Lima Hal Ini Yang Perlu Diketahui Tentang LRT di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:34 WIB

LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading
LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masa uji coba Light Rail Train (LRT) Jakarta sudah dilakukan tiga kali, adapun rute uji coba LRT tersebut yakni Stasiun Veledrome-Kelapa Gading.  Ternyata setelah dilakukan uji coba, tak ada kendala dalam pengoperasian LRT tersebut, tapi sampai sekarang kenapa belum dioperasikan ya?

1. Operasi uji coba LRT harus sebulan

Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan, uji coba Light Rail Transit ( LRT) dilakukan satu bulan untuk melihat dan mengatasi kekurangan pada kereta tersebut.

Sumarno meneruskan, masa uji coba RLT ini telah dilakukan dan hasilnya terlihat bagus. “Uji coba tidak ada kendala,” ujarnya.

Kata Sumarno, moda transportasi ini bukan untuk momen Asian Games 2018. Namun Djoko menjelaskan akan memanfaatkan momen Asian Games sebagai sarana komunikasi dengan publik tentang sarana transportasi LRT

2. LRT menampung 278 penumpang per set

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, penumpang yang diangkut akan dipilih secara selektif, mengingat agar penumpang nyaman di dalam LRT tersebut. LRT Jakarta telah memiliki delapan trainset pada mainline di Kelapa Gading.

“Dengan total jumlah penumpang per set yang bisa dilayani kereta tersebut mencapai 278 penumpang per set agar para penumpang nyaman,” kata Iwan.

 3. Rute sepanjang 5,8 km

Sebelumnya, kereta ringan LRT ini sudah diujioperasikan pada 15,16 dan 20 Agustus lalu. Adapun rute RLT ini adalah rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km.

4. LRT akan mengangkut penumpang terbatas

Iwan mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan guna bisa memulai uji operasi.

Iwan melanjutkan, nantinya RLT Jakarta tersebut akan mengangkut penumpang secara terbatas.

“Serangkaian proses uji coba masih harus dilalui LRT ini agar bisa beroperasi secara penuh,” katanya.

5. Rencananya, harga tiketnya Rp10.800 lho

LRT Jakarta Segera Beroperasi, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu TahuANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Harga tiket LRT Jakarta diusulkan Rp10.800. Namun untuk sementara harga tiket ini sedang diusulkan dewan transportasi kota Jakarta.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan angka tersebut cukup moderat untuk bisa menikmati moda transportasi sekelas LRT.

“Kalau perhitungan melalui biaya operasionalnya, harusnya diberikan harga Rp35.000 - Rp40.000," kata Djoko. Wah, jadi gak sabar ya mencoba LRT Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kembalinya The Winner (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Kembalinya The Winner Band

Meski industri musik belum menunjukan gairahnya, ini ditandai belum maraknya para musisi dan penyanyi meluncurkan karya-karyannya. Namun hal itu tidak membuat para musisi muda yang tergabung…

Konferensi pers RedDoorz buka peluang jelajahi Indonesia melalui program 'Tenaga Kerja Impian' di Jakarta, Kamis (22/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:12 WIB

Buka Peluang Jelajahi Indonesia Melalui Program 'Tenaga Kerja Impian'

Tiga orang terpilih akan berkesempatan menjelajahi Indonesia selama tiga bulan dan mewujudkan mimpi menjadi travel influencer.

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya,…

Ilustrasi ekonomi.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:01 WIB

Desas-desus Tentang Stimulus Fiskal Menguat

Kekhawatiran resesi dunia meningkat menyusul perpindahan dana dari ekuitas ke obligasi.

Narada melakukan literasi keuangan terhadap anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:47 WIB

Cetak Duta Investasi dan Ibu Cerdas Keuangan

Kelas tersebut dihadiri oleh 73 anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.