Gubernur Tegaskan Mundurnya Chappy Hakim Tidak Pengaruhi Tuntutan Warga

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Februari 2017 - 13:57 WIB

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)
Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan mundurnya Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI) Chappy Hakim belum lama ini tidak akan mempengaruhi tuntutan warga setempat mengenai pembangunan smelter di Bumi Cenderawasih.

"Saya juga baru dengar dari media, kalau dia mundur, yang jelas tidak mempengaruhi tuntutan kami," katanya di Jayapura, Senin (20/2/2017).

Menurut Lukas, pihaknya menilai sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2009, yang mengatur tentang pertambangan dan mineral serta batubara, memberikan ruang bagi pihaknya untuk terlibat dalam pembahasan kontrak.

"Kami juga mengingatkan tentang hasil putusan pengadilan pajak Jakarta yang meminta PTFI membayar Pajak Air Permukaan (PAP) sebesar Rp3,5 trilliun," ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan pihaknya juga sempat ditanyai apakah Pemprov Papua menggugat, tetapi sebenarnya PTFI yang menggugat di pengadilan pajak, karena temuan BPK ada piutang PAP, dan telah berperkara hampir dua tahun.

"PTFI gunakan banyak pengacara dalam dan luar negeri, tetapi pada 17 Januari lalu kami menang gugatan dan tidak ada keringanan lagi, sehingga PTFI harus membayarnya," katanya lagi.

Dia menuturkan pihaknya tetap mengharapkan PTFI untuk membangun smelter di Provinsi Papua.

"Kondisi PTFI yang terjadi belakangan ini, tidak membuat kami berubah sikap di mana secara konsisten sejak 2015, konsep dan pikiran orang Papua belum terjawab yakni pembangunan smelter," ujarnya lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.