Paket "Jogja Heboh" Bakal Semarakan Pariwisata Yogyakarta

Oleh : Irvan AF | Rabu, 15 Februari 2017 - 06:30 WIB

Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)
Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggencarkan pemasaran paket Jogja Heboh melalui berbagai sarana untuk mendongkrak okupansi hotel.

"Pemasaran mulai kami gencarkan baik di berbagai pusat informasi pariwissta hingga maskapai penerbangan," kata ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Selasa (14/2/2017).

Sejak pertama diluncurkan pada akhir Januari 2017 hingga pertengahan Februari, dia mengakui belum banyak wisatawan yang tertarik membeli paket itu. "Sampai sekarang belum banyak dan masih perlu promosi," kata dia.

Menurut dia, paket wisata murah hasil kerja sama Dinas Pariwisata DIY, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY, serta sejumlah maskapai penerbangan itu akan menyasar wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Namun untuk tahap awal kami utamakan menyasar wisatawan domestik," kata dia.

Menurut Istijab, sejak awal Januari 2017 hingga saat ini rata-rata okupansi atau tingkat hunian kamar hotel baik berbintang atau nonbintang (melati) di DIY masih berkisar 30-40 persen. Persentase itu merosot tajam dari masa liburan Natal dan Tahun Baru lalu yang mampu menyentuh 100 persen.

Dengan paket itu, ia optimistis okupansi mampu naik mencapai 60-70 persen setelah paket itu diluncurkan.

Sebanyak 28 hotel yang bergabung dalam paket itu akan menawarkan diskon hingga 60 persen. Adapun biro perjalanan akan memberikan paket perjalanan murah.

Menurut dia, 28 hotel yang mengikuti paket murah itu antara lain Hotel The Cube, Hotel Pesona Malioboro, Gallery Prawirotaman, Grand Zuri, Hotel Abadai, Hotel Tentrem, Hotel Prima, Hotel Prayogo, Villa Kali Opak, Hotel Neo Awana.

Kemudian, Hotel Hom Platinum, Hotel Nueve, Hotel Cakra Kembang, Hotel Student, Hotel Cavinton, Hotel Rosalia, Ros In, De Laxton, Hotel Jojakarta Plaza, Hotel fave Kotabaru, Hotel 101, Hotel Quin Colombo, Hotel Ruba Graha, Hotel Zest, Hotel Horison, LPP Convention, LPP Garden, serta Atrium Resort Yogyakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…

Jenahara dan ibunya Ida Royani

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:45 WIB

Desainer Muda Indonesia, Jenahara Membuat Scarf Terinspirasi dari Ibu

Jakarta - Ibarat pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitulah perumpamaan yang tepat bagi Jenahara yang merupakan seorang perancang busana muda Indonesia.

INACA Ign N Askhara Danadiputra (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:28 WIB

Viral Video Ari Askhara Tak Akan Mundur dari Jabatan Dirut Garuda

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal Ari…

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:00 WIB

2,58 Wisman Malaysia Berlibur ke Indonesia

Sepanjang tahun 2019 turis kebangsaan Malaysia mendominasi jumlah kunjungan wisatawan asing yang melancong ke Indonesia dengan jumlah 2,58 juta atau 18,94 persen.