Program Pengembangan Desa Semen Indonesia Rp7,25 Miliar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 02 Desember 2018 - 17:41 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Program pengembangan desa yang dijalankan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada tahun 2018 di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur mencapai Rp7,25 miliar.

"Program pemberdayaan ini merupakan hasil masukan dari masyarakat. Pada tahap awal, masing-masing desa dan kecamatan menyusun proposal program melalui musyawarah dan Focus Group Discussion (FGD), kemudian kami bina sampai pelaksanaan," kata Pjs Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono dalam keterangan persnya di Surabaya, Kamis (29/11/2018)

Ia mengatakan, total di Kabupaten Tuban, Semen Indonesia telah melakukan program pengembangan masyarakat untuk 26 desa dan 3 kecamatan, dan totalnya Rp7,25 miliar. Sementara itu, pengajuan proposal dilakukan oleh perwakilan perusahaan, desa, kecamatan dan kabupaten yang kemudian diverifikasi final untuk menentukan program yang akan direalisasikan.

"Pemilihan program diprioritaskan pada proposal yang bersifat pemberdayaan masyarakat, dimana hal ini selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Tuban, yaitu pengentasan kemiskinan," katanya.

Ia mengatakan, selama tahun 2018 perusahaan menerima ajuan sebanyak 204 proposal, namun yang memenuhi verifikasi hanya sebanyak 190 proposal, yang terdiri dari 114 kategori pemberdayaan masyarakat dan 76 kategori pembangunan sarana dan prasarana.

"Perusahaan melakukan pendampingan sejak penyusunan proposal sampai dengan saat pelaksanaan program. Hal ini dilakukan dengan harapan agar implementasi program di masing-masing desa dapat sesuai dengan rencana yang sudah disepakati hasil musyawarah dan FGD," katanya.

Untuk tahun 2019, Sigit berharap, usulan program agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran, serta dapat mendukung program pemerintah daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Alodokter

Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:18 WIB

Platform Kesehatan Alodokter Raih Pendanaan Seri C Sebesar US$ 33 Juta

Investor yang sudah ada seperti Softbank Ventures Asia dan Golden Gate Ventures juga masih turut berpartisipasi dalam pendanaan seri ini.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:00 WIB

SBY dan Megawati akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama para Wakil Ketua MPR RI mengunjungi Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, di kediamannya di Cikeas, Bogor. Kehadiran Pimpinan MPR RI untuk mengantarkan…

Galaxy Watch Active2

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:43 WIB

Samsung Perkenalkan Produk Smartwatch Seri Terbaru, Galaxy Watch Active2

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan seri terbaru pada rangkaian produk smartwatch unggulannya, Galaxy Watch Active2 yang dilengkapi dengan fitur-fitur baru untuk mendukung penggunanya…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:00 WIB

BCA Raih Penghargaan Best Financial Sector

PT Bank Central Asia tbk (BCA) senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan melalui penerapan good corporate governance (GCG), yang salah satunya diukur dengan keterbukaan informasi dan transparansi…

Beri Kenyaman Untuk Usia Senior, Confidence Luncurkan Confidence Day & Night

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:51 WIB

Beri Kenyaman Untuk Usia Senior, Confidence Luncurkan Confidence Day & Night

Jakarta – Berangkat dari kesadaran akan adanya perbedaan kebutuhan usia senior di Siang dan Malam hari berbeda-beda, kini Confidence meluncurkan produk baru nya, yaitu Popok Dewasa tipe perekat…