KPK Kunjungi Geo Dipa Energi Dieng, Ada Apa?

Oleh : Irvan AF | Kamis, 16 Februari 2017 - 13:02 WIB

Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)
Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id, Purwokerto - Direktur Penelitian dan Pengembangan Komisi Pemberantasan Korupsi Wawan Wardiana melakukan kunjungan lapangan ke PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (15/2).

Siaran pers PT Geo Dipa Energi (Persero), Kamis (16/2/2017), menyebutkan kunjungan tersebut diikuti perwakilan Direktorat Panas Bumi, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, yakni Kepala Subdirektorat Pengawasan Eksplorasi dan Eksploitasi Panas Bumi Eddy Hindiarto.

Selain itu, Deputi Manager Pengelolaan Pembangkit Divisi Operasi Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Lambas Richard Pasaribu.

Saat menerima rombongan, Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Ibrahim menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut.

"Kami merasa sangat tersanjung atas kunjungan dari KPK, PLN dan EBTKE. Karena ini berarti kami sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Panas Bumi benar-benar diperhatikan oleh negara," katanya.

Ia mengatakan pihaknya siap untuk menerima aset-aset negara yang lain jika dipercaya.

Menurut dia, hal itu karena pihaknya merasa bertanggung jawab penuh akan program ketahanan energi untuk negara.

"Kami akan menjaga komitmen kami sebagai pengelola aset negara untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat," kata Riki.

Sementara itu, Direktur Litbang KPK Wawan Wardiana mengatakan KPK memiliki lima fungsi, yaitu pemantauan (monitoring), koordinasi, supervisi, penindakan, dan pencegahan.

"Kebetulan kami yang divisi litbang melakukan fungsi 'monitoring' segala sesuatu, baik itu administrasi ataupun proses bisnis segala sesuatu milik pemerintah. KPK pada dasarnya mendukung penuh Program Percepatan Listrik Pemerintah 35 Ribu Megawatt," katanya saat memberi arahan.

Ia mengatakan KPK mengawal Program Percepatan Listrik Pemerintah 35 Ribu Megawatt dan sekarang pihaknya menjadi tahu bahwa Geo Dipa mengambil bagian dari program tersebut.

"Berarti Geo Dipa juga menjadi salah satu aset negara yang akan kami kawal agar tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan kerugian negara," katanya.

Selain memberi arahan-arahan, pejabat KPK, EBTKE, dan PLN juga melakukan kunjungan lapangan ke Pad 30, Pad 31, dan Power Plant untuk melihat secara langsung aset negara berupa sumur dan pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Geo Dipa Unit Dieng ditetapkan sebagai salah satu objek vital nasional sejak tahun 2012.

Hal ini berarti Geo Dipa Unit Dieng memiliki sifat strategis, menyangkut hajat hidup orang banyak dan memberikan kontribusi kepada negara.

Oleh karena itu akan selalu dikawal oleh pihak-pihak penegak hukum mengenai keberlangsungan bisnis Geo Dipa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel

Senin, 29 April 2024 - 08:39 WIB

Setelah Sehat Jasindo Kantongi Laba Bersih Rp102,88 Miliar di 2023

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mengantongi laba bersih Rp102,88 miliar pada 2023, berbeda dengan tahun 2022, di mana laba bersih terdapat divestasi saham yang merupakan bagian…

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Senin, 29 April 2024 - 06:38 WIB

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali setelah berlibur, kita ingin kembali ke rutinitas sehari-hari dengan…

Groundbreaking Socia Garden (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB

Gelar Groundbreaking, Arrayan Group Bakal Serah Terima Unit Socia Garden Akhir Tahun 2024

Arrayan Group sebagai pengembang besar selalu serius dalam merealisasikan dan komitmen terhadap penyelesaian proyeknya. Bukti nyata ini ditandai dengan Groundbreaking tahap 1 di Cluster Tivoli…

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…