Menpar Resmi Buka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Menteri Pariwisata bersama sejumlah selebriti saat membuka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 (Foto: Kemenpar)
Menteri Pariwisata bersama sejumlah selebriti saat membuka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya resmi membuka Celebrity Culture Fest yang merupakan rangkaian Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 di Mall Kota Kasablanka Jakarta, (2/10/2018) malam.

Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menghadirkan berbagai Selebritas yang memiliki brand, seperti Jessica Iskandar, Nia Ramadani, Indra Bekti, Vina Panduwinata, Chintami Atmanegara, Delia, Kiki Amalia, Haikal Kamil, Tantri Namira, serta Nunu Datau.

Dalam sambutannya, Menpar menyampaikan, kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif, yaitu 42%, yang kedua Fashion 18% dan ketiga Kriya 15% yang masuk dalam kategori Belanja.

"Wisatawan mengeluarkan 30%-40% dari total pengeluaran mereka untuk Kuliner dan Belanja," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Menpar kembali menegaskan strategi pengembangan Wisata Kuliner yaitu, pertama, menetapkan National Foods yang sudah populer di media masa dunia (CNN Survey) yaitu: Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate dan dan Gado-Gado.

Kedua, menetapkan Destinasi Wisata Kuliner, yang sedang didorong untuk menjadi destinasi gastronomi standar UNWTO (Bali, Joglosemar dan Bandung). 

"Saya ingin tahun 2018 Bali sudah menjadi destinasi kuliner sesuai UNWTO, kemudian tahun 2019 Bandung dan Joglosemar bisa mengkopi Bali," ungkal Menpar. 

Selanjutnya, ketiga, melakukan Co Branding dengan Restoran Indonesia Diaspora di mancanegara.

Lebih lanjut, Menpar menyampaikan, wisata Belanja untuk wisatawan mancanegara (Wisman) juga masih ada pekerjaan rumah (PR) yaitu, Tax Refund atau Regulasi, Nilai Transaksi terlalu tinggi, dan Jumlah pemohon masih rendah.

"Besok tanggal 3 Oktober 2018 akan diadakan FGD oleh Kemenkeu tentang Peningkatan Pelayanan Pengembalian PPN Barang Bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri (VAT Refund). Semoga aturan tentang Tax Refund menjadi lebih simple!," tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Rabu, 01 April 2020 - 12:00 WIB

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Wabah pandemi virus Corona (Covid-19) telah mengubah kehidupan banyak negara, termasuk Indonesia. Pemerintah pun menyerukan pentingnya gotong royong dan bahu membahu dalam memerangi wabah ini.

Pgn (Istimewa)

Rabu, 01 April 2020 - 11:30 WIB

Selama Masa Pandemi Covid-19, PGN Jamin Pasokan Gas untuk Sektor Kelistrikan Aman

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memastikan bahwa pasokan gas bumi ke sektor kelistrikan akan tetap aman selama masa pandemi virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayah di Indonesia.

Vensia Tjhin sebagai Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com

Rabu, 01 April 2020 - 11:19 WIB

Bisa Nego dari Rumah Belanja di Bhinneka Store

Mendukung langkah pemerintah dalam memperlambat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dengan gerakan dirumahsaja, Bhinneka.Com meluncurkan inisiatif BisaNego yang berjalan di jaringan Bhinneka…

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)

Rabu, 01 April 2020 - 11:15 WIB

Ahli Kesehatan Dunia Berkumpul Lakukan Uji Klinis 4 Obat Covid-19: Redemsivir, Lopinavir/Ritonavir, Interferon dan Chloroquine

Sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki upaya pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian pada pasien Covid-19 di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah bergabung dalam Solidarity…

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Rabu, 01 April 2020 - 11:00 WIB

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Menyikapi situasi terkini terkait COVID-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Indonesia untuk menjalankanseluruh aktivitas dari rumah guna menghindari penyebaran…