Semen Baturaja Kebut Dua Proyek Yang Diperkirakan Rampung Akhir Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Agustus 2018 - 21:28 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) tengah menggeber dua pekerjaan pembangunan fasilitas palletizer di pabrik Baturaja dan rencana akuisisi tambang batubara yang diperkirakan rampung pada akhir tahun ini.

Perseroan telah menunjuk kontraktor pelaksana, yakni Beumer dari Jerman pada Juli tahun ini. Selanjutnya, instalasi fasilitas yang menghabiskan dana sebesar Rp7 miliar dapat dilakukan sekitar Oktober sehingga pekerjaan dapat diselesaikan pada November mendatang.

Sementara, untuk rencana akuisisi tambang baturaja, perseroan sedang melakukan pembicaraan dengan dua tambang. Adapun, target pelaksanaan akuisisi dapat dituntaskan pada Desember 2018 dengan nilai investasi sebesar Rp300 miliar. 

Selain itu, perseroan tengah membangun cement mill dan pabrik pengemasan di Jambi. Saat ini, pihaknya tengah mengurus perizinan, pembebasan lahan dan persiapan dokumen pengadaan. 

Untuk proyek tersebut, perseroan menganggarkan investasi sebesar Rp250 miliar dan diharapkan pabrik dapat memulai operasional pada Maret 2020. 

Pada Juli 2018, Semen Baturaja mencatat volume penjualan sebanyak 189.701 ton atau meningkat 82%, dari waktu serupa tahun lalu sekitar 104.314 ton. Semen Baturaja tetap mendominasi pasar Sumatera Selatan dengan pangsa pasar pada semester I 2018 sekitar 52,9% atau tumbuh 8,1% dari periode tahun lalu.

Pada periode tersebut, total volume penjualan Semen Baturaja di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung meningkat 12,4% atau menjadi 2,945 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.