Pasar CPO Lesu, GAPKI Terus Lakukan Pembenahan Untuk Pernaiki Harga TBS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Agustus 2018 - 13:44 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) terus melakukan berbagai upaya agar harga tandan buah segar (TBS) sawit di tingkat petani membaik. 

"Upaya itu dilakukan di tengah kelesuan pasar CPO di dunia, sebagai dampak kampanye negatif dan pengenaan bea masuk oleh sejumlah negara," kata Ketua Umum III GAPKI, Susanto, kepada pers di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Menurut Susanto, rendahnya harga TBS sawit mengakibatkan petani malas untuk mengelola kebunnya, sehingga mereka tidak memiliki penghasilan tetap.

"Kami akan terus menerus dan tidak pernah lelah untuk melakukan berbagai pembenahan dalam industri ini, agar harga TBS bisa membaik dan masyarakat yang mengandalkan hidupnya dari perkebunan sawit bisa sejahtera," ungkap Susanto.

Berdasarkan data GAPKI, ekspor minyak sawit Indonesia sepanjang semesteri I 2018 turun 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi harga, sepanjang semester pertama 2018 harga bergerak di kisaran US$605 hingga US$695 per metrik ton. Harga CPO global terus tertekan sejak awal Desember 2017 yang sampai semester pertama 2018 tidak pernah menembus US$700 per metrik ton. 

Akibat kelesuan tersebut, harga pembelian TBS di kalangan petani sempat hanya di kisaran Rp1.000 per kilogram. Akibatnya banyak petani membiarkan kelapa sawit busuk di pohon, karena biaya memanen lebih mahal dari pada harga pembelian tandan buah segar sawit.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…