Melalui Program School of Applied STEM, Prasetiya Mulya Siapkan SDM Hadapi Tantangan di Era Industry 4.0

Oleh : Hariyanto | Senin, 27 Agustus 2018 - 14:55 WIB

Universitas Prasetiya Mulya hadirkan program School of Applied STEM (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Universitas Prasetiya Mulya hadirkan program School of Applied STEM (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Sebagai langkah nyata dalam menghadapi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Universitas Prasetiya Mulya melalui program School of Applied STEM menghadirkan acara Inaugural Lecture guna mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Wakil Ketua Pembina Yayasan Prasetiya Mulya, Jusuf Wanandi mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut membawa beragam peluang serta tantangan baru yang harus siap dihadapi. Dalam hal ini Prasetiya Mulya mengedepankan kolaborasi science, teknologi dan kewirausahaan untuk mewujudkan Indonesia 4.0. 

“Pengusaha muda sangat berpeluang meraih kesempatan bisnis di Era 4.0, terutama pada sektor-sektor berbasis teknologi digital. Pengusaha muda yang bertalenta, kreatif dan inovatif akan diuntungkan oleh gelombang revolusi industri keempat ini,” jelas Jusuf di Tangerang, Senin (27/8/2018)

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian pun telah menyusun inisiatif “Making Indonesia 4.0” untuk mengimplementasikan strategi dan Peta Jalan Industry 4.0 di Indonesia. Peta Jalan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, asosiasi industri, pelaku usaha, penyedia teknologi, maupun lembaga riset dan pendidikan.

Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas pun menjadi hal utama yang harus dipersiapkan untuk menghadapi era baru ini. 

Ariya Hidayat selaku Developer Senior asal Indonesia yang kini berkarir di Silicon Valley menjelaskan, memiliki kemampuan dan keahlian saja tidak cukup untuk dapat bersaing di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan berbagai perubahan. 

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dihadapi dengan keberanian untuk terus melawan arus agar tercipta ide-ide baru. Tentu, diperlukan prinsip yang teguh dan konsistensi usaha dari semua pelaku industri agar dapat mendapat hasil yang maksimal,” jelas Ariya.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Dr. Djisman Simandjuntak menjelaskan, Prasetiya Mulya memahami pentingnya peran institusi pendidikan dalam mewujudkan Indonesia 4.0, oleh karena itu dibentuk School of Applied Stem yang memberikan beragam pilihan bagi peserta didik untuk mengembangkan minat mereka terutama dalam bidang teknologi dan bisnis. 

“Program pembelajaran School of Applied STEM menggunakan discovery-based learning, yaitu memacu kreatifitas mahasiswa untuk melakukan inovasi. Pembelajarannya fokus pada eksperimentasi dan pengembangan prototipe serta berbasis paradoks dalam berpikir desain sehingga mahasiswa dapat berperan sebagai engineers sekaligus sebagai designers,” jelas Prof. Dr. Djisman.

Komitmen Prasetiya Mulya terkait kolaborasi science, teknologi dan kewirausahaan juga diperkuat kolaborasi intens School of Applied STEM dengan berbagai perusahaan, seperti DOKU, ada Adaro Power, Schneider, dan lainnya. School of Applied STEM memiliki 6 program studi S1 (Business Mathematics, Computer Systems Engineering, Digital Business Technology, Renewable Energy Engineering, Food Business Technology dan Product Design Engineering). 

Mahasiswa STEM Prasetiya Mulya mengembangkan karakter inovatifnya dengan menerapkan Multi-Hybrid innovation, yaitu suatu rangkaian proses yang terdiri dari demand-pull innovation, product-scrutinized innovation, dan technology-push innovation. 

Prof. Dr. Djisman menambahkan, berbagai fasilitas pendukung juga telah dipersiapkan untuk mendukung pengembangan mahasiswa, diantaranya yaitu Prasetiya Mulya Laboratory Building dan Digital Learning Hub. Gedung laboratorium tersebut nantinya akan memiliki 9 lantai yang terdiri dari kelas, co-working space serta laboratorium yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan mahasiswa School of Applied STEM. 

Area yang akan menjadi fokus inovasi science-technology adalah Energy, Food, E-Platform dan CAD & SIMULATION. Terdapat dua jenis laboratorium yang ada yaitu basic dan advanced. Laboratorium basic terdiri dari Chemistry, Bio-Microbiology, Physics & Fluids dan Electronic & Network. 

Sedangkan laboratorium advanced terdiri dari Nutrition Fact, Material Testing, Analytical Center dan CAD/CAM. Desain dan impelementasi laboratorium Prasetiya Mulya telah menggabungkan visi & misi Prasetiya Mulya, rencana ke depan, kapabilitas & minat tenaga pengajar School of Applied STEM dan masukan dari industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…