Rayakan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang, APP Sinar Mas Lakukan Penanaman Pohon Bersama

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 19:55 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mempererat kemitraan Indonesia dan Jepang lewat kegiatan penanaman pohon balau merah bersama perwakilan bisnis kedua negara, the International Tropical Timer Organization (ITTO), Japan Agency for Environmental Business, dan pemerintah Indonesia di Kecamatan Tapung, Riau.

Kegiatan yang dilakukan di lahan konservasi seluas 20 hektar ini menjadi bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Inisiatif penanaman pohon yang dilakukan APP Sinar Mas setiap tahun ini merupakan tindak-lanjut dari rekomendasi Profesor Akira Miyawaki dari Yokohama National University, Jepang.

Dalam kunjungannya ke kawasan konservasi pemasok kayu APP Sinar Mas di tahun 2014, Profesor Miyawaki merekomendasikan penanaman spesies tumbuhan endemik untuk mempercepat pemulihan hutan yang rusak.

Sejak itu, APP Sinar Mas, bersama dengan berbagai mitra dan pemangku kepentingan, telah menanam lebih dari 32.000 pohon di lahan konservasi seluas 67 hektar melalui kegiatan tahunan tersebut.

Tahun ini, APP Sinar Mas juga memperingati lima tahun berjalannya Kebijakan Konservasi Hutan (FCP) yang menjabarkan komitmen perusahaan untuk mendukung perlindungan dan restorasi lingkungan di Indonesia.

“Sejak meluncurkan FCP, APP Sinar Mas senantiasa berupaya mendukung konservasi dan restorasi hutan di Indonesia melalui kemitraan dengan berbagai pihak, seperti kegiatan penanaman pohon hari ini,” ungkap Direktur Sustainability & Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba, Jumat (7/9/2018).

“Pelaku usaha dan pakar lingkungan Jepang telah menjadi mitra yang loyal dalam perjalanan keberlanjutan APP Sinar Mas. Oleh karena itu, kegiatan hari ini menjadi cara kami untuk memperingati 60 tahun hubungan baik Indonesia dan Jepang.” tambahnya.

Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang, ITTO, Garuda Indonesia, Garuda Orient Holidays, Belantara Foundation, dan Sinar Mas Forestry termasuk di antara 64 peserta pada kegiatan penanaman pohon tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…