Pasar CPO Lesu, GAPKI Terus Lakukan Pembenahan Untuk Pernaiki Harga TBS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Agustus 2018 - 13:44 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) terus melakukan berbagai upaya agar harga tandan buah segar (TBS) sawit di tingkat petani membaik. 

"Upaya itu dilakukan di tengah kelesuan pasar CPO di dunia, sebagai dampak kampanye negatif dan pengenaan bea masuk oleh sejumlah negara," kata Ketua Umum III GAPKI, Susanto, kepada pers di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Menurut Susanto, rendahnya harga TBS sawit mengakibatkan petani malas untuk mengelola kebunnya, sehingga mereka tidak memiliki penghasilan tetap.

"Kami akan terus menerus dan tidak pernah lelah untuk melakukan berbagai pembenahan dalam industri ini, agar harga TBS bisa membaik dan masyarakat yang mengandalkan hidupnya dari perkebunan sawit bisa sejahtera," ungkap Susanto.

Berdasarkan data GAPKI, ekspor minyak sawit Indonesia sepanjang semesteri I 2018 turun 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi harga, sepanjang semester pertama 2018 harga bergerak di kisaran US$605 hingga US$695 per metrik ton. Harga CPO global terus tertekan sejak awal Desember 2017 yang sampai semester pertama 2018 tidak pernah menembus US$700 per metrik ton. 

Akibat kelesuan tersebut, harga pembelian TBS di kalangan petani sempat hanya di kisaran Rp1.000 per kilogram. Akibatnya banyak petani membiarkan kelapa sawit busuk di pohon, karena biaya memanen lebih mahal dari pada harga pembelian tandan buah segar sawit.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…