pengembangan masyarakat untuk 26 desa dan 3 kecamatan, dan totalnya Rp7,25 miliar. Sementara itu, pengajuan proposal dilakukan oleh perwakilan perusahaan, desa, kecamatan dan kabupaten yang kemudian diverifikasi final untuk menentukan program yang akan direalisasikan.

"Pemilihan program diprioritaskan pada proposal yang bersifat pemberdayaan masyarakat, dimana hal ini selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Tuban, yaitu pengentasan kemiskinan," katanya.

Ia mengatakan, selama tahun 2018 perusahaan menerima ajuan sebanyak 204 proposal, namun yang memenuhi verifikasi hanya sebanyak 190 proposal, yang terdiri dari 114 kategori pemberdayaan masyarakat dan 76 kategori pembangunan sarana dan prasarana.

"Perusahaan melakukan pendampingan sejak penyusunan proposal sampai dengan saat pelaksanaan program. Hal ini dilakukan dengan harapan agar implementasi program di masing-masing desa dapat sesuai dengan rencana yang sudah disepakati hasil musyawarah dan FGD," katanya.

Untuk tahun 2019, Sigit berharap, usulan program agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran, serta dapat mendukung program pemerintah daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…