Pajak Tembakau Solusi Win-Win-Win untuk SDGs

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 September 2018 - 14:15 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Koordinator Unit Ekonomi Pengendalian Tembakau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Jeremias N Paul mengatakan pengenaan pajak terhadap produk tembakau merupakan solusi "win-win-win" bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's).

"Seperti menembak tiga burung dengan satu batu, kesehatan masyarakat, keadilan dan pendapatan negara," kata Jeremias dalam workshop bagi jurnalis yang merupakan bagian dari Konferensi Asia Pasifik untuk Tembakau dan Kesehatan ke-12 (APACT12th) di Nusa Dua, Bali, Rabu (12/9/20190 .

Jeremias mengatakan pengenaan pajak terhadap produk tembakau merupakan cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau, yang pada akhirnya mencegah kematian dan kecacatan.

Bila masyarakat lebih sehat karena konsumsi tembakau berkurang, anggaran pelayanan kesehatan bisa berkurang yang akan menguntungkan kelompok miskin.
 

"Pajak tembakau juga dapat meningkatkan pendapatan negara, yang kemudian bisa diinvestasikan untuk kesehatan," jelasnya.

Jeremias menjadi salah satu pembicara dalam workshop jurnalis yang merupakan salah satu acara prakonferensi dari APACT12th untuk memberikan pemahaman tentang pengendalian tembakau kepada para jurnalis dari Asia Pasifik.

Selain Jeremias, pembicara lainnya adalah Penasihat Senior Vital Strategies Judith Mackay, Koordinator Knowledge for Progress (PROGGA) Bangladesh Hasan Shahriar, Koordinator Program Pengendalian Tembakau Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta Ahmad Nurhasim dan jurnalis Desi Anwar. (Ant)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury bertolak ke Sultra untuk melakukan kunjungan kerja, Kamis ((19/04/2022) pagi. (Foto: BPMI Setwapres)

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:17 WIB

Wapres Akan Groundbreaking Kawasan Industri di Konawe Utara

Jakarta-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) guna melakukan kunjungan kerja (kunker), Kamis (19/05/2022) pagi.…

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier saat meresmikan Toyota xEV Center

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:10 WIB

Kemenperin Harap Toyota xEV Center jadi Katalisator Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik di RI

Kemenperin berharap, Toyota xEV Center sebagai katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi serta…

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:45 WIB

Ketua MPR RI Tegaskan FKPPI Siap Bantu TNI Jaga Kedaulatan Bangsa

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo bersama pengurus FKPPI…

 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Setkab)

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:11 WIB

Menperin: Hilirisasi Industri Picu Peningkatan Kinerja Ekspor Nasional

Jakarta-Industri pengolahan masih memberikan kontribusi yang dominan terhadap nilai ekspor nasional, dengan capaian sebesar 74,46 persen sepanjang Januari-April 2022.