Lima Hal Ini Yang Perlu Diketahui Tentang LRT di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:34 WIB

LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading
LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masa uji coba Light Rail Train (LRT) Jakarta sudah dilakukan tiga kali, adapun rute uji coba LRT tersebut yakni Stasiun Veledrome-Kelapa Gading.  Ternyata setelah dilakukan uji coba, tak ada kendala dalam pengoperasian LRT tersebut, tapi sampai sekarang kenapa belum dioperasikan ya?

1. Operasi uji coba LRT harus sebulan

Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan, uji coba Light Rail Transit ( LRT) dilakukan satu bulan untuk melihat dan mengatasi kekurangan pada kereta tersebut.

Sumarno meneruskan, masa uji coba RLT ini telah dilakukan dan hasilnya terlihat bagus. “Uji coba tidak ada kendala,” ujarnya.

Kata Sumarno, moda transportasi ini bukan untuk momen Asian Games 2018. Namun Djoko menjelaskan akan memanfaatkan momen Asian Games sebagai sarana komunikasi dengan publik tentang sarana transportasi LRT

2. LRT menampung 278 penumpang per set

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, penumpang yang diangkut akan dipilih secara selektif, mengingat agar penumpang nyaman di dalam LRT tersebut. LRT Jakarta telah memiliki delapan trainset pada mainline di Kelapa Gading.

“Dengan total jumlah penumpang per set yang bisa dilayani kereta tersebut mencapai 278 penumpang per set agar para penumpang nyaman,” kata Iwan.

 3. Rute sepanjang 5,8 km

Sebelumnya, kereta ringan LRT ini sudah diujioperasikan pada 15,16 dan 20 Agustus lalu. Adapun rute RLT ini adalah rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km.

4. LRT akan mengangkut penumpang terbatas

Iwan mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan guna bisa memulai uji operasi.

Iwan melanjutkan, nantinya RLT Jakarta tersebut akan mengangkut penumpang secara terbatas.

“Serangkaian proses uji coba masih harus dilalui LRT ini agar bisa beroperasi secara penuh,” katanya.

5. Rencananya, harga tiketnya Rp10.800 lho

LRT Jakarta Segera Beroperasi, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu TahuANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Harga tiket LRT Jakarta diusulkan Rp10.800. Namun untuk sementara harga tiket ini sedang diusulkan dewan transportasi kota Jakarta.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan angka tersebut cukup moderat untuk bisa menikmati moda transportasi sekelas LRT.

“Kalau perhitungan melalui biaya operasionalnya, harusnya diberikan harga Rp35.000 - Rp40.000," kata Djoko. Wah, jadi gak sabar ya mencoba LRT Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Indodax, Oscar Darmawan

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:30 WIB

Viral di TikTok, Aset Kripto Dogecoin Naik 100 Persen Dalam Sehari

Tren kenaikan harga DOGE karena viral di Tiktok juga menjadi sorotan media di Amerika Serikat dan negara lainnya. Di Indonesia, Dogecoin (DOGE) diperdagangkan di INDODAX, Indonesia startup bitcoin…

Menteri BUMN Erick Thohir

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Erick Thohir Sebut Ekonomi Nasional Baru Akan Pulih 100% di 2022

Ekonomi nasional diperkirakan baru akan pulih 100 persen pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, sektor dunia usaha baru akan pulih pada kuartal I/2020. Namun, itu tergantung dengan jenis bisnisnya.

Salah Satu Nasabah Menerima Pencairan Dana Melalui LinkAja

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Canggih...PNM Berkolaborasi dengan LinkAja Luncurkan Pilot Project PNM Mekaar Berbasis Digital

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu, Jakarta pada Rabu (8/7). Pilot project berupa…

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:00 WIB

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Ditengah kondisi pandemik ini pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah asset utama dalam mempertahan kesehatan yang optimal selain di butuhkan kondisi yang fit, olah raga teratur…

Brawijaya Clinic Bandung

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:58 WIB

Lengkapi Pelayan Kesehatan Terintegrasi, Brawijaya Clinic Bandung Tambah Klinik Persalinan Baru

Klinik Persalinan/Maternity Clinic ini menjadi bagian dari pelayanan kesehatan yang terintegrasi di Brawijaya Clinic Bandung.