Harga Tembakau Bojonegoro Capai Rp22.000/Kilogram

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:35 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan harga tembakau Virginia Voor Oogst (VO) rajangan tertinggi mencapai Rp22.000/kilogram, dengan pembeli pedagang lokal karena gudang belum melakukan pembelian.

"Harga tembakau Rp22.000 per kilogram itu untuk tembakau rajangan petikan ketiga dan keempat," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Senin (27/8/2018)

Menurut dia, panen tanaman tembakau di daerahnya sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu, antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, dan Sugihwaras.

Hanya saja, lanjut dia, luas tanaman tembakau yang sudah panen belum terlalu luas karena sejumlah sentra tembakau di daerahnya, antara lain, di Kecamatan Kepohbaru, Baureno, dan Sumberrejo, baru akan mulai panen.

"Pembeli tembakau masih pedagang lokal. Gudang pabrikan kemungkinan mulai melakukan pembelian tembakau awal September," ujar dia.

Sesuai data yang diterima menyebutkan harga tembakau daun basah petikan kesatu berkisar Rp1.000-Rp1.200/kilogram, petikan kedua berkisar Rp1.500-Rp2.000/kilogram dan petikan ketiga berkisar Rp2.700-Rp3.000/kilogram.

"Tembakau petikan keempat lebih mahal lagi, tapi banyak yang kemudian dirajang," ucapnya.

Ia optimistis kualitas tembakau Virginia VO, Jawa, juga Virginia RAM pada musim tanam tahun ini cukup bagus, sebab didukung cuaca yang langka turun hujan.

"Langka hujan lebih menguntungkan tanaman tembakau, dibandingkan lebih banyak hujan. Meskipun ada tanaman tembakau yang tidak berkembang akibat kekurangan air," kata dia menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa PT Sadhana Arifnusa Padangan, di Kecamatan Padangan, yang bermitra dengan petani menanam tembakau Virginia Rajangan Amil (RAM) dengan luas 965,50 hektare sudah mulai melakukan pembelian tembakau sejak 24 Agustus.

"Tapi harga pembeliannya kami belum menerima laporan," ujarnya.

Tanaman tembakau Virginia RAM tertanam antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Malo, juga kecamatan lainnya. Selain itu, di daerahnya luas tanaman tembakau Virginia VO tertanam seluas 4.890 hektare dan Jawa 2.768 hektare.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya itu PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…