Semen Baturaja Kebut Dua Proyek Yang Diperkirakan Rampung Akhir Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Agustus 2018 - 21:28 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) tengah menggeber dua pekerjaan pembangunan fasilitas palletizer di pabrik Baturaja dan rencana akuisisi tambang batubara yang diperkirakan rampung pada akhir tahun ini.

Perseroan telah menunjuk kontraktor pelaksana, yakni Beumer dari Jerman pada Juli tahun ini. Selanjutnya, instalasi fasilitas yang menghabiskan dana sebesar Rp7 miliar dapat dilakukan sekitar Oktober sehingga pekerjaan dapat diselesaikan pada November mendatang.

Sementara, untuk rencana akuisisi tambang baturaja, perseroan sedang melakukan pembicaraan dengan dua tambang. Adapun, target pelaksanaan akuisisi dapat dituntaskan pada Desember 2018 dengan nilai investasi sebesar Rp300 miliar. 

Selain itu, perseroan tengah membangun cement mill dan pabrik pengemasan di Jambi. Saat ini, pihaknya tengah mengurus perizinan, pembebasan lahan dan persiapan dokumen pengadaan. 

Untuk proyek tersebut, perseroan menganggarkan investasi sebesar Rp250 miliar dan diharapkan pabrik dapat memulai operasional pada Maret 2020. 

Pada Juli 2018, Semen Baturaja mencatat volume penjualan sebanyak 189.701 ton atau meningkat 82%, dari waktu serupa tahun lalu sekitar 104.314 ton. Semen Baturaja tetap mendominasi pasar Sumatera Selatan dengan pangsa pasar pada semester I 2018 sekitar 52,9% atau tumbuh 8,1% dari periode tahun lalu.

Pada periode tersebut, total volume penjualan Semen Baturaja di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung meningkat 12,4% atau menjadi 2,945 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan penghargaan kepada pemenang IGDS 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Lewat IGDS 2019, Kemenperin Lahirkan Produk Industri Berkualitas Tinggi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas. Hal ini guna meningkatkan citra positif…

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas…

Huawei Band 4

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45 WIB

Resmi Hadir di Indonesia, Huawei Band 4 Dibanderol Seharga Rp 449.000

Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat¬†smart wearable, Huawei Band 4 ke pasar Indonesia¬†yang dipersenjatai dengan teknologi pengisian baterai USB dan terkoneksi…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:35 WIB

Airlangga Beri Sinyal Kuat untuk Rosan Isi Pos Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan kode kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk bersiap memasuki periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf…

Huawei P30 Pro Mystic Blue dan Case Glamor Swarovski

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:12 WIB

Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru, dan Case Glamor Swarovski untuk Pasar Indonesia

Meskipun Huawei memperkenalkan dua varian warna baru di IFA 2019, yakni Mystic Blue dan Musty Lavender, namun hanya Mystic Blue yang diberikan untuk pasar Indonesia.