Kemenpar Rangkul Generasi Milenial Promosikan Wisata Danau Toba Lewat Digital Marketing

Oleh : Ridwan | Minggu, 16 September 2018 - 09:10 WIB

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)
Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Kementerian Periwisata (Kemenpar) melalui Badan Otorita Danau Toba semakin gencar mempromosikan wisata Danau Toba, salah satunya dengan menggandeng kaum milenial untuk mendesain wisata Danau Vulkanik terbesar di dunia ini. 

Tidak bisa dipungkiri, kamu milenial punya andil besar dalam industri pariwisata di Indonesia. 

Berdasarkan data Alvara Research Center, generasi milenial adalah pilar industri pariwisata modern. Selain itu, kaum milenial adalah generasi yang sering melakukan perjalanan. Bahkan, 6 dari 10 generasi milenial lebih suka menghabiskan uang mereka pada pengalaman dari pada hal-hal material. 

Direktur Destinasi Badan Otorita Danau Toba Tata Syafaat Ridwanulla mengatakan, di era digital saat ini, kaum muda memiliki peran penting untuk mempromosikan daerah wisata khususnya Danau Toba. 

"Oleh karena itu, digital marketing itu sangat penting dalam mempromosikan wisata Danau Toba," katanya di sela-sela talkshow bertajuk 'Ayo ke Toba' di Surabaya, Jawa Timur (15/9/2018) malam.

Ditambahkan Tata, pihaknya tengah mempersiapakan sebuah aplikasi untuk mempromosikan Danau Toba. Selain itu, ada juga aplikasi 'Toba Smile' yang sudah bisa diunduh di app store dan play store. 

"Nantinya aplikasi tersebut bisa menjelaskan spot-spot mana saja di kawasan Danau Toba yang mempunyai daya tarik lebih bagi wisatawan," terangnya. 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, di kawasan Danau Toba banyak sekali tempat-tempat yang bisa dieksplor oleh kaum muda diantaranya, bukit indah si margarunjung, niagara hotel yang tengah membangun kembali atraksi-atraksi untuk kamu muda. 

Selain itu, dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir juga sudah bergerak dengan menyulap Danau Toba menjadi pantai yang dihiasi oleh pasir putih.

"Pantainya pun tidah kalah bagus dengan yang ada di daerah lain. Semua sudah kita tata dan benahi untuk dikelola menjadi water spot," ucapnya. 

Menurutnya, branding Danau Toba sudah cukup bagus sebagai danau vulkanik terbesar. Tidak hanya menjual danau-nya saja, tetapi kita juga menjual wisata budayanya.

"Oleh karena itu, kami terus meningkatkan aksebilitas bagi wisatawan menuju Danau Toba," imbuhnya. 

Seperti diketahui, Danau Toba menjadi salah satu 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru yang telah digagas oleh pemerintah sejak tahun 2016 lalu. 

Pembangunan 10 Bali Baru menjadi sebuah pencapaian besar dalam dunia pariwisata Indonesia setelah berhasilnya kawasan pariwisata Nusa Dua di Bali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PENUHI 11 HALL, TAHUN 2024 JADI PENYELENGGARAAN PAMERAN GIIAS TERBESAR

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:45 WIB

Dahsyat! Penuhi 11 Hall, Tahun 2024 Jadi Penyelenggaraan Pameran GIIAS Terbesar

Jakarta– The 31st GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan menjadi gelaran GIIAS terbesar, dan terlengkap, hadir satu bulan lebih awal dari tahun lalu, pada 18-28 Juli…

Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Jayabaya, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pembentukan Kembali Dewan Pertimbangan Agung

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:44 WIB

Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Jayabaya, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pembentukan Kembali Dewan Pertimbangan Agung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Borobudur, Universitas Trisakti, Universitas Pertahanan RI (UNHAN) dan Universitas Trisakti…

Gebrakan Strategi Trac Astra dan IBID Mengalami peningkatan Saat Lebaran 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:25 WIB

Top! Gebrakan Strategi Trac Astra dan IBID Mengalami peningkatan Saat Lebaran 2024

Jakarta-SERA Group menggelar acara gathering bersama para awak media nasional sekaligus Halal Bihalal yang bertajuk Meet Up With SERA Group pada Kamis(2/5), bertempat di Madja Resto, Bogor.

Tingkatkan Mutu Jalan Tol Hutama Karya Lakukan Pemeliharaan di Tol Akses Tanjung Priok

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:00 WIB

Tingkatkan Mutu Jalan Tol Hutama Karya Lakukan Pemeliharaan di Tol Akses Tanjung Priok

PT Hutama Karya (Persero) secara berkala meningkatkan mutu jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan. Salah satunya yaitu dengan melaksanakan pemeliharaan…

OCBC Kembali Hadirkan Musisi Kancah Internasional untuk Menyapa Nasabah Tanah Air dalam Signature Event ‘Premium Music Experience 2024’

Selasa, 07 Mei 2024 - 07:04 WIB

OCBC Kembali Hadirkan Musisi Kancah Internasional untuk Menyapa Nasabah Tanah Air dalam Signature Event ‘Premium Music Experience 2024’

Mengikuti kesuksesan Premium Music Experience (PME) pada tahun-tahun sebelumnya, PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) dengan bangga kembali menjawab antusiasme musik nasabah tanah air dengan signature…