Dukung Penyediaan Sanitasi dan Air Bersih Berbasis Masyarakat, APP Sinarmas Mas Luncurkan Bank Sampah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:15 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seiring dengan 80 tahun berdirinya Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas baru-baru ini memperkenalkan program bank sampah berbasis masyarakat di Desa Mlirip Rowo, Sidoarjo, Jawa Timur. 

Program tersebut menegaskan kembali komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang diusung Pemerintah Indonesia.

“Sejak awal berdirinya, APP Sinar Mas sebagai salah satu pilar usaha Sinar Mas berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Inilah mengapa kami terpanggil untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami dalam mengatasi tantangan mendasar terkait keterbatasan sanitasi dan air bersih,” papar Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (30/10/2018).

Sejalan dengan pendekatan PAMSIMAS, program bank sampah di Mlirip Rowo, Sidoarjo melibatkan pengurus dan pemilah sampah yang berasal dari masyarakat desa. Mulai beroperasi sejak Agustus 2018, inisiatif yang juga bagian dari program CSR perusahaan ini menjadi wujud kehadiran APP Sinar Mas, melalui salah satu pabriknya Tjiwi Kimia, yang senantiasa tumbuh bersama komunitas di dalam dan sekitar wilayah operasinya. 

“Melalui program bank sampah, masyarakat sekitar kini dapat mengelola sampah di lingkungannya dengan baik, untuk kemudian dijual. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat pun meningkat,” lanjut Elim. 

Selain Tjiwi Kimia, pabrik APP Sinar Mas lainnya, yakni PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry di Jambi, pun turut tumbuh bersama masyarakat di sekitar wilayah operasinya lewat penyediaan air bersih. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.