Harga Tembakau Bojonegoro Capai Rp22.000/Kilogram

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:35 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan harga tembakau Virginia Voor Oogst (VO) rajangan tertinggi mencapai Rp22.000/kilogram, dengan pembeli pedagang lokal karena gudang belum melakukan pembelian.

"Harga tembakau Rp22.000 per kilogram itu untuk tembakau rajangan petikan ketiga dan keempat," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Senin (27/8/2018)

Menurut dia, panen tanaman tembakau di daerahnya sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu, antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, dan Sugihwaras.

Hanya saja, lanjut dia, luas tanaman tembakau yang sudah panen belum terlalu luas karena sejumlah sentra tembakau di daerahnya, antara lain, di Kecamatan Kepohbaru, Baureno, dan Sumberrejo, baru akan mulai panen.

"Pembeli tembakau masih pedagang lokal. Gudang pabrikan kemungkinan mulai melakukan pembelian tembakau awal September," ujar dia.

Sesuai data yang diterima menyebutkan harga tembakau daun basah petikan kesatu berkisar Rp1.000-Rp1.200/kilogram, petikan kedua berkisar Rp1.500-Rp2.000/kilogram dan petikan ketiga berkisar Rp2.700-Rp3.000/kilogram.

"Tembakau petikan keempat lebih mahal lagi, tapi banyak yang kemudian dirajang," ucapnya.

Ia optimistis kualitas tembakau Virginia VO, Jawa, juga Virginia RAM pada musim tanam tahun ini cukup bagus, sebab didukung cuaca yang langka turun hujan.

"Langka hujan lebih menguntungkan tanaman tembakau, dibandingkan lebih banyak hujan. Meskipun ada tanaman tembakau yang tidak berkembang akibat kekurangan air," kata dia menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa PT Sadhana Arifnusa Padangan, di Kecamatan Padangan, yang bermitra dengan petani menanam tembakau Virginia Rajangan Amil (RAM) dengan luas 965,50 hektare sudah mulai melakukan pembelian tembakau sejak 24 Agustus.

"Tapi harga pembeliannya kami belum menerima laporan," ujarnya.

Tanaman tembakau Virginia RAM tertanam antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Malo, juga kecamatan lainnya. Selain itu, di daerahnya luas tanaman tembakau Virginia VO tertanam seluas 4.890 hektare dan Jawa 2.768 hektare.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya itu PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…

Menperin Agus, Menko Perekonomian Airlangga dan Sejumlah Menteri Gelar Indonesia Night di Davos

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:05 WIB

Pacu Investasi, Menperin Agus, Menko Airlangga Dkk Gelar Indonesia Night di WEF 2022 Davos

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan tahunan World Economic Forum 2022 di Davos Swiss akan dimanfaatkan oleh…

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…