Kembali Digelar, ASLI Expo dan Senior Festival Jadi Wadah Senior Terus Berkarya dan Salurkan Bakat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 29 September 2018 - 13:44 WIB

ASLI Expo & Senior Festival 2018 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
ASLI Expo & Senior Festival 2018 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) kembali menggelar ASLI Expo dan Senior Festival (AESF) yang bertempat di Senior Living D’Khayangan, Cikarang, Sabtu (29/9/2018). 

Gelaran ini merupakan rangkaian acara terakhir ASLI EXPO 2018 yang diselenggarakan oleh ASLI, sebelumnya dilaksanakan di Rukun Senior Living Bogor pada bulan April 2018, dan Bali pada 14-15 Juni 2018. 

AESF diharapkan menjadi wadah Senior untuk terus berkarya, menyalurkan bakat dan minat para Senior (lansia) Indonesia dalam menikmati mas usia emas (golden age). Hal ini tersirat dalam pesan yang diusung dalam gelaran AESF 2018 di Senior Living D’Khayangan, Jababeka Residence. 

Mengusung tema Pesta Rakyat, Senior festival kali ini dihadiri oleh komunitas Senior dari Jabodetabek Bandung diantaranya adalah komunitas Gereja Paroki Cikarang, Gereja Kristen Indonesia, Puskesmas Darmaga Bogor, Muhammadiyah Jakarta, Himawari Bintaro, dan komunitas sekitar Cikarang dengan jumlah peserta dan pengunjung mencapai sekitar 1.000 orang.

Pada AESF kali ini semakin meriah karena ditandai dengan hari jadi ASLI dan tentunya Hari Jadi salah satu Anggota ASLI yaitu Senior Living D’Khayangan yang sama-sama berusia empat tahun, kemeriahan acara ini ditandai oleh adanya simbolis pelepasan burung merpati, Tanam Buah dalam Pot (Tambulampot).

"Gelaran AESF kali ini lebih emosional karena bertepatan dengan hari jadi ASLI ke empat dan ulang tahun Senior Living D'Khayangan ke empat juga," kata Presiden Direktur Senior Living D'Khayangan, Marlin Marpaung.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Deputi Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki darmawan, Perwakilan dari Kedubes Jepang Jepang (Ando san), JETRO (Sasaki san), Manajemen Jababeka Group dan juga pimpinan dari masing masing anggota Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI).

Senior Festival ini merupakan suatu manifestasi kegiatan Senior Living di Indonesia sebagai salah tujuan hadirnya Senior Living sebagai pengembangan destinasi wisata hunian khusus Senior (lansia) bagi para wisatawan senior manca negara ke Indonesia.

“Secara substansi sejak AESF serial pada bulan Mei 2018 di Rukun Senior Living, memang sudah mulai meneguhkan Senior Tourism sebagai salah satu sasaran yang akan dikembangkan oleh Asosiasi Senior Living Indonesia selain hunian khusus Senior, Senior Club, Day Care serta pendidikan dan standardisasi Caregiver Indonesia. Senior Tourism akan terus dikbangkan oleh ASLI kedepannya,” ungkap Marlin.

Wisatawan Senior manca negara akan didampingi oleh Caregiver dan tenaga kesehatan lainnya selama berkunjung dan atau tinggal di Senior Living dan destinasi wisata umum lainnya di Indonesia. 

Paket wisata Senior ini tengah dikembangkan oleh Asosiasi untuk ditawarkan ke pasar Senior Jepang dan negara Asia Pasifik lainnya dengan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan dalam standardisasi kompetensi Caregiver dan Layanan Kesehatan (RS) yang berkualitas internasional di destinasi wisata Senior di maksud.

Yang tidak kalah seru adalah adanya ajang perlombaan Senior mulai dari Jingle Bunda Piara (ciri khas Confidence), Lomba gerak dan Lagu juga Fashion Show jenis baju adat yang menjadi ciri khas dari pagelaran AESF D’Khayangan kali ini. Selain itu ada juga bazaar aneka makanan, foodtruck dan beberapa produk lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.