Tol Serang-Panimbang Dinilai Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 November 2018 - 17:00 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id - Lebak- Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang tengah dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dinilai berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lebak, kata Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Yosep Muhammad Holis.
 

"Mobilitas akses lalu lintas akan lancar untuk memasarkan produk komoditas pertanian, perkebunan dan aneka kerajinan dan barang ke luar daerah," ujar Josep di Lebak, Kamis (22/11/2018)

Pembangunan jalan tol, kata dia, tentu akan melahirkan kawasan industri, jasa, perdagangan, pariwisata dan kawasan perumahan.
 

Selain itu juga Kabupaten Lebak akan lepas dari daerah tertinggal.

"Kami yakin perekonomian masyarakat akan menggeliat dengan adanya jalan tol itu," ujarnya

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang melintasi empat kecamatan di Kabupaten Lebak yakni Cibadak, Cikulur, Cileles dan Banjarsari. Pemkab Lebak mendukung pembangunan jalan tol karena ini merupakan pembangunan strategis nasional.

Dukungan Pemkab Lebak itu, di antaranya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sejauh ini  pembebasan lahan berjalan lancar dan tidak ada penolakan dari masyarakat.

Selain itu juga melakukan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), karena pembangunan jalan tol tersebut tentu harus ada perubahan RTRW.

"Kami berharap pembangunan jalan tol berjalan lancar," katanya.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak, Ady Muchtadi mengatakan selama ini pembebasan jalan tol berjalan lancar dan tidak ada penolakan masyarakat.

BPN melalui tim apraisal sudah selesai melakukan pengukuran, validasi data, dan penilaian harga.

Pembebasan lahan yang sudah dilakukan ganti rugi pada masyarakat sekitar 25 persen  atau 690 bidang dari 2.722 bidang.

"Kami minta masyarakat mendukung pembangunan jalan tol itu," ujarnya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Manfaatkan ‘Patent Mapping’, Kemenperin Cari Peluang Inovasi Pendukung Kendaraan Listrik

Kalangan peneliti maupun pengambil kebijakan yang terlibat dalam melakukan kegiatan inovasi perlu memiliki pemahaman mengenai paten. Hal tersebut beralasan, karena paten terkait dengan hak cipta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 18:00 WIB

Konser Jakarta Melayu Festival Berlangsung Meriah

Jakarta Melayu Festival (JMF) ke-9 yang digelar di Ancol Sabtu malam (17/8/2019) dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Gubernur, juga hadir dua tamu istimewa dari Kerajaan Malaysia.

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 17:25 WIB

Kadin Minta Pemerintah Serius Kembangkan Industri Kimia Berbasis Metanol

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk terus mengembangkan industri kimia berbasisi metanol. Pasalnya, kebutuhan metanol untuk industri di Tanah Air terus meningkat…

Presiden Jokowi-JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Ketua DPR

Senin, 19 Agustus 2019 - 17:00 WIB

Presiden Jokowi-JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Ketua DPR

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersyukur akad nikah puteranya, Yudhistira Raditya Pujono Soesatyo dengan Nadira Isnindiati Kuringa Kusumabrata, yang berlangsung di Lobby Kudus, Hotel…

Data Center Telkom Sigma-(foto Dok TelkomSigma)

Senin, 19 Agustus 2019 - 16:02 WIB

Perlindungan Data Pribadi Mutlak Diperlukan

Jakarta-Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus terkait dengan kedaulatan data. Apalagi di zaman era digital saat ini. Hal tersebut disampaikannya dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR RI…