Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Dalam keterangan yang diterima, Senin (19/11/2018), inovasi di bidang pembiayaan ini dinyatakan Jokowi pada hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018.

Pernyataan itu disampaikan Presiden saat menghadiri Leaders Retreat dan Working Lunch dalam rangkaian KTT APEC 2018 yang dihelat di APEC Haus, Port Moresby, Papua Nugini, Minggu (18/11).

Hal tersebut juga disampaikan Presiden dan mulai dibahas pada saat Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali.

"Blended finance" merupakan salah satu inovasi yang perlu mendapat dukungan, katanya.

Dalam forum tersebut, Presiden juga menuturkan bahwa saat ini dunia sudah masuk pada era digital di mana "e-commerce" dan sosial media ada di mana-mana.

Oleh karena itu Presiden mengatakan terjadi pergeseran besar dari konsumsi barang menjadi konsumsi pengalaman.

Konsumen di seluruh dunia jadi mengincar pengalaman petualangan dan hiburan Saat ini pertumbuhan pariwisata dunia, sekitar tujuh persen atau dua kali lipat dari laju ekonomi dunia yang hanya sekitar 3,5 persen.

Bloomberg menghitung bahwa dalam 15- 25 tahun ke depan, 1 dari 4 lapangan kerja baru datangnya dari sektor pariwisata.

Selain ekonomi digital dan ekonomi maritim,  Presiden mengusulkan isu pariwisata dan "lifestyle" dapat masuk agenda APEC pasca-Bogor.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan) didampingi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan siswa berprestasi

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB

Telkom Berikan Bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional bagi Sekolah di Wilayah 3T

Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan 54 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek…

Agoda Mix and Save (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:00 WIB

Agoda “Mix and Save” Membantu Wisatawan Menemukan Penawaran Akomodasi yang Lebih Baik

Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, hari ini meluncurkan fitur "Mix and Save"bagi para pelancong dengan budget terbatas. Fitur ini memungkinkan…

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:36 WIB

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) bekerjasama dengan Tawaf TV DMI Adakan Pelatihan Video Jurnalistik Dasar di Centennial Tower, Sebagai bentuk pengkayaan keilmuan dan kemampuan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:19 WIB

Bank BRI Garap Bisnis DPLK

Jakarta - Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua saat usia tidak produktif lagi. Bank BRI sebagai salah satu lembaga keuangan…

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:30 WIB

Jimny, Mobil Legendaris dengan Segudang Cerita

Selama lebih dari 40 tahun berkiprah di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berhasil meluncurkan produk yang melekat di hati masyarakat, salah satunya adalah Jimny.