Dukung Penyediaan Sanitasi dan Air Bersih Berbasis Masyarakat, APP Sinarmas Mas Luncurkan Bank Sampah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:15 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seiring dengan 80 tahun berdirinya Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas baru-baru ini memperkenalkan program bank sampah berbasis masyarakat di Desa Mlirip Rowo, Sidoarjo, Jawa Timur. 

Program tersebut menegaskan kembali komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang diusung Pemerintah Indonesia.

“Sejak awal berdirinya, APP Sinar Mas sebagai salah satu pilar usaha Sinar Mas berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Inilah mengapa kami terpanggil untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami dalam mengatasi tantangan mendasar terkait keterbatasan sanitasi dan air bersih,” papar Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (30/10/2018).

Sejalan dengan pendekatan PAMSIMAS, program bank sampah di Mlirip Rowo, Sidoarjo melibatkan pengurus dan pemilah sampah yang berasal dari masyarakat desa. Mulai beroperasi sejak Agustus 2018, inisiatif yang juga bagian dari program CSR perusahaan ini menjadi wujud kehadiran APP Sinar Mas, melalui salah satu pabriknya Tjiwi Kimia, yang senantiasa tumbuh bersama komunitas di dalam dan sekitar wilayah operasinya. 

“Melalui program bank sampah, masyarakat sekitar kini dapat mengelola sampah di lingkungannya dengan baik, untuk kemudian dijual. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat pun meningkat,” lanjut Elim. 

Selain Tjiwi Kimia, pabrik APP Sinar Mas lainnya, yakni PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry di Jambi, pun turut tumbuh bersama masyarakat di sekitar wilayah operasinya lewat penyediaan air bersih. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.