IGCN, APP Sinar Mas, dan Martha Tilaar Dorong Pemberdayaan Perempuan Percepat Pencapaian SDGs

Oleh : Hariyanto | Minggu, 21 Oktober 2018 - 09:03 WIB

IGCN, APP Sinar Mas, dan Martha Tilaar Dorong Pemberdayaan Perempuan Percepat Pencapaian SDGs
IGCN, APP Sinar Mas, dan Martha Tilaar Dorong Pemberdayaan Perempuan Percepat Pencapaian SDGs

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesia Global Compact Network (IGCN) merangkul sektor swasta untuk memberdayakan perempuan di seluruh negeri untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) pada 2030.

Komitmen kerja sama ini diwujudkan melalui perjanjian multipihak antara Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dan Martha Tilaar Group (MTG) di UN Building, New York, 24 September 2018 lalu untuk melatih dan memberdayakan 1.000 perempuan yang tinggal di sekitar tepi hutan.

“Program Pemberdayaan Perempuan telah menjadi salah satu area fokus kami bersama dengan Bisnis dan Hak Asasi Manusia, Air, Hak Anak dalam Bisnis, antara lain. Kami berharap kemitraan ini dapat menginspirasi organisasi lain untuk bekerja bersama demi pencapaian SDG,” kata Y. W. Junardy, Presiden Global Compact Network Indonesia.

Plt. Deputi Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Ghafur Akbar Dharma Putra mengungkapkan rasa bangganya kepada kedua perwakilan pihak sektor swasta yang terlibat. “Semoga inisiatif yang terlahir dari kerja sama dengan APP Sinar Mas ini akan menginspirasi para pengusaha Indonesia dan generasi penerus lainnya untuk mengikuti jejak Ibu Martha Tilaar.” kata Ghafur.

Melalui kemitraan ini, para ibu dan kaum perempuan akan dilatih bagaimana mengidentifikasi dan memproses tanaman lokal yang berharga. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan kewirausahaan di masyarakat sebagai mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan bagi para ibu, kaum perempuan, dan keluarga mereka. Kemitraan ini menargetkan untuk menjangkau dan melatih 1.000 perempuan hingga tahun 2020.

“Melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang telah diimplementasikan selama 2 tahun terakhir, APP Sinar Mas percaya jika kebutuhkan ekonomi terpenuhi dan masyarakat mempunyai edukasi yang cukup, maka kelestarian hutan di sekitar dapat terlindungi,” ungkap Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba.

Inisiatif tersebut akan berlangsung di kawasan program DMPA, yang dibina APP Sinar Mas di bawah Kebijakan Konservasi Hutan (FCP) perusahaan. Dalam program ini, MTG akan membagikan keahliannya dalam hal identifikasi, pelestarian, dan pemanfaatan tanaman herbal melalui program Kampung Djamoe Organik (KaDO).

APP Sinar Mas dan MTG akan memulai pelatihan tersebut pada tahun 2019 dan berlanjut selama dua tahun ke depan. Adapun program pemberdayaan ini ditargetkan dapat mencakup sekitar 1.000 perempuan yang meliputi Kelompok Wanita Tani (KWT) di 5 wilayah provinsi di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

“Kami berharap kemitraan ini dapat berkontribusi terhadap pencapaian SDG oleh Indonesia di bidang Penghapusan Kemiskinan, Kesetaraan Gender, Pertumbuhan Ekonomi, dan Aksi Melawan Perubahan Iklim,” jelas Martha Tilaar.

”Ini merupakan peluang besar bagi MTG untuk memperluas program pemberdayaan dan untuk menjangkau komunitas dan lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak dapat kami akses. Kerja sama dengan APP Sinar Mas ini juga merupakan penyatuan yang harmonis dan alami karena program kami selaras dengan visi APP Sinar Mas untuk masyarakat tepi hutan yang memang sedang mencari mata pencaharian alternatif.” tambahnya.

Selain memberdayakan perempuan, Dr. (H.C) Martha Tilaar melalui MTG telah mengenalkan kekayaan alam dan herbal tradisional Indonesia ke pasar internasional melalui produk-produknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Jumat, 20 September 2019 - 16:00 WIB

Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Kredit Pintar, perusahaan financial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan…

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Jumat, 20 September 2019 - 15:40 WIB

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian di seluruh dunia. Badan kesehatan dunia (WHO) mendorong…

Bank BTN. (Foto: Istimewa)

Jumat, 20 September 2019 - 15:12 WIB

Relaksasi LTV Pacu Penyaluran KPR Non Subsidi BTN

Jakarta-Angin segar bagi sektor perbankan datang dari Bank Indonesia (BI) yang memangkas Suku Bunga Acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (DRRR) menjadi 5,25% atau turun sebesar 25 basis point

Kepala Biro Pariwisata dan Komunikasi Pemerintah Kota Taipe, Liu Yi-Ting (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 20 September 2019 - 15:10 WIB

Hadir di Kompas Travel Fair 2019, Undiscovered Taipe Promosikan Kota Ramah Muslim

Kota Taipe, Taiwan turut berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di Indonesia "Kompas Travel Fair 2019". Bertema Undiscovered Taipe, paviliun dibuka langsung oleh Duta Besar Kamar Dagang…

Jeka Saragih Hadapi Mhar John Manahan International Fight Kelas Ringan

Jumat, 20 September 2019 - 15:00 WIB

Jeka Saragih Hadapi Mhar John Manahan International Fight Kelas Ringan

One Pride Pro Never Quit, Promotor MMA terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200 laga per tahun serta menghadirkan 300 petarung yang berasal dari 50 klub yang tersebar di Indonesia, kembali…